Desain logo untuk sesuatu merek haruslah dibuat agar bisa bertahan lama sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan rebranding. Rebranding desain logo dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek penting agar prosesnya berjalan lancar. Memahami aspek penting dalam melakukan rebranding akan membantu menciptakan tampilan desain logo yang lebih menarik dan efektif dari sebelumnya.
Rebranding sendiri dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jika ada perubahan strategi bisnis, logo sudah tidak relevan atau ingin memiliki tampilan baru. Pertimbangkan beberapa alasan mengapa branding yang dilakukan, ini akan membantu untuk menentukan tujuan rebranding dilakukan. Sehingga perubahan desain logo sesuai dengan kebutuhan atau tujuan dari dilakukannya rebranding.
Ketika melakukan rebranding pahami dengan baik hal apa yang ingin diubah dalam desain logo, apakah perubahan citra, kesan atau gaya desainnya. Sesuai dengan alasan rebranding dilakukan perubahan gaya desain logo menyesuaikan kebutuhan. Pahami dengan baik aspek penting dalam rebranding seperti strategi bisnis, tujuan peuhan hingga identitas merek yang perlu dipertahankan.
ASPEK PENTING DALAM REBRANDING DESAIN LOGO
Dalam melakukan rebranding desain logo perhatikan dengan baik tujuan dan alasan rebranding dilakukan, agar perubahan lebih baik dari sebelumnya. Berikut beberapa aspek penting dalam rebranding yang perlu dipertimbangkan:
Tujuan dan Alasan
Sebelum melakukan rebranding pahami dahulu apa yang menjadi tujuan dan alasan dari dilakukannya perubahan logo. Tujuan dan alasan dari rebranding harus jelas, sehingga arah perubahan desainnya pun sesuai yang diharapkan. Apakah tujuan dari rebranding ini karena adanya perubahan strategi, desain logo tidak relevan lagi atau ingin menciptakan kesan baru.
Perbedaan tujuan ini akan mengarahkan pada perubahan yang berbeda pula. Jika tujuannya karena adanya perubahan strategi bisnis, misalnya bisnis ingin menjangkau pasar global. Maka desain logo harus melakukan rebranding agar sesuai dengan minat dan preferensi global.
Terkadang warna dan bentuk tertentu dalam desain logo akan memiliki makna berbeda pada negara dan wilayah berbeda. Untuk itu merek yang ingin memasuki pasar global perlu menyesuaikan logo sesuai dengan preferensi pasar global.
Baca juga: Branding Era Modern: Elemen Utama yang Berperan Penting
Analisis Pasar dan Kompetitor

Ketika melakukan rebranding penting untuk melakukan analisis pasar dan kompetitor karena dapat mengetahui tren pasar dan desain milik kompetitor. Hal ini berguna untuk merek mengetahui tren terbaru dan yang efektif dalam desain logo pada era ini. Melakukan analisis pasar juga penting untuk mengetahui tren industri.
Rebranding tetap harus menyesuaikan tren industri dan pasar agar efektif untuk dikenali oleh audiens. Perubahan diharapkan untuk lebih baik dari desain logo sebelumnya, dan lebih menarik dari milik kompetitor. Untuk itu analisis tren dan pasar akan membantu dalam melihat bagaimana merek milikmu dapat membedakan diri dari pesaing.
Terkadang perubahan dilakukan karena ada bentuk logo pesaing yang mirip dengan milik pesaing. Untuk itu perlu dilakukan perubahan untuk membedakan diri serta tetap relevan dengan tren industri.
Penelitian Target Audiens
Selain melakukan analisis dan meneliti tren pasar, penting juga untuk melakukan analisis target audiens. Dengan menganalisis minat dan preferensi target audiens dari merek, akan membantu mengetahui tren terbaru yang disukai audiens. Sehingga logo lama milik merek yang sudah tidak relevan dapat diubah kedalam bentuk baru sesuai minat audiens.
Desain logo yang sesuai dengan minat audiens akan efektif untuk dikenali dan diingat oleh audiens. Pahami dengan baik apa yang mereka sukai dan harapkan dari suatu merek milikmu, selain itu cari tahu juga desain logo seperti apa yang menarik perhatian audiens. Analisis bagaimana suatu desain logo merek dapat berkomunikasi dengan efektif dengan target audiensnya.
Baca juga: Tips Penting dalam Memahami Target Audiens untuk Desain Grafis
Pengakuan Merek

Dalam melakukan rebranding pertimbangkan pula pengakuan merek saat ini oleh masyarakat. Karena hal ini penting dalam perubahan desain, jika pengakuan merek cukup besar dan sudah identik dengan identitas merek yang ada. Maka perubahan tidak bisa secara keseluruhan, harus tetap mempertahankan identitas yang menjadi ciri khas.
Ketika merek saat ini sudah cukup terkenal oleh masyarakat, melakukan perubahan yang cukup drastis dapat membingungkan audiens. Pelanggan bisa saja kesulitan mengenali merek jika elemen visual lama tidak dipertahankan. Untuk merek yang sudah cukup terkenal pertahankan elemen visual yang identik dengan merek seperti warna dan bentuk ikon.
Sementara itu perubahan dapat berfokus pada bentuk yang tajam atau bulat pada ikonnya. Untuk merek yang belum terkenal perubahan yang drastis tidak akan menjadi masalah, merek bisa dianggap produk baru.
Budaya dan Nilai Merek
Rebranding merek juga perlu memerhatikan aspek budaya dan nilai merek dalam desain logo. Desain identitas merek biasanya memiliki nilai, budaya dan kepribadian merek tersendiri. Perubahan logo tetap mempertahankan hal ini dan fokus mengubah bentuk yang lebih relevan dengan pasar dan tujuan branding.
Perubahan desain logo tetap harus konsisten dalam memertahankan citra merek dengan konsisten. Hal ini bukan merubah segala hal tetapi hanya melakukan perubahan yang lebih fresh untuk merek. Pastikan jika memiliki visi dan misi baru dalam rebranding tetap sesuai dengan keinginan audiens.
Baca juga: Alasan Rebranding Desain Logo Perlu Dilakukan
Konsultasi dan Kolaborasi
Ketika ingin melakukan rebranding lakukan konsultasi dan kolaborasi dengan tim internal maupun eksternal. Konsultasikan rencana perubahan dengan beberapa ahli dalam beberapa bidang seperti tim pemasaran, desainer, dan ahli branding. Hal ini agar rebranding bisa memberikan manfaat optimal untuk merek.
Uji Coba dan Umpan Balik
Dalam rebranding jangan lupa untuk melakukan uji coba dan dapatkan umpan balik dari audiens dan rekan kerja. Setelah mengubah bentuk logo sebelum menggunakan secara luas tanyakan pendapat pada sejumlah orang. Jika ada saran, gunakan untuk memperbaikinya desain jika dirasa masih kurang efektif.
Kesiapan dan Komitmen
Dalam melakukan rebranding penting untuk merek memiliki kesiapan dan komitmen. Proses dalam rebranding bisa memakan waktu yang lama. Perlu riset dan banyak pertimbangan hal-hal terkait rebranding. Merek harus siap untuk bisa berkomitmen dalam melakukan rebranding sesuai tujuan dan hasil yang diinginkan.
KESIMPULAN
Rebranding desain logo dilakukan untuk menciptakan tampilan logo baru yang disesuaikan dengan alasan perubahan dilakukan. Umumnya rebranding memiliki beberapa tujuan seperti menyesuaikan perubahan strategi bisnis, agar tetap relevan dan karena adanya perluasan variasi bisnis. Ketika ingin melakukan rebranding perhatikan beberapa aspek penting dalam rebranding desain logo yang disesuaikan dengan tujuannya
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.