Ikon-ikon yang Digunakan dalam Desain Grafis Pemasaran

Spread the love

Ada banyak elemen-elemen yang bisa digunakan dalam desain grafis seperti ikon atau simbol tertentu. Penggunaan ikon-ikon yang umum tidak hanya untuk kebutuhan desain logo atau desain User Interface (UI), tetapi juga dalam desain pemasaran. Dalam desain pemasaran banyak ikon-ikon digunakan untuk memudahkan audiens memahami informasi dengan cepat.

Ikon-ikon yang Digunakan dalam Desain Grafis Pemasaran

Desain grafis pemasaran akan membutuhkan ikon untuk mewakili kata-kata tertentu seperti waktu, tanggal, kontak, lokasi dan lain sebagainya. Penggunaan ikon akan membuat tampilan desain lebih sederhana, mudah dipahami dan menarik. Ikon yang familiar dan umum digunakan akan membantu audiens mengenali maksud dari penggunaan ikon tersebut. 

Terlalu banyak teks bisa membuat desain kurang menarik dan membosankan, maka dari itu penting untuk menggunakan ikon untuk menyederhanakan informasi. Ada beragam jenis ikon-ikon yang digunakan dalam desain pemasaran untuk merepresentasikan sesuatu. Pemilihan ikon-ikon yang digunakan harus mudah dikenali audiens sehingga desain pemasaran mengkomunikasikan pesan dengan efektif.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

IKON-IKON YANG SERING DIGUNAKAN PADA DESAIN PEMASARAN

Ada banyak jenis ikon-ikon yang umum digunakan dalam desain pemasaran seperti poster, konten media sosial, brosur dan lainnya untuk memudahkan audiens dalam memahami informasi. Penggunaan ikon yang sesuai akan memberikan kemudahan audiens dalam memahami informasi penting. Berikut beberapa ikon-ikon yang sering digunakan dalam desain pemasaran:

Ikon Lokasi

Dalam desain pemasaran ikon yang digunakan untuk menunjukkan lokasi acara biasanya berupa penanda dalam google maps. Ikon tersebut digunakan untuk memberitahukan audiens jika teks selanjutnya berupa lokasi acara diadakan. Ikon yang menunjukkan lokasi tidak hanya lokasi acara tetapi juga lokasi bisnis. 

Biasanya ikon yang digunakan berupa pin penanda dalam google maps, peta, hingga bentuk rumah atau gedung. Ikon-ikon yang digunakan dalam desain pemasaran biasanya memiliki warna solid hitam atau putih. Jarang menggunakan bentuk ikon yang mendetail ata berwarna cerah karena bisa mengganggu tampilan desain. 

Ikon Telepon

Desain pemasaran juga biasanya menggunakan ikon berbentuk telepon baik yang berupa ganggang telepon, ponsel atau telepon rumah. Penggunaan ikon untuk menunjukkan informasi kontak seperti telepon rumah, pribadi atau perusahaan. Nomor kontak bisa dihubungi bagi yang tertarik dengan promosi dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut.

Penggunaan ikon telepon ini akan memudahkan audiens menemukan nomor kontak yang bisa dihubungi pada desain pemasaran. Dari sekian informasi yang ada, ikon berbentuk telepon akan otomatis merujuk pada nomor kontak yang bisa dihubungi. 

Baca juga: Pesan yang Ingin Disampaikan dalam Ikon Logo Makanan

Ikon Email

Untuk ikon berbentuk email digunakan jika desain pemasaran akan membutuhkan informasi email untuk dicantumkan. Biasanya ini sering ditemui pada desain pemasaran untuk promosi acara musik atau festival tertentu. Ikon ini digunakan untuk mewakili alamat email yang bisa dihubungi dengan surel. Seringkali ikon alamat email ditemui juga pada konten promosi untuk universitas. Biasanya ikon yang menunjukkan alamat email akan berupa gambar amplop surat.

Ikon Web

Desain pemasaran milik merek juga akan membutuhkan ikon berbentuk gambar yang mewakili URL atau tautan ke situs web. Biasanya ikon yang digunakan berbentuk lingkaran dengan jaring laba-laba atau terkadang juga menggunakan gambar simbol rantai. Penggunaan ikon ini untuk menunjukkan alamat website yang bisa dikunjungi oleh audiens ketika ingin mendapatkan lebih banyak informasi.

Ikon website ini dalam pemasaran digital juga digunakan untuk menunjukkan tautan link yang bisa langsung diklik. Audiens akan mudah menemukan tautan atau alamat website dengan adanya ikon tersebut.

Ikon Media Sosial

Desain pemasaran pada era digital ini juga banyak menggunakan ikon-ikon dari logo media sosial untuk menunjukkan nama akun merek. Tidak hanya ikon website, desain pemasaran akan membutuhkan ikon media sosial untuk dipromosikan. Penggunaan ikon media sosial dapat memudahkan audiens untuk menemukan nama akun media sosial merek yang bisa dikunjungi.

Terkadang audiens yang tertarik dengan yang dipromosikan merek, akan tertarik mengunjungi media sosial merek. Ikon media sosial yang umum digunakan biasanya, ikon Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn dan lainnya. Audiens akan langsung tahu maksud dari informasi dengan menggunakan ikon logo dari media sosial tersebut. 

Baca juga: Alasan Penggunaan Ikon Logo Hewan untuk Klub Olahraga

Ikon Penjualan atau Diskon

Ikon-ikon yang Digunakan dalam Desain Grafis Pemasaran

Pada desain pemasaran biasanya sering menawarkan diskon atau penawaran khusus, ini akan menggunakan ikon diskon. Penggunaan ikon diskon akan semakin memperjelas dan menekankan informasi diskon pada audiens. Ikon diskon seringkali dibuat lebih besar agar bisa menarik perhatian audiens dengan cepat.  

Biasanya bentuk ikon yang digunakan berupa label belanja, keranjang belanja, dan tas belanja. Audiens bisa lebih mudah mengidentifikasi adanya penawaran khusu dan diskon dalam desain pemasaran dengan menggunakan ikon ini. 

Ikon Produk atau Jasa

Desain pemasaran yang mempromosikan produk tertentu juga seringkali memiliki ikon dari produk tersebut. Misalnya ikon pakaian, topi, sepatu hingga kemasan makanan, ini akan mempresentasikan produk yang dipromosikan atau tersedia. Ikon yang sederhana akan mudah diidentifikasi dan dikenali oleh audiens.

Ikon Testimonial atau Ulasan

Untuk meyakinkan konsumen, dalam desain pemasaran juga seringkali menggunakan ikon ulasan. Ini berguna untuk menunjukkan ulasan atau testimoni dari pelanggan terkait produk atau layanan. Konten pemasaran juga bisa berisi ulasan dari pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan audiens pada merek. Umumnya ikon yang digunakan bisa berbentuk hati, bintang, dan tangan jempol. 

Baca juga: Tips Memilih Ikon atau Simbol Logo yang Mencerminkan Merek

Ikon Kualitas atau Sertifikasi

Ikon-ikon yang Digunakan dalam Desain Grafis Pemasaran

Selain ikon ulasan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk atau layanan merek, sering menggunakan ikon yang menunjukkan kualitas. Ikon biasanya berupa tanda ceklis, label best quality atau berbentuk medali untuk menunjukkan produk atau layanan berkualitas. 

Ikon Pengiriman atau Pengiriman Gratis

Desain pemasaran yang memasarkan produk juga sering menggunakan ikon logo pengiriman berupa kargo atau truk pengiriman. Ini biasanya untuk merepresentasikan gratis dalam pengiriman atau untuk menunjukkan biaya pengiriman.   

Tanggal atau Kalender

Pada desain untuk promosi atau pemasaran juga sering menggunakan ikon kalender untuk menunjukkan tanggal acara atau promosi berlangsung. Ikon yang digunakan biasanya berupa kalender atau lonceng. Penggunaan ikon ini akan memudahkan audiens menemukan informasi tanggal promosi berlangsung atau tanggal acara diadakan. 

KESIMPULAN

Penggunaan ikon-ikon dalam desain pemasaran memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi yang jelas pada audiens. Ikon-ikon dalam desain pemasaran juga akan meningkatkan daya tarik visual dan memudahkan audiens memahami informasi dalam desain. Gunakan ikon-ikon dengan bijak dan sesuai kebutuhan, pastikan bentuk ikon familiar dan jelas agar mudah dikenali audiens. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts