Cara Memilih Palet Warna Terbaik untuk Media Sosial

Media sosial menjadi platform penting dan paling efektif dalam era digital untuk menarik perhatian audiens. Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Agar desain konten menarik ada beberapa cara memilih palet warna untuk media sosial sehingga desain efektif.

Berdasarkan riset 69% brand menggunakan media sosial untuk digunakan untuk membangun kesetiaan followers. Sementara itu sekitar 60% pengguna media sosial berusia antara 25-34 tahun1. Ini menunjukkan betapa pentingnya suatu brand membangun konten menarik dalam media sosial untuk memikat perhatian audiens.

Desain konten media sosial harus terlihat menarik dengan memilih elemen visual yang tepat. Elemen-elemen visual yang dipilih umumnya akan disesuaikan dengan identitas merek agar menciptakan tampilan yang profesional. Namun untuk menciptakan tampilan harmonis palet warna harus dipilih dengan bijak.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

MENGAPA PENTING MEMAHAMI PSIKOLOGI WARNA UNTUK DESAIN MEDIA SOSIAL?

Ketika memilih warna yang harmonis untuk desain konten penting juga untuk paham tentang psikologi warna. Hal ini karena desain memiliki peran penting dalam pemasaran, penting untuk menyesuaikan makna warna dengan pesan yang ingin disampaikan. Warna desain akan membantu dalam mengkomunikasikan emosi atau pesan tertentu.

  • Makna psikologi setiap warna berbeda, sehingga ketika digunakan bisa menyampaikan pesan sesuai dengan tujuan desain. Audiens akan lebih mudah memahami informasi desain ketika warna elemen sesuai dengan pesan yang disampaikan. 
  • Selain itu warna juga berperan penting dalam mengarahkan audiens dalam membaca informasi dalam desain. Warna bisa membantu audiens fokus pada informasi penting. Untuk pemilihan palet warna perlu menyesuaikan isi pesan.
  • Pemilihan warna yang tepat juga akan membantu audiens mengidentifikasi dan memahami esensi media sosial. Maka dari itu penting untuk memilih warna terbaik yang bisa mencerminkan pesan dengan baik.

Baca juga: Inspirasi Palet Warna dari Alam untuk Desain Grafis

Salah satu hal penting dalam memilih palet warna untuk desain konten adalah paham jenis-jenis warna dalam sebuah palet warna. Umumnya palet warna akan terdiri dari:

Cara Memilih Palet Warna Terbaik untuk Media Sosial

Warna Primer atau Main Color

Dalam sebuah palet warna utama ini harus yang paling bisa mencerminkan pesan merek. Hal ini karena warna primer akan digunakan sebagai warna yang paling dominan. Makna dari warna primer atau warna utama yang akan paling disoroti dan bisa menggambarkan pesan dengan baik.

Warna Sekunder

Untuk warna ini akan digunakan untuk menciptakan kombinasi harmonis dengan warna utama. Pemilihan warna sekunder harus dipilih yang paling harmonis dengan warna utama karena akan disandingkan. Biasanya warna sekunder akan digunakan paling banyak setelah warna primer.

Warna Aksen

Dalam sebuah palet warna selain warna utama, untuk menyoroti informasi penting perlu memiliki warna aksen. Biasanya untuk desain konten warna aksen bisa digunakan untuk membuat informasi penting seperti CTA tampil mencolok. Warna aksen harus terlihat cukup kontras dari warna utama dan sekunder, seringkali menggunakan warna cerah.

Warna Base

Ketika memilih warna-warna dalam palet warna, penting juga untuk menempatkan warna netral. Warna base akan membantu desain tampil lebih harmonis, biasanya warna akan menggunakan warna netral seperti hitam, putih atau abu-abu. Penggunaan warna base akan membantu warna dalam desain konten terlihat seimbang dan harmonis.

Baca juga: Beragam Penggunaan Warna Netral untuk Desain Grafis

CARA MEMILIH WARNA UNTUK DESAIN KONTEN MEDIA SOSIAL

Untuk memilih palet warna yang tepat, pertimbangkan palet warna dari media sosial yang digunakan, serta warna yang sudah dibuktikan berhasil menarik perhatian untuk konten media sosial. Berikut beberapa cara memilih warna untuk desain konten media sosial2:

Lakukan Riset Preferensi Target Audiens

Salah satu cara penting dalam memilih palet warna adalah dengan memahami target audiens. Tampilan desain konten untuk media sosial untuk rentang usia audiens yang berbeda akan membutuhkan pemilihan warna yang berbeda. Belum lagi perlu mempertimbangkan kalangan profesional dan anak muda yang akan memiliki selera warna berbeda.

Lakukan riset untuk memahami setiap preferensi dari target audiens,laki-laki dan perempuan umumnya akan memiliki palet warna berbeda. Sesuaikan perbedaan ini agar tampilan visual menjangkau audiens dengan tepat.

Perempuan: untuk perempuan warna-warna yang identik dengan mereka sepert warna yang lembut dan cerah. Warna pastel seperti merah muda, hijau dan biru muda akan cocok untuk target audiens perempuan.

Laki-laki: sementara untuk target audiens laki-laki seringkali menggunakan warna gelap seperti hitam. Warna yang terlihat gelap dan memiliki aksen kuat seperti biru gelap atau maroon juga cocok untuk target audiens laki-laki. 

Warna Terbaik untuk Konten Instagram

Cara Memilih Palet Warna Terbaik untuk Media Sosial

Untuk desain konten yang akan digunakan pada instagram sebaiknya menggunakan warna yang bisa menonjolkan visual. Pertimbangkan warna palet instagram sendiri agar warna konten terlihat cocok. Instagram sendiri memiliki warna utama gradien merah muda dengan oranye. 

Agar terlihat menarik, warna konten yang paling cocok untuk instagram adalah warna biru yang digunakan secara dominan. Konten dengan warna biru dapat lebih terlihat menarik daripada warna merah atau oranye untuk desain konten instagram. Warna biru bisa menjadi alternatif untuk warna konten instagram jika merasa bingung menentukan palet warna.

Warna-warna cerah akan lebih efektif untuk digunakan dalam desain konten instagram daripada warna gelap. Beberapa warna yang direkomendasikan untuk desain konten instagram yang terlihat menarik adalah ethereal blue, rose dawn, dan harvest gold.

Baca juga: Tujuan Menggunakan Warna Cerah dalam Desain Grafis

Palet Warna Konten Facebook 

Cara Memilih Palet Warna Terbaik untuk Media Sosial

Sementara untuk desain konten platform facebook akan lebih baik memiliki warna-warna cerah karena dapat meningkatkan daya tarik konten. Untuk konten facebook warna yang hangat akan mampu membuat warna desain tidak tercampur dengan warna facebook. Warna hangat seperti oranye dan merh akan cocok untuk desain konten facebook karena cukup kontras dengan warna identitas facebook. 

Berbeda dengan instagram yang lebih cocok untuk menggunakan warna-warna variasi biru, justru desain untuk konten facebook sebaiknya menghindari penggunaan warna biru. Warna biru bisa membuat desain konten menjadi kurang kontras dengan warna utama facebook. Jika ingin menggunakan warna biru pastikan memilih variasi kecerahan yang berbeda dengan warna biru platform ini.

Palet Warna Konten Pinterest

Untuk konten pada pinterest yang juga menekankan desain visual seperti instagram, sehingga pemilihan palet warna cukup krusial. Warna dominan dalam pinterest memiliki warna utama seperti merah muda, hitam, putih dan abu-abu. Jika desain konten pada media lainnya akan kurang efektif jika menggunakan warna utama, maka di pinterest justru sebaliknya.

Desain yang menggunakan warna utama akan jauh lebih menarik perhatian, maka dari itu seringkali ditemui desain menggunakan warna merah muda. Pada platform ini penggunaan desain dengan warna hitam, hijau dan biru digunakan paling sedikit karena kurang efektif. Sementara warna-warna cerah seperti merah muda atau ungu muda banyak digunakan dalam konten pinterest. 

KESIMPULAN

Setiap media sosial umumnya akan memiliki warna dominan atau identitas yang berbeda, ukuran konten pun berbeda. Yang mana penting untuk tahu cara memilih warna konten yang tepat sehingga desain konten terlihat menarik. Pilih warna media sosial dengan mempertimbangkan jenis konten, target audiens, makna psikologi hingga media sosial yang akan digunakan. Ini penting agar palet warna desain konten menciptakan tampilan menarik dan harmonis. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. How to Choose the Best Social Media Color Palette in 2024. (2023, March 29). alltimedesign. https://alltimedesign.com/social-media-color-palette/#Why_Is_Color_Psychology_Important_for_Businesses_on_Social_Media  ↩︎
  2. Lawson, Jennifer. (2023, March 13). How to Choose the Best Social Media Color Palette. Penji. https://penji.co/social-media-color-palette/  ↩︎