Style desain kemasan bisa menggunakan berbagai seperti retro, futuristik, holografik hingga minimalis. Pemilihan gaya desain minimalis kerap menjadi favorit di era serba sederhana ini untuk tampil elegan. Gaya desain kemasan yang minimalis tidak selalu disarankan karena memiliki beberapa kekurangan yang membuat desainnya kurang menarik.
Gaya desain minimalis ini memiliki ciri elemen visual sederhana, bersih, mudah dibaca dan tampil elegan. Dalam prakteknya tidak semua desain kemasan akan relevan dan cocok dengan citra dan visual yang diciptakan. Tampilan kemasan yang sederhana bisa membuat desain kurang mencolok dan menarik perhatian.
Style desain ini juga kerap kali disinggung sudah mainstream dan membuat semua brand menjadi terlalu mirip. Pada desain kemasan, style ini paling banyak ditemui dalam desain produk kecantikan dan skincare agar terlihat elegan. Namun penggunaan yang berlebihan membuat semua brand menjadi mirip dan sulit dibedakan satu sama lain.
KEKURANGAN MENGGUNAKAN DESAIN KEMASAN MINIMALIS
Ada banyak variasi gaya desain yang bisa digunakan dalam desain kemasan, beberapa diantaranya termasuk penggunaan style minimalis. Gaya desain minimalis terkadang dipilih untuk mencerminkan brand yang elegan, tetapi ini bisa kurang efektif. Terdapat beberapa kekurangan dari penggunaan style minimalis untuk desain kemasan, seperti:
Desain Kemasan Terlihat Sama
Penggunaan teks berwarna hitam dengan latar belakang putih sudah terlalu mainstream dan berlebihan. Banyak desain kemasan minimalis diciptakan untuk menciptakan tampilan yang elegan pada kemasan skincare atau berbagai produk kecantikan. Desain kemasan minimalis pada skincare ini memang populer hingga membuat desain terlihat sama, terutama penggunaan elemen visualnya juga mirip.
Perhatikan bagaimana beberapa desain kemasan pada brand skincare tersebut terlihat sama karena menggunakan gaya desain serupa. Warna putih dan krem sebagai latar membuat desain kurang stand out untuk menarik perhatian. Tampilan desain yang bersih dan penggunaan gaya font yang bersih membuat desain-desain kemasan tersebut terlihat mirip dan tidak ada bedanya. Untuk itu penggunaan style minimalis dalam desain kemasan kurang disarankan.
Tidak Mencolok dan Kurang Efektif
Ketika desain kemasan menggunakan gaya minimalis maka penggunaan elemen visualnya cenderung mirip satu sama lain. Pada latar belakang yang bersih dan cerah pun desainakan kurang menonjol karena tampilan kemasan yang sederhana. Dalam rak toko maupun dalam desain pemasaran tampilan kemasan akan kurang mencolok.
Gaya desain ini akan kurang efektif untuk membuat brand tampil lebih menarik perhatian audiens. Warna netral kurang efektif untuk membuat desain kemasan mencolok karena akan terlihat menyatu dengan warna latar. Meski menggunakan warna hitam dan putih pun desain akan kurang efektif menarik perhatian, tidak seperti dengan menggunakan warna cerah seperti merah dan kuning.
Baca juga: 6 Font Terbaik Untuk Desain Kemasan yang Unik
Tidak Efektif Untuk Membedakan Diri dari Brand Lainnya
Jika semua desain kemasan menggunakan gaya minimalis agar terlihat modern dan sederhana, maka semua brand akan terlihat sama. Ini bisa meningkatkan kesalahpahaman brand terhadap merek yang disangka merek lain. Gaya desain minimalis akan membuat berbagai kemasan dari berbagai brand terlihat sama sehingga sulit dibedakan.
Ketika desain kemasan brand mirip, maka kemungkinan besar besar brand akan disalahpahami sebagai brand merek lain. Brand juga tidak memiliki ciri khas yang unik jika menggunakan gaya desain yang minimalis. Sulit untuk menciptakan ciri khas unik brand yang membedakan dari yang lain, jika menggunakan gaya desain minimalis yang sederhana.
Kurang Efektif Merepresentasikan Story Brand
Gaya desain minimalis juga tidak efektif untuk mencerminkan identitas merek, pesan merek hingga ciri khas produk. Elemen visual yang sederhana tidak akan bisa merepresentasikan pesan dan karakter merek dengan baik. Penggunaan elemen sederhana tidak bisa merepresentasikan pesan brand yang rumit.
Desain minimalis mungkin hanya akan terlihat elegan dan mewah, tetapi tidak bisa merepresentasikan kesan brand yang ramah, powerful dan ceria. Untuk bisa mencerminkan pesan tertentu, desain kemasan perlu memiliki variasi elemen visual. Termasuk perlu memilih gaya font, warna dan gambar yang tampil unik dan tidak sederhana.
Baca juga: Inspirasi Gaya Font Sesuai dengan Kebutuhan Jenis Desain
Desain Kemasan Mudah Diabaikan
Penggunaan desain kemasan dengan style minimalis juga membuat desain lebih mudah diabaikan oleh pelanggan. Biasanya ketika melihat kemasan dari suatu produk, pembeli akan fokus pada visual yang tampil mencolok. Untuk kemasan bergaya minimalis kurang efektif digunakan memikat konsumen.
Gaya minimalis biasanya hanya fokus untuk tampil bersih dan mudah dibaca sehingga tidak membuat desain tampil lebih menarik. Desain visual yang terlalu sederhana akan lebih mudah diabaikan oleh konsumen karena kurang menarik. Mata konsumen hanya memiliki waktu beberapa detik untuk melihat kemasan, sehingga gaya sederhana kurang menarik.
Kurang Efektif Membangun Kesetiaan Pelanggan
Gaya desain yang sederhana mungkin menarik perhatian audiens yang menyukai hal-hal estetik dan sederhana. Namun bagaimana dengan kesetiaan pelanggan terhadap brand, dalam beberapa waktu audiens bisa bosan dengan gaya sederhana yang monoton. Untuk membangun kesetiaan pelanggan, suatu brand perlu menciptakan desain menarik yang membedakan diri dari yang lainnya.
Desain yang tampil mencolok akan lebih efektif untuk membangun kesetiaan pelanggan daripada gaya desain sederhana. Tampilan brand yang sederhana cenderung lebih mudah membosankan dan membuat brand kurang menarik. Customer juga akan merasa kurang terhubung atau relevan dengan brand yang memiliki desain kemasan minimalis.
Baca juga: 6 Font Terbaik Untuk Desain Kemasan yang Unik
BRAND YANG TIDAK DISARANKAN MENGGUNAKAN DESAIN KEMASAN MINIMALIS
Meski gaya desain kemasan ini populer pada era modern yang serba minimalis ini tetapi tidak semua brand cocok karena memiliki kekurangan sehingga tidak efektif. Desain kemasan yang utamanya ingin menciptakan jenis produk dan karakter brand ini harus menggunakan style menarik. Ada beberapa brand yang tidak cocok dan disarankan menggunakan gaya minimalis karena tidak efektif.
Kemasan Brand Makanan
Salah satu brand yang paling tidak disarankan menggunakan gaya minimalis untuk kemasannya adalah brand makanan. Gaya minimalis tidak akan bisa menunjukkan jenis produk, dan desain yang bisa menggugah selera. Biasanya kemasan makanan akan berfokus menunjukkan gambar makanan untuk menarik perhatian konsumen. Gaya minimalis tidak akan efektif untuk tujuan mencerminkan jenis produk dan menunjukkan tampilan makanan yang menggugah selera.
Kemasan Brand Minuman
Penggunaan gaya sederhana untuk desain kemasan brand minuman juga tidak disarankan. Brand minuman harus tampil menarik dengan menggunakan desain yang bisa merepresentasikan jenis minuman. Desain brand minuman sederhana akan kurang cocok dengan citra brand minuman yang biasanya tampil fresh dan cerah. Gaya minimalis akan kurang mencerminkan jenis produk minuman dan mengurangi daya tarik produk.
Kemasan Brand Skincare
Desain kemasan untuk brand skincare dan produk kecantikan lainnya sudah terlalu mainstream jika menggunakan gaya desain minimalis. Sudah terlalu banyak desain kemasan brand skincare yang menggunakan gaya minimalis.
Untuk itu tidak disarankan jika ingin membuat brand skincare kemudian menggunakan gaya minimalis. Style minimalis bisa membuat brand skincare akan terlihat sama dengan yang lain dan tidak memiliki perbedaan yang khas. Beranilah untuk membuat style desain kemasan yang unik dan tampil beda.
KESIMPULAN
Style desain minimalis memang cukup populer dan banyak digunakan termasuk untuk desain kemasan. Namun penggunaan gaya desain kemasan ini memiliki beberapa kekurangan yang bisa membuatnya kurang efektif menarik perhatian. Tidak semua jenis brand cocok dan relevan dengan gaya minimalis. Pertimabangkan beberapa kekrangan desain kemasan minimalis ketika ingin menggunakannya.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.