Membangun branding merek dalam era digital cukup sulit karena tingginya persaingan. Ada banyak sekali berbagai jenis bisnis yang terus bermunculan. Penting untuk membangun branding yang kuat agar merek bisa bertahan lama dengan baik. Salah satunya dengan memanfaatkan branding merek melalui influencer untuk meraih kesuksesan.
Ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh jika mempromosikan bisnis melalui influencer. Ini akan membantu merek membangun branding yang kuat termasuk kesadaran merek. Hal ini karena influencer memiliki banyak pengikut yang setia dan sering mengikuti apa yang dilakukan influencer tersebut.
Dalam era digital ini influencer memegang kunci penting dalam membentuk citra merek. Mereka dapat membantu untuk memperkenalkan produk maupun layanan kepada audiens secara luas. Strategi branding melalui influencer ini bukan hanya tren melainkan juga langkah strategis yang bisa menguntungkan merek.
Artikel ini akan membahas beberapa keuntungan yang bisa didapatkan merek ketika melakukan promosi melalui influencer untuk membangun branding. Keuntungan ini bisa dijadikan pertimbangan apabila ingin mengembangkan produk dan merek lebih luas lagi.
BEBERAPA MANFAAT DALAM MEMBANGUN BRANDING MELALUI INFLUENCER
Branding berperan penting untuk membuat merek bisa bersaing dan bertahan dalam waktu yang lama. Untuk itu branding melalui influencer sering dipilih karena efektif. Berikut beberapa manfaat melakukan branding melalui influencer untuk merek:
Meningkatkan Jangkauan dan Keterlibatan (Reach and Engagement)

Melakukan branding menggunakan pengaruh besar influencer akan membantu untuk meningkatkan jangkauan audiens yang lebih luas. Promosi melalui influencer juga bisa meningkatkan engagement media sosial akun merek. Hal ini karena influencer memiliki banyak pengikut setia yang mengikuti gaya hidup hingga produk mereka gunakan.
Dengan berkolaborasi dengan influencer yang sesuai dengan target pasar merek akan efektif dalam mengenalkan produk atau layanan. Biasanya setiap influencer memiliki bidang keahlian tersendiri, seperti kecantikan, teknologi, hingga makanan. Pilih influencer yang paling sesuai dengan merek agar bisa efektif untuk membangun branding.
Melalui influencer ini memungkinkan merek bisa menjangkau audiens yang lebih luas yang tidak bisa dijangkau dengan metode tradisional. Influencer biasanya akan menggunakan konten menarik dalam mempromosikan produk atau layanan untuk menarik perhatian audiens. Ini dapat meningkatkan keterlibatan pengikut mereka jika tertarik dengan produk dan juga meningkatkan visibilitas merek.
Baca juga: Komponen Penting dalam Membangun Strategi Branding
Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan
Mempromosikan produk merek melalui influencer dapat meningkatkan kepercayaan publik pada merek. Influencer yang terkenal biasanya akan lebih dipercayai jika melakukan kolaborasi dengan merek tertentu. Pengikutnya dapat mudah percaya dengan kualitas produk yang dipromosikan influencer favorit.
Dengan mempromosikan merek melalui influencer dapat membangun branding yang positif dimata audiens. Pengikut dari influencer ini biasanya setia dan percaya dengan produk yang dipromosikan oleh influencer dianggap lebih terpercaya.
Membangun kepercayaan audiens atau konsumen dapat dibangun melalui kolaborasi dengan influencer ternama. Ketika branding melalui influencer berhasil ini dapat meningkatkan pertumbuhan merek dengan baik.
Menciptakan Konten Berkualitas Tinggi

Salah satu kelebihan dari membangun branding melalui influencer adalah mereka seringkali membuat konten yang berkualitas. Ketika konten promosi untuk kerjasama dibuat dengan menarik dan berkualitas tinggi, ini akan membantu menarik perhatian audiens. Konten yang menarik cenderung menarik perhatian banyak audiens sehingga bisa membangun kesadaran merek yang kuat.
Pilih influencer yang biasanya membuat konten berkualitas tinggi dan sesuai dengan jenis merek agar efektif mengenalkan merek. Dengan memanfaatkan keahlian influencer untuk membuat konten menarik, merek
bisa mengenalkan dengan luas dan efektif. Konten influencer berkualitas tinggi bisa menarik perhatian positif dari pengikutnya.
Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Dengan melakukan kolaborasi dengan influencer ini akan membantu untuk meningkatkan kesadaran merek. Konten influencer cenderung menarik perhatian pengikut setianya. Jika konten menarik ini akan berguna membangun kesadaran merek yang kuat karena konten dilihat dan banyak berinteraksi dengan audiens influencer.
Pengikut influencer dengan jumlah besar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek mereka. Biasanya setiap influencer mengunggah produk atau layanan merek ini akan otomatis terekam oleh pengikutnya yang melihatnya. Ketika kesadaran merek tinggi bini bisa meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Baca juga: Membangun Branding untuk Bisnis Digital: Tips dan Strategi
Menargetkan Pasar yang Lebih Efektif

Setiap influencer biasanya memiliki karakteristik pengikut yang berbeda-beda, ini juga dipengaruhi bidang yang dikuasai influencer. Misalnya influencer kecantikan kebanyakan pengikut adalah orang yang tertarik dengan make up atau skincare. Merek skincare bisa berkolaborasi dengan influencer kecantikan untuk menargetkan target pasar yang spesifik.
Pilih influencer yang memiliki target pasar sesuai dengan jenis bisnis atau produk merek. Agar efektif untuk membangun branding citra positif dan kepercayaan. Kerjasama dengan influencer memungkinkan untuk merek menjangkau orang-orang yang memiliki minat dan preferensi yang sama.
Mendorong Aksi Pembelian (Call to Action)
Salah satu tujuan utama bekerja sama dengan influencer adalah untuk meningkatkan pembelian. Influencer bisa memberikan pengaruh kepada pembelinya untuk membeli produk yang mereka pasarkan. Melalui rekomendasi produk atau layanan dari influencer ini dapat meningkatkan untuk kepercayaan audiens untuk membeli produk.
Untuk itu tidak heran mempromosikan merek atau produk melalui influencer menjadi favorit banyak merek. Influencer bisa memberikan motivasi pada pengikutnya untuk membeli produk atau layanan yang mereka promosikan. Ketika penjualan naik berkat kolaborasi dengan influencer ini akan berguna membangun branding merek yang kuat.
Baca juga: Perbedaan Marketing dan Branding untuk Membangun Merek
Membangun Citra Positif
Membangin branding merek melalui promosi dengan influencer akan membangun citra positif. Penting untuk memilih influencer yang memiliki persepsi positif dimata audiens. Sehingga ketika merek berkolaborasi dengan influencer tersebut ini dapat membangun citra positif untuk merek.
KESIMPULAN
Membangun branding merek dapat berguna untuk mempertahankan merek dalam jangka waktu yang lama. Salah satu cara yang digemari banyak orang pada era modern ini adalah berpromosi melalui influencer. Ada sejumlah manfaat yang menguntungkan ketika melakukan promosi melalui influencer dalam membangun branding yang kuat. Mulai dari menjangkau audiens lebih luas, membangun kepercayaan hingga meningkatkan pembelian.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.