Cara Memilih Warna untuk Desain Pemasaran yang Efektif

Spread the love

Desain grafis untuk kebutuhan pemasaran biasanya akan memiliki desain yang bisa menarik perhatian. Agar bisa efektif untuk menyampaikan pesan pemasaran, desain materi pemasaran harus menggunakan elemen-elemen desain yang tepat. Termasuk dalam memilih warna desain pemasaran yang tepat ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. 

Umumnya desain untuk materi pemasaran akan memiliki tampilan yang menyesuaikan dengan identitas merek. Hal ini agar desain bisa efektif dikenali oleh merek sekaligus membangun identitas yang kuat. Untuk menarik perhatian audiens, desain pemasaran harus memilih warna yang menarik dan tepat.

Warna adalah salah satu elemen penting dalam desain kemasan sehingga harus dipilih dengan bijak agar meningkatkan daya tarik pada desain. Jika warna desain pemasaran menarik ini akan efektif untuk audiens tertarik membaca informasi pemasaran. Ada beberapa cara memilih warna desain pemasaran yang menarik dan efektif memikat dalam sekali lihat.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

CARA MEMILIH WARNA DESAIN PEMASARAN YANG MEMIKAT

Warna memiliki peran penting dalam menarik perhatian mata audiens untuk membaca informasi dalam desain pemasaran. Pilih warna desain dengan mempertimbangkan identitas merek, kesesuaian konten dan tampilan visual yang memikat. Berikut ini beberapa cara memilih warna untuk desain pemasaran agar bisa menarik perhatian:

Sesuai dengan Warna identitas Merek

Ketika memilih warna untuk desain pemasaran umumnya pasti akan menggunakan warna identitas merek. Hal ini agar desain pemasaran dapat merepresentasikan merek dengan baik, sehingga bisa membangun branding dan kesadaran merek yang kuat. Desain pemasaran yang menggunakan waran identitas merek akan mudah dikenali oleh audiens.

Desain pemasaran yang menggunakan warna identitas merek akan menciptakan kesan profesional. Warna identitas merek tidak harus digunakan dengan tingkat kecerahan yang sama, tingkat kecerahan bisa diatur kembali agar  tampilan desain lebih menarik. Selama masih menggunakan warna yang sama, menggunakan kecerahan yang berbeda dari warna identitas merek tidak akan menjadi masalah.

Menggunakan variasi kecerahan dari warna utama akan memberikan kemudahan dalam mengeksplor gaya desain yang menarik. Tampilan visual desain akan tetap konsisten dan relevan dengan identitas merek. 

Baca juga: Warna Pastel: Contoh Penggunaan dan Ragam Jenisnya

Palet Warna Sederhana atau Minimalis

Cara Memilih Warna untuk Desain Pemasaran yang Efektif

Dalam memilih warna untuk desain pemasaran, sebaiknya menggunakan warna desain yang sederhana. Hindari menggunakan warna yang terlalu bervariasi atau terlalu banyak kombinasi karena tampilan desain akan terlihat berantakan. Ketika menciptakan desain pemasaran yang bisa cepat menarik perhatian audiens, jangan menggunakan terlalu banyak warna.

Warna yang sederhana dan minimalis akan lebih mudah menarik perhatian dan mudah dibaca oleh audiens. Terlalu banyak warna yang digunakan membuat desain pemasaran kurang menarik dan tidak memiliki titik fokus utama. Audiens bisa kesulitan dalam memahami pesan desain, jika desain terlalu banyak warna.

Gunakan palet warna tidak lebih dari 4 atau 5 warna, dua atau tiga warna lebih baik karena desain pemasaran akan memiliki tampilan yang lebih sederhana. Warna minimalis yang harmonis akan memudahkan audiens fokus pada pesan utama.

Memiliki Kontras yang Cukup

Warna untuk teks juga harus memiliki kontras yang cukup dengan latar belakang, gunakan perpaduan warna netral dan warna identitas merek untuk menciptakan kontras yang jelas.  Kontras yang cukup akan memperjelas pesan dan informasi yang disampaikan pada desain pemasaran. Pastikan warna untuk teks memiliki kontras yang cukup dari warna latar belakang, gunakan satu warna solid untuk latar belakang agar teks mudah terbaca. 

Gunakan warna identitas merek sebagai warna latar belakang desain pemasaran dan warna netral untuk warna teks. Ini akan membantu teks memiliki kontras yang cukup dan terbaca dengan jelas. Untuk menciptakan kontras seringkali warna netral seperti warna hitam,putih, abu-abu, dan krem untuk meningkatkan keterbacaan.

Baca juga: Tipe-tipe Kontras dalam Desain Grafis Untuk Menciptakan Hirarki

Warna yang Menarik Perhatian Mata Audiens

Cara Memilih Warna untuk Desain Pemasaran yang Efektif

Desain pemasaran harus bisa menarik perhatian audiens dalam hitungan detik baik yang cetak maupun desain digital. Dalam era digital dan modern ini pergerakan manusia sangatlah cepat baik dalam menggunakan media sosial atau djalanan. Sehingga ketika desain tidak memiliki warna memikat audiens bisa kurang tertarik. 

Penting menarik perhatian audiens dari sejak pertama melihat desain menggunakan warna yang memikat. Warna-warna yang memiliki kombinasi memikat akan menarik perhatian, gunakan warna cerah dengan kombinasi menarik. Warna-warna cerah seperti merah, oranye, kuning biru muda akan efektif memikat mata audien untuk melihat desain pemasaran. Dalam hitungan detik kombinasi warna yang memikat dan menarik mata audiens untuk informasi dalam desain, misalnya kombinasi warna hitam dan merah, atau warna putih dan kuning. 

Sesuai identitas dan Tema Event

Cara Memilih Warna untuk Desain Pemasaran yang Efektif

Desain untuk materi pemasaran seringkali memiliki elemen-elemen desain yang menyesuaikan dengan tema atau event tertentu. Penggunaan warna identitas merek tetap digunakan dan dikombinasikan dengan warna sesuai tema atau event tersebut. Misalnya desain pemasaran yang dirilis pada musim natal dan lebaran akan memiliki warna khas acara tersebut.

Materi untuk pemasaran bisa mengkombinasikan warna merek misalnya hitam dengan warna khas natal seperti merah, hijau dan putih. Desain akan tampak lebih menarik, serta relevan dengan merek dan tema acara.

Baca juga: Rekomendasi Kombinasi Warna yang Elegan pada Desain

Warna yang Fleksibel

Pastikan juga warna desain pemasaran untuk digital dan media cetak sudah disesuaikan sesuai kebutuhan sehingga bisa tetap terlihat sama sesuai yang diharapkan. Warna yang dipilih harus bisa tampil konsisten dalam semua penggunaan dalam berbagai platform dan ukuran agar menciptakan konsistensi. Desain grafis yang memiliki tampilan warna yang fleksibel akan efektif dalam menyampaikan pesan pemasaran.

KESIMPULAN

Desain grafis yang digunakan untuk pemasaran juga perlu memiliki warna-warna yang menarik dan unik. Hal ini agar warna yang desain dapat menarik perhatian audiens untuk membaca informasi dan pesan dalam desain pemasaran. Pilih warna desain pemasaran dengan mempertimbangkan beberapa cara seperti kontras yang cukup, kesesuaian dengan merek, serta sesuai tema desain. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts