Warna logo yang digunakan untuk setiap variasi logo seperti teks nama merek, ikon logo, atau keduanya, harus memiliki warna yang merepresentasikan identitas merek. Desain logo bisa memiliki warna apapun yang bisa mencerminkan nilai atau karakter merek. Misalnya pada penggunaan warna kuning untuk desain logo yang seng digunakan untuk merepresentasikan optimisme, keceriaan dan ramah.
Warna memiliki dampak yang besar pada apa yang ingin disampaikan logo pada audiens atau konsumen. Setiap warna memiliki makna psikologi dan menciptakan emosi yang berbeda. Sama halnya dengan penggunaan warna dengan hue berbeda akan menciptakan emosi berbeda, logo berwarna biru akan memiliki makna berbeda dengan warna logo kuning.
Untuk penggunaan warna cerah seperti kuning dalam logo, seringkali diasosiasikan dengan perasaaan ceria, ramah dan energik. Namun terkadang dalam beberapa budaya warna kuning bisa memiliki makna yang berbeda. Penggunaan warna kuning terkadang juga memiliki tujuan berbeda dalam desain logo.
WARNA KUNING DALAM BERBAGAI KONTEKS
Warna kuning dapat dimaknai berbeda pada konteks yang berbeda, sementara penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan pesan1. Berikut beberapa kontek warna kuning dalam beberapa konteks:
- Dalam konteks warna alam, kuning seringkali dikaitkan dengan warna pisang, bung daffodill, nanas dan matahari. Untuk desain logo yang mengambil inspirasi alam, logo dengan warna kuning sering merepresentasikan beberapa elemen tersebut.
- Pada konteks umum, warna kuning akan mengingatkan kita dengan cahaya matahari, keceriaan, pengetahuan dan dan keramahan. Makan umum ini yang paling diingat oleh audiens. Sementara warna kuning dalam konteks negatif bisa bermakna duka, frustasi, amarah dan kebingungan.
- Sementara menurut psikologi warna kuning dapat digunakan untuk melambangkan kebahagiaan, ramah, menyenangkan, dan optimis. Makna psikologi ini sering menjadi alasan pemilihan warna kuning dalam desain logo.
- Untuk menarik perhatian dalam desain grafis, penggunaan warna kuning dalam desain grafis seringkali digunakan untuk menarik perhatian. Warna kuning yang mencolok, efektif membuat audiens berhenti sejenak untuk melihat desain atau fokus pada elemen penting.
Baca juga: Rekomendasi Kombinasi Warna Untuk Desain Modern
Penggunaan warna kuning dalam keseharian sering ditemui dalam desain grafis, seperti:
Warna Display Toko
Beberapa desain display toko kerap memilih warna kuning karena efektif untuk menarik perhatian. Meskipun terkadang warna display toko banyak yang menyesuaikan dengan warna identitas merek. Warna kuning terkadang bisa digunakan untuk menyoroti area tertentu dalam supermarket.
Diskon Tag
Warna kuning juga banyak digunakan untuk menonjolkan diskon tag dalam toko agar mudah terlihat. Pembeli cenderung akan fokus pada informasi diskon dengan menggunakan warna kuning. Warna kuning akan efektif menyampaikan informasi diskon dengan warna kuning.
Rambu Lalu Lintas
Warna kuning juga banyak digunakan dalam desain untuk rambu lalu lintas. Penggunaan warna kuning yang mencolok efektif membantu orang untuk fokus pada rambu. Rambu dengan warna kuning akan lebih efektif dan mudah untuk terbaca dengan baik.
7 DESAIN LOGO WARNA KUNING
Warna kuning membantu desain logo efektif menarik perhatian dan tampil mencolok. Beberapa brand terkenal yang juga menggunakan warna kuning seperti Mcd, Subway dan IKEA. Semetara itu berikut ini beberapa inspirasi desain log warna kuning yang memikat perhatian:
Desain Logo Sari Bengawan Transport
Logo tersebut menggunakan warna kuning yang mencolok sebagai warna solid untuk logo. Desain logo yang memiliki ikon wayang tersebut terlihat memiliki kesan tradisional dan klasik. Warna kuning sangat cocok untuk mendukung tampilan ikon gunungan dari pewayangan jawa ini.
Tidak hanya melambangkan optimisme, warna kuning dalam logo ini dapat merepresentasikan kesan tradisional. Seringkali warna kuning dikaitkan dengan gaya desain klasik atau tradisional dan terkesan sakral. Warna kuning terlihat sangat cocok dengan desain ikon tersebut.
Baca juga: 7 Desain Logo Warna Biru dalam Berbagai Industri
Desain Logo CV PUTRA ARTHA JAYA
Warna kuning juga banyak dipilih untuk digunakan sebagai warna logo perusahaan seperti CV. Makna optimis dan pengetahuan sangat cocok dengan citra sebuah perusahaan, seperti pada logo tersebut. Desain logo tersebut hanya menggunakan satu varian warna kuning yang digunakan secara menyeluruh.
Ikon logo yang memiliki bentuk geometris dengan inisial nama merek tersebut terlihat menarik. Warna kuning yang solid dengan saturasi yang tepat membuatnya tetap jelas dalam latar putih. Varian kuning yang sedikit lebih gelap ini membuat logo memiliki kontras yang baik.
Desain Logo Abu Toy
Warna Kuning juga seringkali dikaitkan dengan anak-anak, tidak heran banyak brand anak-anak menggunakan warna kuning. Pemilihan warna kuning untuk brand anak-anak biasanya karena kuning mencerminkan memiliki kesan ceria dan bahagia. Warna kuning dapat menarik perhatian anak-anak dan merepresentasikan anak-anak dengan baik.
Logo tersebut memiliki ikon kartun singa yang lucu dengan gaya sederhana. Warna kuning cocok dengan gambaran singa asli serta cocok untuk anak-anak. Dalam logo untuk brand anak-anak. Warna kuning bisa menggambarkan keceriaan dan energik.
Desain Logo Volt
Pada desain logo tersebut, warna kuning yang digunakan menggunakan warna kuning dengan varian yang cerah. Pemilihan warna kuning cocok untuk mendukung ikon logo yang berkesan energik. Ikon logo yang berupa inisial V yang dibentuk dalam bentuk kilatan petir terlihat mencolok.
Warna kuning dalam logo tersebut dapat merepresentasikan kecepatan dan energi sesuai dengan desain logonya. Logo tersebut terlihat harmonis dengan kombinasi warna hitam dan putih.
Baca juga: Cara Mengatur Kombinasi Warna Desain Logo
Desain Logo BlocBeeCoffe
Logo ini memiliki ikon bergaya outline dengan warna kuning terang yang membuatnya semakin unik. Sebagai logo untuk bisnis yang terkait dengan coffee atau cafe, warna kuning akan membuat logo terlihat mencolok. Merek bisa tampil beda dengan logo cafe lainnya yang identik dengan warna coklat dan hitam.
Desain Logo Condronegoro
Penggunaan warna kuning dalam desain logo bisa menciptakan tampilan visual menarik perhatian. Logo tersebut memiliki nuansa tradisional dengan kombinasi inisial merek dengan ornamen-ornamen, yang mana akan cocok jika memiliki warna kuning.
Ornamen dalam logo tersebut menciptakan tampilan yang elegan, sehingga kombinasi yang digunakan harus sesuai. Warna logo kuning dengan latar hitam menciptakan logo memiliki kesan yang mewah.
Desain Logo Al-Huda Kuttab School
Warna kuning dapat mencerminkan pesan yang positif ketika digunakan sebagai identitas seperti dalam logo tersebut. Logo untuk sekolah dengan warna kuning akan menciptakan kesan ramah, optimis, pengetahuan dan ramah. Warna logo kuning bisa membangun kesan jika sekolah ramah dan membangun optimisme. Desain logo tersebut terlihat mencolok dengan warna latar hijau yang lebih gelap.
KESIMPULAN
Logo dengan warna kuning akan memiliki tampilan yang mencolok dan efektif untuk menarik perhatian audiens. Desain logo warna kuning juga dipilih dengan mempertimbangkan makna psikologi dan emosi yang diciptakan. Warna kuning umumnya dapat merepresentasikan keceriaan, optimis, kebahagiaan dan ramah. Sesuaikan juga shade atau tone warna yang tepat dengan kebutuhan desain logo.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Yellow logos: what they mean and how to make one. (2022, Jun 19). Adobe Express. https://www.adobe.com/express/learn/blog/yellow-logo-ideas ↩︎