Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Jenis Layout 

Dalam menciptakan desain grafis yang memiliki banyak elemen, perlu untuk mengatur elemen desain dengan bijak. Agar desain tampil menarik dan unik gunakan jenis layout yang menarik. Layout dalam desain grafis akan membantu menciptakan desain yang menarik, sehingga ketika memilih jenis layout ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Jenis Layout 

Jenis layout yang dipilih akan mempengaruhi tampilan desain untuk itu pilih yang sesuai dengan kebutuhan desain. Terkadang berbeda kontek penggunaan akan membutuhkan jenis layout yang berbeda. Untuk desain grafis digital biasanya setiap platform akan memiliki ukuran berbeda sehingga jenis layout juga harus menyesuaikan. 

Berbeda juga jika layout untuk media cetak akan disesuaikan dengan jenis desainnya apakah brosur, poster atau kemasan. Pemilihan jenis layout yang digunakan dalam desain grafis harus mempertimbangkan beberapa hal penting seperti tema desain dan jenis konten. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA MEMILIH MEREK

Untuk jenis desain seperti pemasaran dan promosi perlu memiliki jenis layout yang menarik agar elemen penting dalam desain tersampaikan dengan baik. Agar jenis layout menciptakan desain menarik perhatian, pertimbangkan beberapa hal penting ini sebelum memilih jenis layout:

Tujuan Pemasaran

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari pemasaran ini untuk apa, apakah mengenalkan produk, mengedukasi konsumen atau membangunkesadarna merrek. Jenis layout yang dipilih harus disesuaikan dengan tujuan pemasaran agar memiliki desain menarik. Setiap tujuan pemasaran mungkin akan membutuhkan jenis layout berbeda sehingga lebih efektif. 

Layout untuk mempromosikan produk atau penawaran khusus perlu lebih sederhana dan fokus pada pesan utama. Gunakan layout yang sederhana dan menyoroti gambar teks judul  serta Call to Action yang jelas. Jenis layout yang terlalu kompleks akan membuat audiens tidak langsung fokus pada pesan penting. Sementara untuk membangun kesadaran merek berarti jenis layout harus memastikan jika elemen identitas visual merek dapat digunakan dengan maksimal.

Preferensi Target Audiens

Ketika memilih jenis layout pertimbangkan juga minat dan preferensi audiens sehingga desain bisa menarik minat. Tentukan siapa target audiens dan hal apa yang merek sukai, apakah audiens tipe yang suka dengan ilustrasi atau desain yang langsung fokus pada poin utama. Umumnya audiens akan lebih suka atau tertarik dengan jenis desain yang pesan utamanya lebih mencolok. 

Pahami dengan baik apa yang sekiranya akan disukai oleh audiens, model layout seperti apa yang mudah untuk dipahami oleh audiens. Desain grafis yang menggunakan layout yang disukai audiens, akan efektif membuat desain dibaca oleh audiens. 

Baca juga: Contoh Kombinasi Palet Warna Sesuai Tema Desain 

Jenis Konten

Jenis layout yang akan digunakan dalam desain grafis juga perlu untuk mempertimbangkan jenis kontennya. Isi konten dan elemen yang digunakan akan mempengaruhi jenis layout yang digunakan. Setiap konten akan memiliki tema desain tersendiri yang mana elemennya akan berbeda dan perlu diatur dengan menarik. 

Jika desain pemasaran akan menggunakan teks, gambar, dekorasi hingga grafik, gunakan grid untuk memastikan elemen terdistribusi dengan menarik. Atau jika desain pemasaran akan menggunakan foto gunakan layout jendela dengan tulisan judul di atas atau dibawah gambar, dan gambar ditempatkan ditengah. Tata letak seperti infografik timeline juga akan cocok digunakan untuk layout desain pemasaran yang menjelaskan proses pembelian misalnya. 

Konsistensi Identitas Visual Merek

Ketika merancang desain pemasaran untuk mempromosikan merek atau produknya, semua jenis desain akan memiliki template elemen yang mirip atau sama. Gaya visual desain grafis harus konsisten dalam semua jenis desain sehingga efektif untuk membangun kesadaran merek. Audiens akan lebih mudah mengenali desain pemasaran milik merek jika menggunakan layout dan template yang sama.

Jenis layout merek biasanya akan digunakan secara konsisten sehingga menghasilkan tampilan desain yang mirip. Konsistensi desain pemasaran dengan layout yang sama akan menciptakan kesan merek yang profesional. Pastikan elemen visual merek seperti warna, tipografi dan gaya visual dan layout yang sama digunakan pada semua jenis desain pemasaran. 

Baca juga: Inspirasi Gaya Tipografi Sesuai Tema dan Konsep Desain

Kesesuaian dengan Platform

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Jenis Layout 

Pertimbangkan juga kesesuaian platform ketika memilih jenis layout, sehingga tampilannya terlihat jelas. Beberapa platform yang biasanya digunakan untuk menampilkan desain pemasaran seperti media sosial, website atau media cetak. Pertimbangkan kebutuhan dan spesifikasi platform tersebut untuk memilih jenis layout yang sesuai. 

Misalnya untuk instagram ada beberapa jenis layout konten postingan seperti crossfade, row by row atau tile or checkers. Selain itu perlu juga menyesuaikan layout dengan ukuran dan format untuk media sosial tersebut. Penggunaan layout yang tepat akan memastikan tampilan konten dapat menarik perhatian dan efektif. 

Navigasi Visual

Saat memilih layout pertimbangkan juga untuk memilih jenis layout yang memudahkan navigasi visual. Jenis layout harus membantu audiens dalam membaca informasi dalam desain dengan mudah. Gunakan jenis layout yang memudahkan audiens untuk membaca informasi dari satu elemen ke elemen lainnya. Navigasi visual yang jelas dapat diatur dengan menciptakan hirarki dan layout yang menarik. 

Baca juga: Efek Visual untuk Menciptakan Hirarki Visual dalam Desain Grafis

Fokuskan pada Informasi Penting

Untuk membuat desain grafis terlihat menarik perhatiaan dan mudah dipahami, pastikan hanya menggunakan elemen penting untuk digunakan dalam layout. Jangan gunakan jenis layout yang terlalu kompleks atau tidak sesuai dengan kebutuhan desain. Jenis layout yang sederhana akan lebih mudah menarik perhatian karena akan menciptakan fokus pada elemen penting. 

Layout grid dan modular cukup banyak digunakan untuk menciptakan tampilan sederhana dan tata letak yang rapi. Jenis layout ini akan membantu pesan utama mencolok dan bisa tersampaikan dengan baik. 

KESIMPULAN

Desain grafis perlu memiliki layout yang menarik sehingga bisa menarik perhatian dan memudahkan pesan utama dibaca audiens. Ada banyak jenis layout yang bisa dipilih untuk desain grafis pemasaran merek. Namun ketika memilih jenis layou pertimbangakn beberapa hal penting seperti jenis, konten, jenis platform dan preferensi audiens. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts