Tren Desain Grafis Dalam Era Modern

Desain grafis terus mengalami perkembangan dan perubahan dalam tren dan gaya desain. Dalam beberapa tahun terakhir desain telah berubah dengan pesat berkat tren teknologi yang juga mengalami perubahan lebih cepat. Tren dalam desain grafis era modern terus berubah dengan cepat, dan sebagian besar perubahan dipengaruhi teknologi.

Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa tren desain grafis berubah dengan cepat. Banyak tren dalam desain grafis yang diciptakan oleh teknologi yang canggih. Tren desain dalam beberapa tahun terakhir pada era modern ini banyak yang mencerminkan teknologi.

Tren desain dalam era modern banyak yang sederhana dan bertema futuristik. Keduanya tren desain tersebut mencerminkan gaya hidup orang modern. Dimana orang moden suka dengan hal-hal sederhana, dan kehidupan yang ditunjang teknologi canggih.

Read More

Tetapi karena perubahan tren dalam desain grafis cukup sepat tidak ada patokan khusus yang membatasi tren. Tren desain juga memiliki banyak variasi dan menyesuaikan pula dengan preferensi pribadi. Untuk menciptakan desain yang relevan penting

Meskipun begitu ada banyak tren desain yang dominan selama beberapa tahun terakhir pada era modern yang banyak digunakan pada berbagai jenis desain. Terdapat beberapa elemen dengan ciri tertentu yang sering digunakan dalam tren akhir-akhir ini.

TREN DESAIN DALAM ERA MODERN

Tren desain dalam era modern ini banyak dipengaruhi oleh perubahan teknologi. Penggunaan elemen desain pada era ini juga mencerminkan gaya hidup orang modern. Simak beberapa tren desain akhir-akhir:

Desain Minimalis

Dalam era modern, desain grafis dengan konsep minimalis dan sederhana kerap menjadi pilihan favorit. Termasuk pada desain logo, desain minimalis dipilih karena mudah diingat sehingga membantu dalam membangun kesadaran merek yang kuat.

Desain yang minimalis ketika diterapkan pada jenis desain lain seperti poster atau postingan sosial media juga akan membantu menyampaikan informasi dengan jelas. Selain itu desain yang sederhana dapat memudahkan audiens fokus pada informasi yang penting.

Untuk menciptakan desain yang minimalis dengan menggunakan elemen yang sederhana, tipografi mudah dibaca, dan adanya ruang putih antar elemen. Hal-hal ini merupakan ciri desain minimalis, desain minimalis tidak terlalu banyak menggunakan elemen dan dekorasi rumit. Ini akan memberikan kejelasan dan fokus pada elemen penting.

Warna Terang dan Neon

Desain era modern ini cenderung menggunakan warna cerah telah menjadi tren baru dan menjadi banyak orang. Sebelumnya desain banyak berfokus pada desain dengan warna monoton dan netral. Penggunaan warna cerah banyak digunakan untuk memberikan nuansa yang menyenangkan.

Selain warna cerah, warna-warna neon juga populer pada era modern ini dimana desain banyak memberikan kesan futuristik. Warna neon digunakan untuk memberikan kesan energik dan futuristik yang menggambarkan era modern.

Efek Glitch dan Distorsi

Tren desain grafis dalam beberapa tahun banyak mencerminkan perubahan teknologi. Ini terlihat dalam penggunaan efek glitch, distorsi atau elemen retro-futuristik pada berbagai desain mulai dari logo, postingan instagram hingga poster promosi.

Penggunaan elemen tersebut dapat menciptakan tampilan desain yang mencerminkan perubahan teknologi. Selain itu, juga menghasilkan tampilan unik dan eksperimental pada desain. Efek glitch dan distorsi kerap digunakan untuk membuat tampilan desain dengan tampilan futuristik seperti pada poster film sci-fic.

Ilustrasi Digital

Saat ini untuk membuat desain ilustrasi banyak menggunakan teknologi karena ilustrasi sekarang banyak digunakan pula untuk berbagai keperluan digital, ini juga membuat pembuatan desain lebih efektif. Ilustrasi digital biasanya dibuat dengan bantuan aplikasi digital untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dan mudah diterapkan pada berbagai media dan platform.

Era modern ini ilustrasi digital banyak dibuat dengan teknik vektor untuk membuat berbagai macam konten pada sosial media, website dan untuk pemasaran. Ilustrasi digital juga banyak digunakan pada buku pelajaran, untuk memvisualisasikan materi dengan lebih baik.

Desain 3D dan Realisme

Teknologi dalam desain terus dikembangkan dan semakin canggih, ini memungkinkan desainer bisa menciptakan desain dengan efek 3D. Dalam beberapa tahun terakhir desain tiga dimensi banyak digunakan, mulai dari untuk desain logo hingga ilustrasi 3D untuk kebutuhan promosi.

Efek 3D akan memberikan desain atau elemen terlihat lebih berdimensi, yang membuat desainnya tampak lebih menarik dan hidup. Penggunaan efek 3D dan elemen realisme juga memberikan kedalaman visual pada desain.

Tipografi Kreatif

Untuk tipografi dalam beberapa tahun terakhir ini banyak dilakukan eksperimen dalam membuat bentuk huruf dan susunannya. Menciptakan tipografi sendiri kerap menjadi pilihan dalam beberapa tahun terakhir untuk menciptakan keunikan pada desain. Melakukan eksperimen pada susunan huruf dilakukan untuk menonjolkan pesan atau informasi tertentu dalam desain.

Animasi Mikro

Desain grafis pada era modern ini banyak yang menggunakan elemen animasi mikro pada desain. Penggunaan animasi yang sederhana dapat memberikan kesan unik dan berbeda pada desain seperti ikon animasi atau perubahan warna dalam skala kecil. Meskipun dalam skala kecil, animasi mikro dapat memberikan dampak untuk meningkatkan desain yang interaktif dan dapat menarik pengguna.

Kombinasi Foto dan Ilustrasi

Mengkombinasikan foto dan ilustrasi pada desain telah menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir. Kombinasi ini dapat menghasilkan desain yang unik, serta dapat membuat desain memiliki tampilan visual yang kreatif. Desain pun akan tampil berbeda dari kebanyakan yang hanya fokus foto atau ilustrasi saja.

Desain Berbasis Tekstur

Penggunaan tekstur dalam desain akan membuat desain memiliki dimensi yang unik. Biasanya pada era modern ini bisa menggunakan tekstur alami atau digital, desain akan memiliki sentuhan yang unik.

Gaya Vintage, Retro dan Y2K

Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat dan kebanyakan desain bertema futuristik, memilih gaya vintage dan retro akan membuat desain tampil segar dan mencolok. Banyak orang mulai bosan dengan konsep futuristik mulai membawa kembali konsep era dulu, ini akan memberikan desain sentuhan estetik dan klasik. Biasanya ini diterapkan pada warna, jenis huruf dan elemen desain yang populer pada jaman dahulu seperti era 90-an atau 2000-an.

Mosaik dan Geometri

Desain grafis era ini juga banyak yang menggunakan konsep mozaik atau menggunakan elemen geometri. Kedua elemen ini mencerminkan teknologi dengan baik, elemen geometri menciptakan kesan minimalis seperti era modern. Mozaik dan geometri juga memberikan tampilan desain yang artistik serta menarik.

Efek Grain dan Noise

Selain penggunaan elemen yang jelas, ada juga tren yang menggunakan efek grain dan noise. Efek noise ini akan memberikan sentuhan klasik pada desain, ini banyak digemari bagi yang ingin menciptakan nuansa klasik pada desain. Tekstur yang kasar dan efek noise membuat desain akan tampil mencolok di tengah desain yang berkualitas tinggi.

KESIMPULAN

Tren dalam desain grafis era modern terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan teknologi dan preferensi audiens. Untuk mengadopsi tren pada desain penting memahami kesesuaian dengan pesan yang ingin disampaikan desain.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan ciptakan desain yang trendi. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts