Contoh Penerapan Desain UI yang Efektif untuk Berbagai Konteks

Dalam era digital ini desain untuk kebutuhan platform digital seperti aplikasi mobile, website, game hingga media sosial terus dikembangkan. Berkat teknologi desain antarmuka pengguna (UI) memudahkan akses pengguna dan memperindah tampilan visualnya. Ada banyak contoh penerapan desain UI untuk berbagai konteks dalam era digital seperti aplikasi dan website.

Desain UI yang diterapkan dengan bijak pada berbagai konteks akan mempermudahkan akses pengguna. Antarmuka pengguna dalam desain aplikasi digital dirancang untuk memberikan kemudahan navigasi, kenyamanan penggunaan dan menarik perhatian. Desain UI ini mengatur tampilan dalam platform digital agar menarik dan memudahkan navigasi.

Untuk merancang desain UI ini melibatkan warna, tipografi, ikon dan layout. Desain lebih berfokus merancang tampilan dan struktur antarmuka pengguna yang menarik dan mudah untuk digunakan oleh pengguna. UI desain ini berfokus pada menciptakan tampilan yang estetis dan mudah digunakan, sementara UX berfokus mengatur tampilan secara keseluruhan mudah untuk digunakan.

Read More

BEBERAPA CONTOH PENERAPAN UI DESIGN PADA BERAGAM KONTEKS

Merancang platform digital seperti aplikasi, website dan lainnya membutuhkan UI atau user interface untuk memastikan tampilan nyaman digunakan. Berikut beberapa contoh penerapan desain UI dalam beragam konteks:

Aplikasi Mobile

Contoh Penerapan Desain UI yang Efektif untuk Berbagai Konteks

Dalam desain aplikasi mobile desain penting untuk memerhatikan menyusun elemen dengan terstruktur dan tata letak yang menarik. Elemen-elemen seperti ikon, tombol, menu hingga gambar dan latar belakang dalam aplikasi mobile dirancang dengan UI. Merancang tampilan aplikasi mobile dengan menarik akan membantu untuk memberikan kemudahan navigasi pengguna.

Desain UI akn mengatur tata letak elemen dengan memerhatikan tampilan estetika dan kemudahan pengguna untuk menemukannya. Desain antarmuka pengguna atau UI ini mengatur bagaimana tombol, ikon hingga navigasi bisa optimal pada ukuran kecil. Penerapan UI ini menempatkan fitur akan sering digunakan dan paling dicari oleh audiens pada letak yang strategis.

Website

Contoh Penerapan Desain UI yang Efektif untuk Berbagai Konteks

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi mobile, desain website memiliki banyak elemen untuk diatur dengan menarik menggunakan UI design. Desain antarmuka pengguna pada website berfokus agar website terlihat memiliki banyak fitur yang bisa bermanfaat dengan menunjukkannya pada landing page. Penting juga mengatur tombol navigasi dengan jelas, umum pada bagian atas atau samping dalam website.

Landing page dalam website biasanya akan berisi informasi atau produk unggulan dari meek untuk menarik perhatian. Penggunaan efek transisi untuk menunjukkan beberapa fitur juga seringkali bisa menarik perhatian audiens. Halam utama dalam website harus diatur dengan baik, mulai dari konten, tombol navigasi, hingga elemen visual seperti warna dan jenis font.

Desain website juga biasanya melibatkan elemen desain seperti header, footer, menu, navigasi, dan tombol-tombol. Elemen akan disusun sesuai hirarki kepentingan yang sering digunakan oleh pengguna.

Baca juga: Tips Meningkatkan Daya Tarik pada Desain Website

E-commerce Platform

Contoh Penerapan Desain UI yang Efektif untuk Berbagai Konteks

Untuk desain platform e-commerce biasanya berfokus untuk menunjukkan berbagai kemudahan dalam berbelanja. Menu dan fitur akan ditata untuk memberikan kemudahan pengguna dalam mencari produk yang mereka inginkan. Elemen–elemen visual dalam platform e-commerce akan berisi fitur untuk mencari produk, menyimpan produk hingga filter pencarian.

Biasanya desain UI e-commerce mengatur strukturnya untuk memudahkan pengguna mengakses berbagai fitur menarik untuk berbelanja. Bagian atas akan langsung disusun search bar dan bagian untuk memfilter produk. Kemudian disusun menu untuk berbagai jenis atau kategori. Struktur tampilannya dibuat untuk ramah pengguna yang suka berbelanja dengan memberikan fitur analisis data pencarian untuk merekomendasikan sesuatu.

Sosial Media Platform

Sosial Media Platform

Untuk desain UI dalam media media berfokus mengatur elemen-elemen yang memudahkan pengguna berinteraksi dengan orang lain. Elemen visual akan menyusun menu navigasi yang berisi informasi akun, timeline, pencarian, dan menu atau pengaturan. Sementara bagian atas akan berfokus untuk menunjukkan aktivitas pengguna lainnya.

Elemen-elemen dalam desain UI media sosial ingin memberikan fokus agar audiens tertarik untuk terus menggunakan media sosial dalam waktu lama. Timeline diatur untuk tak pernah habis atau selesai. Selain itu fitur untuk membuat postingan dibuat mencolok dan mudah untuk digunakan segera. Elemen dalam media sosial dirancang dengan menarik agar mudah ditemukan dan digunakan ini mencakup feeds, profil hingga ikon-ikon interaktif.

Aplikasi Enterprise

Untuk desain platform digital yang berbasis bisni biasanya desain antarmuka pengguna atau UI melibatkan tata letak elemen yang terlihat profesional. Desain akan dibuat sederhana untuk memudahkan pengguna menemukan fitur yang dibutuhkan. Isi elemen atau tata letak fitur disesuaikan dengan jenis aplikasi tentang apa.

Aplikasi digital terkait bisnis biasanya seperti aplikasi investasi saham, pembayaran digital dan sebagainya. Desain UI biasanya akan banyak berisi grafik yang menunjukkan data atau formulir, table data hingga elemen visual lainnya. Elemen aplikasi bisnis dorancang agar memudahkan produktivitas dan efisiensi kegiatan bisnis.

Baca juga: Desain UI dan UX: Pengertian, Tujuan dan Aspek Penting

Platform Pembelajaran Online

Dalam desain untuk platform pembelajaran online atau kursus online dirancang agar pelajar bisa mudah belajar. Antarmuka dirancang sederhana untuk memberikan kenyamanan selama prose belajar online. Biasanya akan menyediakan fitur catatan, navigasi yang mudah, jadwal dan elemen dan lain-lain. Fitur dan elemen visualnya akan dirancang untuk memfasilitasi proses belajar.

Gaming

Dalam desain UI untuk gaming dirancang agar memudahkan navigasi untuk bermain game. Biasanya elemennya disusun untuk memudahkan pengguna menemukan fitur bermain game. Mulai dari elemen menu utama, papan skor, tombol kontrol dan animasi visual yang menarik. Elemen-elemen visual dirancang dengan dengan menarik untuk memberikan pengalaman menyenangkan dalam bermain game.

Platform Layanan Keuangan Online

Dalam platform layanan keuangan online desainnya akan berfokus untuk memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi online. Elemen-elemen seperti formulir transaksi, grafik keuangan, menu saldo dan lainnya. Elemen disusun dan dirancang untuk memudahkan pengguna melihat riwayat transaksi dan mengelola keuangan.

Aplikasi Kesehatan dan Kesejahteraan

Contoh Penerapan Desain UI yang Efektif untuk Berbagai Konteks

Untuk desain UI pada aplikasi kesehatan dan kesejahteraan ini membantu untuk pengguna bisa mengatur dan memantau kesehatan. Elemen-elemen desain seperti tracking kalori, catatan kesehatan dan lainnya akan membantu pengguna mudah untuk memantau kesehatannya. Aplikasi kesehatan biasanya juga terdapat fitur untuk mengingatkan pengguna untuk berolahraga dan lainnya.

Baca juga: Pesona Desain Holographic: Karakteristik dan Aplikasinya

KESIMPULAN

Desain UI ini berfokus untuk merancang tampilan visual dari platform digital yang mudah digunakan. Untuk merancang desain UI atau antarmuka pengguna ini melibatkan elemen-elemen visual dalam desain seperti warna, bentuk, ikon dan lainnya. Penting untuk mengatur struktur dan tata letak yang logis dan mudah untuk dipahami oleh pengguna agar desainnya memberikan kepuasan. Terdapat banyam contoh penerapan desain UI untuk berbagai konteks pda era digital.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts