Biasanya tema desain grafis untuk berbagai konteks menyesuaikan dengan tren dan musim. Hal ini agar desain memiliki konsistensi dengan musim atau acara tertentu, seringkali desain-desain untuk pemasaran mengikuti perubahan musim. Ada banyak inspirasi desain bertema musim panas yang bisa digunakan untuk materi desain pemasaran.
Desain pemasaran umumnya akan menyesuaikan dengan musim dan preferensi konsumen untuk menarik perhatian mereka. Terkadang produk mereka pun menyesuaikan dengan musim, untuk meningkatkan pembelian. Dengan menggunakan desain yang bertema menyesuaikan keadaan dan musim ini akan membuat merek terlihat up to date.
Desain pemasaran dan kemasan terkadang menyesuaikan kembali dengan musim karena produk yang juga ikut menyesuaikan. Desain grafis yang bertema musim panas, umumnya memberikan kesan menyegarkan, ceria dan menyenangkan. Nuansa ini bisa diciptakan dengan menggunakan beragam inspirasi elemen musim panas yang menyegarkan dalam desain.
INSPIRASI ELEMEN DESAIN BERTEMA MUSIM PANAS
Desain grafis bertema musim panas dapat memberikan kesan yang menyegarkan dengan memilih elemen-elemen visual yang tepat. Berikut beberapa inspirasi elemen desain grafis bertema musim panas:
Warna Cerah

Palet warna yang sering digunakan dalam desain yang bertema musim panas seringkali warna-warna cerah. Warna cerah dapat memberikan kesan menyegarkan, ceria dan menyenangkan ala musim panas. Penggunaan warna-warna cerah yang identik dengan musim panas seperti warna merah, kuning, oranye, hijau dan biru.
Gunakan warna cerah dari warna tersebut bukan warna yang gelap untuk memberikan kesan menyegarkan. Perpaduan warna hijau dengan warna merah atau oranye akan memberikan kesan menyegarkan. Sementara warna biru dan kuning seringkali identik dengan warna pantai pada musim panas.
Padukan warna-warna alam pada saat musim panas seperti warna biru langit, kuning matahari, oranye jeruk, merah muda hingga turkis akan memberikan kesan musim panas yang ceria. Warna-warna ini bisa mencerminkan suasana cerah dan semangat pada musim panas. Biasanya warna-warna ini bisa digunakan sebagai warna kemasan dan materi pemasaran.
Baca juga: Contoh Penggunaan Warna yang Berkesan Hangat dalam Desain
Motif Alam
Selain warna cerah, desain grafis bertema musim panas juga sering menggunakan motif alam. Penggunaan motif alam seperti daun, bunga, pantai, ombak, dan pasir dapat memberikan nuansa musim panas. Motif-motif alam ini dapat digunakan untuk kemasan produk, banner, konten media sosial, hingga latar belakang untuk situs website.
Penggunaan motif alam dapat mendukung suasana musim panas yang menyegarkan. Elemen motif alam seringkali identik dengan nuansa musim panas khas negara tropis sehingga bisa memberikan kesan menyegarkan. Tema musim panas yang menggunakan motif alam digunakan untuk desain kemasan minuman menyegarkan.
Gambar Matahari dan Pantai

Seringkali desain bertema musim panas menggunakan gambar matahari dan pantai untuk dekorasi desain. Gambar matahari dan pantai yang berwarna cerah akan memberikan nuansa musim panas. Biasanya gambar pantai dan matahari musim panas sering muncul pada poster festival musim panas atau acara pada saat musim panas.
Gambar matahari dan pantai juga banyak ditemui dalam dekorasi untuk kemasan, konten media sosial, hingga motif pakaian. Penggunaan gambar pantai dengan pasir putih dan laut biru cerah serta pohon kelapa identik digunakan pada desain yang bertema musim panas. Gamar-gambar yang menjadi ikon musim panas akan sering muncul menjelang dan saat musim panas, untuk poster, brosur, banner hingga konten media sosial.
Tidak hanya gambar matahari yang cerah dan pantai, gambar matahari terbenam juga sering ditemui pada desain bertema musim panas. Seringkali digunakan pada desain yang mempromosikan berbagai acara musim panas.
Baca juga: Ukuran Konten dan Contoh Ide Konten Kreatif dalam Media Sosial
Aktivitas Luar Ruangan
Desain bertema musim panas juga seringkali menggunakan gambar desain aktivitas luar ruangan. Biasanya aktivitas yang dilakukan pada saat musim panas seperti berjemur, berenang, bermain voli atau piknik.
Pada saat musim tertentu penggunaan gambar bertema aktivitas luar ruangan khas musim panas, bisa menggambarkan tema musim panas dengan baik. Ilustrasi atau gambar aktivitas luar ruangan bisa dijadikan dekorasi, hiasan, dan mendukung pesan musim panas. Elemen tersebut bisa ditempatkan pada desain kemasan, poster dan materi pemasaran.
Pola Tropis

Desain musim panas juga identik dengan pola-pola tropis yang digunakan pada musim panas. Pola tropis ini identik dengan tumbuhan, hewan dan musim di negara tropis. Motif daun palem, bunga tropis hingga pola-pola hibiscus. Penggunaan pola-pola tropis tersebut akan efektif untuk menciptakan nuansa musim panas yang menyegarkan.
Pola tropis dengan gambar-gambar khas tumbuhan tropis bisa memberikan nuansa musim panas. Biasanya pola ini sering ditemui untuk dekorasi fashion, kemasan hingga produk dan poster. Materi pemasaran yang dihiasi pola tropis juga dapat mendukung sentuhan tropis yang eksotis.
Baca juga: Manfaat dari Penggunaan Pola dan Motif dalam Desain Grafis
Font yang Ramah dan Bersahabat
Untuk font yang digunakan pada desain bertema musim panas ini kebanyakan menggunakan jenis font ramah. Font dengan gaya bersahabat biasanya tidak kaku dan memiliki dekorasi. Beberapa jenis font rounded sans serif juga sering ditemui.
Gaya bulat pada ujung font san serif identik dengan gaya santai dan bersahabat khas musim panas. Font decorative yang memiliki dekorasi bulat dan melengkung juga cocok untuk desain musim panas. Gaya font yang bulat akan menambahkan kesan ceria dan menyenangkan pada desain grafis.
Efek Cahaya dan Bayangan
Musim panas juga identik dengan cahaya matahari yang terik. Untuk itu penambahan efek cahaya dan bayangan pada desain poster atau materi pemasaran sering digunakan. Penggunaan efek cahaya akan menggambarkan teriknya musim panas.
Tidak hanya mendukung tema musim panas, penggunaan efek cahaya juga memilih peran untuk menciptakan tampilan realistis. Desain akan terlihat lebih menarik karena memiliki kedalaman visual.
Baca juga: 7 Inspirasi Desain Kemasan Bertema Alam untuk Referensi
Aksen Buah-buahan dan Es Krim

Gaya desain yang bertema musim panas juga seringkali menggunakan gambar atau aksen buah-buahan dan es krim. Elemen gambar buah dan es krim yang segar akan mendukung nuansa musim panas. Cuaca yang panas seringkali membuat orang ingin mengkonsumsi buah dan es krim.
Tidak heran seringkali poster atau materi pemasaran bertema musim panas menggunakan gambar es krim dan buah. Kedua gambar tersebut dapat memberikan kesan menyegarkan dan manis pada musim panas. Beberapa buah yang identik dengan musim panas seperti jeruk, semangka, nanas dan stroberi.
KESIMPULAN
Desain grafis yang bertema musim panas dapat memberikan kesan segar, ceria dan menyenangkan. Biasanya penggunaan elemen-elemen desain seperti warna cerah, tipografi ramah hingga gambar buah, alam dan aktivitas luar ruangan yang identik dengan musim panas. Elemen tersebut akan banyak digunakan sebagai hiasan dan dekorasi yang mendukung musim panas pada materi pemasaran, kemasan dan lain-lain.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.