Variasi Identitas Merek untuk Membangun Brand Awareness

Dalam membangun branding dan brand awareness yang kuat penting untuk menciptakan logo yang bisa dikreasikan ke dalam beberapa bentuk. Hal ini agar logo bisa digunakan dalam berbagai konteks desain dan kebutuhan merek. Untuk membangun brand awareness yang kuat gunakan beberapa variasi identitas merek atau logo agar desain logo bisa membangun identitas yang kuat. 

Variasi Identitas Merek untuk Membangun Brand Awareness

Adanya variasi logo akan membantu untuk menciptakan merek yang kuat pada semua jenis desain termasuk kemasan, proposal, kartu nama dan website. Jika hanya menggunakan satu jenis logo misalnya logotype saja ini mungkin akan kurang efektif untuk membangun kesadaran merek yang kuat. 

BEBERAPA VARIASI LOGO DAN IDENTITAS MEREK UNTUK MEMBANGUN MEREK

Berikut beberapa variasi logo dan identitas merek untuk membangun kesadaran merek yang kuat: 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

PRIMARY LOGO

Logo yang biasanya akan paling sering digunakan karena memuat nama merek, ikon logo, tahun mulai bisnis dan terkadang tagline merek. Ini cukup lengkap sehingga bisa membangun kesadaran merek. Untuk membangun kesadaran merek yang kuat model logo ini akan digunakan untuk header website, media sosial, hingga header untuk dokumen penting seperti proposal.

Variasi Identitas Merek untuk Membangun Brand Awareness

Dalam logo ini biasanya turut memuat nama lengkap nama bisnis sehingga bisa efektif untuk memudahkan audiens mengenali nama merek. Variasi dari logo ini mungkin akan paling efektif untuk membangun kesadaran merek. Variasi logo yang lengkap ini akan efektif untuk diterapkan pada kartu nama, thank you card, dan hang tag. 

Tipe logo ini biasanya dibuat horizontal memanjang terutama pada nama mereknya agar mudah dibaca dan diterapkan dengan baik pada berbagai konteks. Selain kartu nama logo utama ini juga sering digunakan cetak besar.

SECONDARY LOGO 

Untuk variasi logo satu ini bisanya tata letak elemen lebih kreatif baik horizontal maupun vertikal. JIka logo utama nama merek akan berada dalam garis logo, maka pada secondary logo ini nama merek bisa disusun secara vertikal dan horizontal. Terkadang untuk nama merek yang lebih dari satu kata, maka dapat dipisah tata letak nama merek pada baris yang berbeda. 

Variasi Identitas Merek untuk Membangun Brand Awareness

Nama merek yang terdiri dari dua kata tidak harus sejajar dalam satu garis, bisa sedikit maju atau tata letak bisa atur sedemikian rupa. Dalam variasi tidak akan menggunakan tagline atau tahun bisnis diluncurkan. Tetapi hanya berupa nama merek dan logo atau biasanya juga disebut wordmark. Variasi ini berfokus untuk menonjolkan nama merek dengan ikon logo lebih kecil. 

Bisa dibilang variasi secondary logo ini merupakan versi sederhana atau versi logo yang ditumpuk dalam baris yang berbeda dari primary logo. Variasi logo ini akan cocok digunakan untuk versi desain logo pada desain yang dicetak, seperti kartu nama, invoices atau hang tag. Logo variasi yang sederhana ini akan mudah untuk konsistensi dan terbaca dengan jelas pada cetak yang berukuran kecil.

SUBMARK LOGO

Variasi logo ini sering digunakan sebagai label karena memiliki latar belakang berupa bentuk geometri seperti lingkaran, persegi, segitiga dan bentuk lain-lain. Bisa dikatakan versi ini seperti logo emblem versi sederhana, variasi logo ini seringkali digunakan sebagai stiker untuk melabeli produk. Logo variasi ini seringkali digunakan untuk menandai merek dagang, merek alternatif dan sebagai logo lettermarks. 

Meskipun memiliki latar belakang geometri, variasi dari logo ini sederhana, mudah dibaca dan berukuran kecil. Hal ini akan memudahkan logo sebagai identitas merek yang dikenali dan diidentifikasi oleh audiens. 

Penggunaan variasi logo ini akan cocok digunakan dalam desain yang memiliki elemen yang kompleks seperti desain materi pemasaran dan konten media sosial. Variasi logo ini bisa digunakan sebagai foto profil, footer dan header pada dokumen seperti proposal atau desain yang kompleks lainnya. 

ICON

Variasi lain yang harus dimiliki oleh merek agar logo bisa digunakan untuk membangun kesadaran merek yang kuat pada semua aspek desain. Variasi dari logo ini hanya berupa bentuk gambar icon dari logo utama, tidak terdapat nama merek, tagline atau tahun. Bentuknya yang sederhana akan membuat icon bisa digunakan sebagai tanda atau simbol pada berbagai konteks.

Icon logo ini bisa berbentuk icon-icon yang dimodifikasi, bentuk abstrak atau bahkan inisial dari nama merek. Variasi ini juga bisa digunakan untuk banyak hal seperti pada foto profil media sosial, konten visual, latar belakang desain dan masih banyak lagi. Pada dokumen penting icon ini bisa digunakan sebagai watermarks pada latar belakang. Ini akan berguna untuk menandai produk atau sesuatu milik brand. 

VARIASI IDENTITAS VISUAL

Selain empat variasi logo yang bisa digunakan dalam membangun kesadaran merek yang kuat. Ada beberapa elemen penting lain yang termasuk penting dalam membangun identitas merek yang kuat. Berikut beberapa elemen visual dari identitas merek: 

Pattern Icon

Variasi lain yang bisa digunakan untuk membangun kesadaran merek yang kuat adalah pattern atau pola yang diciptakan dari icon logo atau nama merek. Untuk pola yang terbuat dari icon logo ini akan menciptakan pla logo yang unik dan efektif untuk mengenalkan identitas merek. Contohnya seperti pola dari merek terkenal seperti Channel atau Louis vuitton yang digunakan untuk pada produk tas atau pakaian mereka. 

Pattern yang diciptakan dari icon logo ini akan bisa digunakan untuk latar belakang desain, pattern desain kemasan, dekorasi website, hingga pattern untuk produk dari merek. Icon logo akan disusun dengan simetris dan rapi agar menciptakan tampilan pola yang menarik. Pola yang disusun dengan baik akan menciptakan tampilan visual yang harmonis dan menarik perhatian audiens.

Selain icon logo, terkadang pola juga bisa dibentuk dari nama merek, ini juga akan berguna untuk membantu mengenalkan nama merek. Untuk logo yang berupa nama merek, pola dari nama merek ini akan berguna untuk membangun kesadaran merek yang kuat. 

Warna Identitas Merek

Dari desain logo tersebut, akan didapatkan warna yang bisa digunakan sebagai identitas merek yang menarik. Warna logo umumnya akan digunakan sebagai identitas merek yang kuat untuk diterapkan pada berbagai konteks desain lain. Palet warna dari desain logo merupakan identitas visual yang penting.

Palet warna logo akan digunakan pada berbagai konteks desain lainnya untuk menciptakan konsistensi visual dan efektif untuk membangun kesadaran merek. Ketika berbagai jenis desain merek menggunakan warna identitas yang sama ini akan memudahkan bagi audiens mengenali merek. Warna bisa menjadi identitas yang kuat agar merek mudah dikenali oleh audiens ditengah keramaian. 

KESIMPULAN

Dalam membangun desain logo yang kuat, penting untuk memiliki beberapa variasi identitas merek dari desain logo utama agar bisa digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini karena setiap kebutuhan desain dapat membutuhkan model logo yang berbeda agar efektif untuk membangun kesadaran merek. Variasi logo atau identitas merek yang memiliki latar belakang geometri akan cocok digunakan sebagai stiker untuk label. Sementara logo yang disusun horizontal tidak akan efektif untuk foto profil media sosial merek. Untuk itu penting memiliki beberapa variasi logo agar bisa membangun brand awareness yang kuat. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts