Untuk membangun branding yang kuat, terdapat elemen-elemen penting yang harus ada sehingga efektif. Elemen penting dalam branding ini akan dijadikan panduan dalam membangun branding yang konsisten dan relevan. Pastikan untuk menyusun elemen-elemen penting sehingga branding akan konsisten dan mencerminkan merek dengan baik.
Desain branding tidak hanya terkait dengan penggunaan elemen visual seperti font, gambar atau logo, tetapi juga menyangkut panduan dalam menggunakannya. Perhatikan bagaimana panduan dalam menggunakan elemen branding sehingga menciptakan desain visual yang efektif dan konsisten. Elemen-elemen terkait branding harus disusun dengan bijak sehingga mencerminkan identitas brand dengan baik.
Branding biasanya terkait dengan identitas merek, karakter dan pesan yang dikemas dalam bentuk desain grafis. Pentung untuk mengatur elemen visual sehingga merepresentasikan merek dengan baik. Perhatikan elemen penting dalam branding ini agar mencerminkan identitas merek dengan baik:
Brand Direction
Untuk merepresentasikan identitas merek dengan baik dalam desain branding, penting untuk mengatur brand direction dengan baik. Brand direction adalah panduan elemen visual sebagai tujuan dan pesan dari branding. Dalam brand direction menyangkut mood board, tipografi style, warna dan ilustrasi. Berikut beberapa hal penting yang ada dalam brand direction:
Moodboard : dalam brand direction mood board biasanya terdiri dari berbagai gambar atau foto yang menjadi inspirasi untuk branding. Gambar dapat berupa foto dalam, foto produk hingga inspirasi elemen visual. Foto kemasan, papan nama hingga bentuk produk dari berbagai style dapat dijadikan moodboard.
Tipografi Style: Brand direction juga akan memiliki guide tentang makna atau mood yang ingin direpresentasikan melalui gaya font.
Pesan atau Tujuan: Brand direction juga terkait dengan pesan, tujuan atau karakter merek, disini akan terdapat panduan tentang semua hal tersebut. Pesan dan tujuan merek akan dijabarkan dengan jelas sebagai panduan dalam memilih elemen visual branding.
Warna: Brand direction akan memiliki beberapa inspirasi warna yang disesuaikan dengan tujuan dan pesan merek. Biasanya akan ada gambar atau desain yang menjadi inspirasi tidak jarang inspirasi warna mengambil dari foto.
Elemen-elemen utama tersebut akan digunakan sebagai alat untuk mengarahkan tujuan dan pesan desain. Elemen branding dipilih dan diciptakan dari brand direction, biasanya akan terdapat beberapa contoh dari kombinasi warna dari sampel warna. Mood board yang dipilih akan dijadikan panduan dalam memilih elemen-elemen visual untuk merepresentasikan brand.
Baca juga: Palet Warna Desain Branding Sesuai Brand dan Makna Psikologi
Logo Variasi dan Guideline Logo
Dari desain direction tersebut, desainer mulai dapat menciptakan logo dengan berbagai variasi warna dan jenis logo. Biasanya desain branding akan memiliki variasi logo sehingga memudahkan logo untuk digunakan. Dalam guideline logo ini akan terdapat juga variasi style logo sebelum akhirnya dipilih yang paling sesuai.
Sementara untuk variasi logo biasanya terdapat logo utama, logo secondary, icon dan wordmark. Sebenarnya banyaknya variasi logo akan bergantung pada kompleksitas logo utama, jika logo utama sederhana biasanya variasinya terkait warna. Misalnya pada logo wordmark yang hanya menggunakan teks, variasi logo bisa menggunakan warna bukan gaya font.
Variasi Jenis Logo:
Logo utama: Jenis logo ini akan digunakan sebagai logo utama yang akan digunakan untuk merepresentasikan identitas visual secara utuh. Jika logo utama memuat banyak elemen seperti teks, ikon, dan tagline, maka variasi logo akan semakin beragam dari beberapa desain tersebut.
Logo secondary: Variasi logo ini biasanya lebih sederhana dari logo utama sehingga bisa digunakan untuk merepresentasikan logo pada desain yang sederhana. Misalnya logo utama lengkap maka logo secondary hanya memiliki teks dan ikon saja.
Ikon: Pada jenis logo kombinasi ikon dan teks, maka variasi logo bisa menggunakan ikon saja. Bentuk ikon yang unik akan merepresentasikan identitas merek dengan baik dan mudah untuk diingat.
Wordmark: Ada juga variasi logo yang hanya berupa teks nama merek, biasanya untuk memudahkan nama brand diingat dan dibaca oleh audiens. Penggunaan jenis logo wordmark sebagai variasi dapat digunakan pada kebutuhan desain sederhana seperti dokumen atau halaman sponsor.
Tata Letak Logo:
Pada logo guideline ini biasanya akan terdapat pula tata cara penggunaan logo seperti pada bagian atas atau bawah halaman. Terkadang juga terdapat variasi tata letak seperti rata kanan, rata kiri atau center.
Variasi Warna:
Tak hanya variasi tata letak logo dan jenis logonya, tetapi juga terdapat guideline beberapa variasi warna atau kombinasi warna. Biasanya brand akan memiliki beberapa pilihan warna logo untuk disesuaikan tema desain. Variasi warna ini mengambil dari warna identitas visual sehingga mencerminkan karakter atau pesan merek.
Makna dan Pesan Logo:
Dalam guideline logo juga terdapat penjelasan tentang makna dari bentuk ikon dan nama brand, biasanya disertai penjelasan makna yang diciptakan gaya font. Penjelasan tentang elemen logo seperti makna ikon, font dan warna akan memperjelas penggunaan identitas merek yang tepat.
Baca juga: 12 Gaya Font Berdasarkan Emosi dan Mood yang Diciptakan
Tipografi
Perlu dipahami jika elemen penting dalam desain branding akan menggunakan beberapa variasi font. Font logo bukanlah font yang akan digunakan untuk semua kebutuhan branding, tetapi salah satu variasi dari font branding tersebut. Sebuah merek atau brand perlu memiliki beberapa variasi font sehingga bisa digunakan dengan fleksibel sesuai kebutuhan. Dalam memilih gaya font, penting untuk memahami beberapa hal ini seperti:
Jangan Pilih Lebih dari Tiga Font
Brand akan membutuhkan beberapa variasi gaya font sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan desain yang berbeda. Biasanya tiga font sudah lebih dari cukup untuk menciptakan variasi yang menarik dan hirarki visual.
Pastikan kombinasi dari tiga font yang berbeda akan tampil harmonis meski memiliki ketebalan dan bentuk huruf yang berbeda. Biasanya gaya font masih memiliki mood yang mirip atau dari jenis font yang sama.
Variasikan Sesuai Jenis Desain dan Mood Desain
Setiap jenis brand akan memiliki banyak variasi font berdasarkan jenis desain yang digunakan. Font untuk desain kemasan, logo dan desain konten mungkin akan memiliki gaya yang berbeda-beda. Penting untuk memiliki font unik, font mudah dibaca dan sesuai dengan mood desain.
Pastikan Mood Font sesuai Karakter Brand
Font tidak harus unik tetapi perlu untuk sesuai dengan karakter dan mood brand sehingga merepresentasikan identitas dengan baik. Setiap gaya font dapat menciptakan mood yang berbeda untuk itu perlu memilih gaya font yang sesuai mood dan karakter merek. Variasi font yang digunakan harus memiliki mood yang mirip sehingga tampil harmonis meski jenis font berbeda.
Pilih Variasi Ketebalan Berbeda
Jenis font brand juga perlu menggunakan variasi ketebalan yang berbeda untuk jenis teks berbeda. Variasi font untuk judul, sub judul dan paragraf perlu menggunakan variasi ketebalan yang berbeda. Ketika memilih perlu untuk memilih font dengan variasi ketebalan beragam sehingga dapat menciptakan hirarki visual.
Baca juga: 6 Font Keren untuk Logo dalam Berbagai Brand
Brand Icons
Penggunaan elemen penting dalam desain branding harus konsisten termasuk ikon dan gambar. Ikon dan gambar yang digunakan ini bukan hanya ikon logo tetapi juga gambar yang mencerminkan identitas merek dengan baik. Gambar-gambar yang digunakan biasanya akan mencerminkan identitas merek, untuk itu perlu ada variasi jenis dan tema agar tampil konsisten.
Misalnya style line art untuk brand coffee dengan menggunakan gambar cangkir, barista, kopi hingga buah. Variasi gambar yang merepresentasikan identitas brand juga perlu memiliki variasi warna sesuai identitas merek sehingga tampil lebih relevan dan konsisten. Gambar ikon akan digunakan pada desain print, poster, kemasan hingga desain konten.
Brand Guidelines
Dari semua elemen visual yang digunakan dalam branding akan digabungkan untuk membentuk brand guideline. Brand guideline ini akan berusia semua elemen penting terkait merek mulai dari gambar, ikon, font, warna dan logo. Elemen penting tersebut akan digunakan sebagai panduan dalam menciptakan desain grafis seperti kemasan, poster dan konten yang relevan dengan identitas merek.
Tak hanya panduan variasi elemen visual tetapi juga tata cara penggunaan hingga pesan atau mood yang diciptakan elemen. Dalam paket brand guideline ini semua elemen termasuk mockup akan digunakan untuk mencerminkan identitas merek dengan baik. Panduan ini akan memudahkan menggunakan elemen visual merek dengan bijak dan sesuai kebutuhan.
KESIMPULAN
Elemen penting yang digunakan dalam desain branding tersebut harus disusun dan digunakan sesuai kebutuhan desain brand. Penggunaan elemen branding harus konsisten dan sesuai dengan pesan merek sehingga efektif. Pahami elemen penting branding tersebut sehingga bisa membangun identitas yang kuat.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.