Desain Brosur untuk Penggunaan Branding dan Pemasaran

Umumnya desain pemasaran seperti brosur digunakan untuk mempromosikan merek dengan baik. Selain itu brosur digunakan untuk berbagai macam hal lainnya tidak hanya untuk mempromosikan merek atau produk. Dalam membangun branding, desain brosur harus memiliki desain menarik untuk bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan sehingga efektif menarik perhatian. 

Desain brosur biasanya memiliki bentuk cetak yang dilipat menjadi tiga atau satu lembar saja, sementaa bentuk digitalnya dibuat menjadi satu halama saja. Terkadang desain brosur ada yang berupa buku berisi beberapa halaman. Hal tersebut biasanya brosur yang memiliki informasi kompleks seperti dalam bentuk katalog. 

Penggunaan desain brosur dalam pemasaran dan branding memiliki peran penting untuk membuat desain lebih mengenal merek atau produk. Konten informasi dalam desain brosur sendiri cukup beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan desain. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

BEBERAPA PENGGUNAAN DESAIN BROSUR

Dalam desain grafis penggunaan desain brosur seringkali digunakan untuk berbagai hal termasuk mempromosikan merek, acara penting, pameran hingga edukasi. Berikut beberapa penggunaan desain brosur untuk beragam hal:

Promosi Produk atau Layanan

Desain Brosur untuk Penggunaan Branding dan Pemasaran

Dalam dunia bisnis penggunaan brosur banyak digunakan untuk kebutuhan promosi dan pemasaran dengan desain menarik. Dengan menggunakan desain brosur, merek dapat mempromosikan produk atau layanan dengan menarik. Biasanya brosur akan dibagikan kepada orang-orang di jalan, pusat perbelanjaan maupun di tokonya langsung.  

Dalam desain brosur biasanya akan terdapat berbagai informasi produk yang menarik dan penting seperti spesifikasi, harga, bahan hingga manfaatnya. Untuk membuat brosur terlihat menarik, perhatikan sampul atau bagian atas, gunaan tampilan yang berbeda dan menarik. Desain brosur biasanya memiliki elemen visual seperti teks, gambar produk dan dekorasi yang menarik. 

Acara atau Pameran

Desain Brosur untuk Penggunaan Branding dan Pemasaran

Tidak hanya untuk promosi produk atau layanan, brosur juga bisa digunakan untuk mempromosikan acara dan pameran. Berbagai acara yang biasanya dipromosikan menggunakan brosur seperti acara musik, festival, pameran seni dan lain-lain. Brosur yang berukuran kecil memudahkan audiens membaca informasi acara sambil berjalan.

Untuk promosi acara-acara penting bisanya informasi dalam desain brosur akan memuat gambar, teks nama acara, guest star, hingga tanggal dan lokasi acara. Jika acara berlangsung selama beberapa hari biasanya brosur akan memiliki beberapa halaman, untuk menjelaskan rincian acara. Untuk mempromosikan acara penting untuk memastikan informasi penting terbaca jelas, dan deskripsi mengenai acara dapat memikat audiens.

Baca juga: Cara Memilih Warna untuk Desain Pemasaran yang Efektif

Penawaran atau Diskon

Desain brosur tidak hanya untuk mempromosikan produk atau layanan, tetapi juga informasi tentang diskon dan penawaran khusus.  Biasanya jenis brosur ini dibagikan ketika merek sedang mengadakan promo atau diskon. Informasi penawaran diskon biasanya akan berisi informasi sederhana misalnya potongan harga, jumlah diskon atau periode penawarannya.

Berbeda dengan desain brosur untuk promosi produk akan memiliki informasi tentang produk lebih mendetail. Biasanya bentuk brosur ini akan memiliki tampilan hanya berupa tulisan dan desain logo, atau dekorasi sederhana. Ukuran brosur juga lebih kecil dari ukuran brosur lainnya karena menginformasikan penawaran dengan sederhana namun jelas. 

Informasi Perusahaan

Desain Brosur untuk Penggunaan Branding dan Pemasaran

Desain brosur juga bisa digunakan untuk mengenalkan dan mempromosikan perusahaan. Dalam desain untuk promosi perusahaan biasanya berisi visi, misi, tujuan dan proyek perusahaan. Biasanya brosur ini akan ditempatkan pada bagian resepsionis perusahaan atau acara pameran bisnis.

Brosur yang digunakan untuk mengenalkan perusahaan ini akan memiliki desain yang formal, dan menggunakan elemen identitas merek. Informasi baru akan berisi seputar visi, misi perusahaan untuk menarik investor. Biasanya kan disertai foto-foto gedung perusahaan atau proyek yang sedang dijalankan perusahaan tersebut.

Baca juga: Desain Pemasaran: Perbedaan Brosur, pamflet dan Leaflet  

Edukasi atau Penyuluhan

Brosur juga dapat digunakan untuk memberikan edukasi dan penyuluhan tentang kesehatan, lingkungan atau informasi publik lainnya. Desain brosur untuk edukasi biasanya dikeluarkan oleh instansi tertentu. Biasanya brosur yang berisi informasi edukasi akan dibagikan saat acara penyuluhan.

Desain yang digunakan untuk edukasi biasanya akan memiliki elemen gambar, grafik, dan foto yang sesuai. Umumnya brosur untuk edukasi akan memiliki tampilan seperti infografik, terkadang diberi gambar ilustrasi agar lebih menarik. 

Portofolio Produk atau Layanan

Desain brosur juga kerap digunakan sebagai portofolio atau katalog produk dan layanan. Biasanya jenis brosur ini akan berisi beberapa informasi penting tentang produk, seperti spesifikasi, harga, hingga manfaat. Setiap produk dan layanan akan dapat dibaca oleh konsumen untuk jadi pertimbangan.

Biasanya ini akan diberikan pada konsumen untuk dilihat apabila konsumen tertarik untuk membeli. Brosur yang berisi berbagai informasi produk ini dapat digunakan sebagai katalog sederhana. Desain brosur ini biasanya akan dibagikan dalam acara pameran atau di tokonya.

Baca juga: Kekurangan Desain Pemasaran yang Terlalu Sederhana

Panduan atau Instruksi

Informasi dalam desain brosur juga dapat berupa panduan atau instruksi, misalnya instruksi pembayaran atau pendaftaran. Seringkali jenis brosur berisi instruksi ini dibagikan oleh institusi pendidikan untuk pendaftaran sekolah, atau terkadang untuk pendaftaran layanan tertentu. Dalam jenis brosur untuk kebutuhan ini instruksi harus jelas dan mudah dipahami. 

Biasanya jenis brosur ini juga dijadikan sebagai petunjuk untuk audiens ketika menggunakan suatu produk. Penggunaan ilustrasi petunjuk, perawatan dan perakitan produk akan memudahkan audiens dalam memahami panduannya. Brosur yang berisi informasi petunjuk akan semakin jelas dengan menggunakan foto atau ilustrasi dan penjelasan singkat.

KESIMPULAN

Desain brosur seringkali digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk promosi dan penawaran. Informasi dalam desain brosur juga beragam, disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya untuk promosi produk atau layanan, tetapi brosur juga digunakan untuk mengenalkan perusahaan dan edukasi informasi penting. Penggunaan desain brosur dalam berbagai kebutuhan branding, promosi atau edukasi harus memiliki desain grafis yang menarik perhatian dan jelas. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts