Dalam desain grafis penggunaan warna biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan pesan yang ingin disampaikan. Kesan yang diciptakan oleh warna cerah dan warna gelap akan berbeda. Dalam desain grafis menggunakan warna cerah bisa memberikan perasaan bahagia, ceria dan energik.
Dalam menciptakan desain penting untuk mengatur tingkat kecerahan atau kegelapan yang disesuaikan kebutuhan desain. Sementara untuk warna-warna yang pada dasarnya sudah cerah seperti kuning, merah, oranye atau pink sering dipilih untuk memberikan perasaan positif. Penggunaan warna-warna yang cerah memiliki berbagai tujuan.
Untuk memvariasikan warna cerah bisa dipadukan dengan warna cerah lain, atau diatur tingkat kecerahannya. Penggunaan warna yang cerah disesuaikan dengan kebutuhan dan pesan yang ingin disampaikan desain. Jika ingin menggunakan warna cerah pada desain grafis, pahami beberapa tujuan dan kesan yang diciptakan dari penggunaan warna ini.
TUJUAN DARI MENGGUNAKAN WARNA CERAH
Dalam desain penggunaan warna cerah memiliki beberapa tujuan yang juga disesuaikan dengan pesan dan mood yang ingin diciptakan. Berikut beberapa tujuan dari penggunaan warna cerah dalam desain:
Menarik Perhatian
Salah satu tujuan dipilihnya warna cerah untuk desain, biasanya agar dapat menarik perhatian audiens. Desain yang menggunakan warna cerah cenderung akan menarik perhatian daripada pada warna gelap atau netral. Dalam persaingan yang cepat seperti media sosial. Warna cerah akan efektif untuk membuat desain mencolok.
Audiens umumnya akan tertarik dengan tampilan desain yang mencolok. Mata audiens cenderung menangkap desain dengan warna cerah dengan cepat. Menggunakan warna cerah akan efektif untuk menyampaikan pesan dengan efektif.
Gunakan warna cerah dengan bijak terutama dalam memasangkan dia warna cerah dalam satu desain. Jika tidak bijak bisa membuat desain terlihat berantakan dan sulit dibaca. Warna cerah juga sering digunakan agar elemen tertentu lebih menonjol seperti judul.
Mengkomunikasikan Kreativitas
Warna cerah juga sering digunakan untuk mengkomunikasikan kreativitas. Hal ini karena untuk menggunakan warna cerah harus bisa mengkombinasikan dengan menarik. Warna cerah mampu menciptakan desain yang menarik perhatian dan unik.
Beberapa warna cerah yang biasanya memiliki kesan gembira, ceria dan kreatif. Perpaduan warna cerah dapat menciptakan tampilan desain yang kreatif. Warna cerah juga bisa memberikan kesan dinamis dan menyenangkan pada desain yang kreatif. Desain yang memiliki gaya kreatif atau unik akan menggunakan warna cerah atau warna-warni.
Baca juga: Psikologi Warna Biru dalam Desain Logo: Makna dan Penerapannya
Mewakili Merek atau Identitas
Warna cerah juga bisa digunakan untuk merepresentasikan nilai dan karakter dari suatu merek. Untuk identitas merek yang ingin mencerminkan kesan yang ceria, ramah dan menyenangkan, warna cerah akan cocok. Umumnya warna cerah bisa digunakan pada desain yang ingin mencerminkan kesan energik atau ceria.
Desain logo untuk merek anak biasanya menggunakan warna cerah agar memberikan kesan yang ramah pada anak. Warna yang cerah dapat digunakan untuk memberikan kesan energi, sehingga juga sering digunakan pada logo atau kemasan minuman energi. Dalam desain identitas merek warna cerah juga dapat digunakan untuk mencerminkan keberanian dan ambisi merek. Warna ini juga identik dengan kesan anak muda yang energik, sering digunakan dalam desain yang menyasar anak muda.
Memunculkan Emosi Positif
Desain grafis dengan warna cerah juga cocok untuk memberikan kesan positif, merek dapat membangun kesan positif dengan menggunakan warna-warna. Berbeda dengan warna gelap yang bisa memberikan kesan dingin atau suram pada desain. Warna cerah dapat merepresentasikan energi yang positif pada merek, akan cocok untuk tema yang serupa.
Pada berbagai jenis desain seperti poster, kemasan, dan identitas merek, warna cerah akan menciptakan perasaan yang positif, seperti kegembiraan, kebahagiaan dan semangat. Penggunaan warna ini dapat memebangun koneksi emosional yang kuat terutama emosi yang positif. Audiens bisa termotivasi dengan penggunaan warna cerah dalam desain grafis dan bisa mendukung pesan positif yang ingin disampaikan.
Baca juga: Karakteristik dan Penggunaan Warna Merah dalam Desain Grafis
Menyampaikan Pesan yang Berani atau Bersemangat
Warna cerah seperti kuning, oranye dan merah, dapat digunakan untuk menyampaikan pesan desain yang berani dan bersemangat. Pada desain poster bertema olahraga penggunaan warna cerah akan memberikan kesan energik yang sesuai. Warna cerah juga bisa menggambarkan gairah dan semangat pada desain kemasan makanan atau produk.
Desain poster, identitas merek, kemasan, infografis yang ingin menyampaikan pesan yang semangat dan ceria, warna cerah akan bisa mendukung pesan tersebut. Warna-warna cerah cenderung menarik perhatian audiens, sehingga efektif dalam menyampaikan pesan. Ketika warna berhasil menarik perhatian pada desain, maka pesan juga bisa tersampaikan dengan baik ketika menggunakan warna cerah dalam desain produk, kampanye dan lain-lain.
Membuat Kontras dengan Latar Belakang
Ketika warna cerah digunakan sebagai warna teks atau objek dalam desain, ini akan membuat elemen terlihat jelas dan mencolok. Warna cerah dapat menciptakan kontras yang jelas pada elemen. Biasanya warna cerah sering digunakan untuk menyoroti elemen penting karena dapat membuat elemen utama terlihat lebih mencolok.
Elemen penting seperti judul bisa menggunakan warna cerah agar menjadi titik fokus. Ini akan efektif untuk membantu audiens fokus pada pesan penting yang ingin disampaikan. Untuk warna elemen yang cerah, gunakan warna latar belakang dengan warna netral dan gelap, agar elemen terlihat jelas.
Baca juga: Warna Jingga: Makna Psikologi dan Kesan dalam Konteks Desain
Mengarahkan Mata Pembaca
Dalam desain grafis yang memuat banyak elemen, warna cerah dapat digunakan untuk mengarahkan pandangan. Warna yang paling cerah dapat digunakan pada elemen paling penting, sementara untuk elemen lainnya bisa menggunakan warna cerah yang sedikit gelap. Atur gradasi warna cerah untuk mengarahkan hirarki visual, agar audiens bisa lebih mudah memahami pesan desain. Warna cerah dapat digunakan sebagai panduan visual untuk mengarahkan mata pemirsa ke elemen-elemen penting dalam desain, seperti judul, panggilan tindakan, atau informasi yang paling penting.
KESIMPULAN
Dalam memilih warna-warna untuk desain yang ingin menyampaikan pesan bahagia, energik, ceria dan ramah, warna cerah akan cocok. Menggunakan warna cerah dalam desain dapat digunakan untuk menciptakan kesan desain grafis yang ramah dan ceria. Penting untuk memilih warna cerah yang paling sesuai konteks, tujuan dan pesan sehingga efektif.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.