Tips Untuk Memilih Nama Merek yang Unik dan Efektif

Spread the love

Dalam membangun bisnis atau merek yang kuat penting untuk memilih nama merek yang unik dan beda dari yang lain. Penggunaan nama merek cukup efektif untuk diingat dan dikenali oleh audiens secara luas. Untuk memilih nama merek yang efektif dan mencerminkan kepribadian merek dengan baik ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi.

Tips Untuk Memilih Nama Merek yang Unik dan Efektif

Nama merek merupakan salah satu elemen penting dalam membangun branding. Sehingga tidak boleh dipilih sembarangan, perlu mempertimbangkan jenis desain dan karakter yang ingin diciptakan. Cari inspirasi nama dari berbagai inspirasi, seperti karakter merek, jenis usaha, produk atau nama-nama simbol. 

Nama merek tidak hanya mencerminkan karakter merek, tetapi terkadang disesuaikan jenis usaha. Nama merek bisa universal atau sudah selesai. Pertimbangkan beberapa tips dalam memilih nama merek yang efektif , seperti makna, jenis usaha, dan lain-lain. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

TIPS MEMILIH NAMA MEREK YANG EFEKTIF

Memilih nama merek yang unik akan efektif untuk dikenali dan diingat oleh audiens. Nama yang unik juga bisa membangun brand awareness dan brand recognition. Berikut beberapa tips dalam memilih nama merek unik dan efektif:

Perhatikan Kesesuaian dan Relevansi dengan Bisnis

Nama merek terkadang dipilih karena menyesuaikan dengan bisnis atau produknya. Ini biasanya agar audiens mudah mengenali jenis produk atau layanan dari namanya saja. Manfaatkan nama umum dari produk atau layanan yang dimodifikasi dengan nama baru yang unik. 

Terkadang nama merek bisa gabungan dari dua kata atau lebih, misalnya jenis usaha dan dengan karakter merek. Nama tidak hanya relevan dengan jenis usaha tetapi juga relevan dengan karakter yang ingin diciptakan. Namun hindari juga nama yang terlalu spesifik agar jika bisnis ingin memperluas variasi produk bisa tetap digunakan. 

Terkadang jika nama terlalu spesifik dengan jenis produk tertentu, ini akan menyulitkan jika merek ingin memasuki pasar internasional. Cukup gunakan jenis produk yang umum seperti burger dan pizza jangan spesifik dengan rasanya. 

Jadilah Kreatif

Tips Untuk Memilih Nama Merek yang Unik dan Efektif

Untuk bisa menciptakan nama yang unik, penting untuk kreatif dan inovatif. Menciptakan nama merek bisa mengambil inspirasi dari manapun termasuk internet, film dan lingkungan sekitar. Gunakan nama yang unik mudah dibaca dan diingat untuk membangun branding. 

Berpikirlah diluar kotak untuk menciptakan kata-kata baru yang unik dan mudah diingat. Nama merek bisa menggabungkan beberapa kata dari berbagai bahasa agar berkesan unik. Gabungkan dua kata untuk menciptakan nama unik dan beda dari pesaing. 

Pastikan untuk menggunakan nama-nama yang familiar. Ciptakan kata baru yang unik, dan mudah diingat yang menggambarkan jenis usaha dengan baik. 

Periksa Ketersediaan

Dalam memilih nama merek cek juga ketersediaannya, hal ini untuk menghindari adanya perselisihan nama merek. Lakukan riset untuk memastikan nama merek yang dipilih tidak memiliki kesamaan dari warna lain. Ini penting agar nama merek tidak mirip atau sama dengan nama merek lain. 

Jika menggambarkan nama yang sama ini bisa menyebabkan masalah hukum nantinya. Cek ketersediaan di internet, media sosial dan laman yang tak cipta. Pastikan  nama merek yang dipilih belum dipakai pada induksi yang sama ataupun berbeda. 

Baca juga: Inspirasi Nama Bisnis dan Tema Desain dari Mitologi Yunani

Perhatikan Pengucapan dan Penulisan yang Mudah

Estetika dan keunikan desain memang penting tetapi perhatikan juga pengucapan dan penulisan nama merek. Terkadang jika nama merek menggunakan nama lain ini bisa membuat merek menjadi sulit dikenali. Penggunaan nama merek yang sulit dibaca tidak akan efektif untuk merek dikenali dan diingat oleh audiens. 

Nama merek yang sulit untuk ditulis juga seringkali terjadi salah tulis, yang mana bisa membuat kesalahpahaman. Kesulitan dalam mengucapkan dan mengeja nama merek akan kurang efektif untuk diingat konsumen. Sulit diucapkan bisa membuat audiens kesulitan mencari merek. Hindari menggunakan nama dari bahasa yang memiliki pengucapan sulit dan istilah dengan ejaan yang rumit. 

Perhatikan Domain dan Media Sosial

Tips Untuk Memilih Nama Merek yang Unik dan Efektif

Dalam era digital penting juga bagi suatu merek menggunakannya media sosial dan platform digital untuk membangun merek. Untuk itu cek juga ketersediaan domain dan username dari nama merek. Ini juga membantu untuk mengecek apakah nama merek sudah digunakan atau belum. 

Cek ketersediaan nama merek, untuk digunakan sebagai nama domain atau username platform digital. Jika sudah ada bisa diganti atau mengubah sedikit nama mereknya. Hal ini agar tidak membingungkan audiens ketika mencari nama merek di media sosial dan platform digital. Penting untuk membangun kehadiran online yang kuat pada era digital ini.

Baca juga: Branding Era Modern: Elemen Utama yang Berperan Penting

Pastikan Nama Sesuai dengan Bahasa dan Budaya

Ketika memilih nama merek penting juga untuk memastikan nama tidak memiliki arti negatif atau terdengar aneh dalam budaya atau bahasa tertentu. Terutama untuk dalam berbagai budaya dan bahasa. Jika merek ingin memperluas rencana untuk memasuki pasar global, pastikan untuk menggunakan nama yang universal. 

Dalam beberapa budaya nama tertentu bisa memiliki makna atau kesan yang negatif. Untuk itu perlu menggunakan nama yang sekiranya tidak memiliki makna atau konotasi negatif dalam bahasa lain. Penting untuk memahami berbagai makna dari kata tertentu dari bahasa tertentu juga untuk memastikan makanya tidak negatif. 

Jangan Terlalu Panjang

Hindari juga menggunakan nama merek yang terlalu panjang karena akan sulit diingat. Meskipun nama merek akan disingkat, tetapi saja audiens akan sulit mengetahui kepanjangan dari inisial tersebut. Nama yang terlalu rumit atau menggunakan kata yang sulit dipahami oleh masyarakat umum juga tidak efektif dalam branding. 

Usahakan untuk menggunakan nama yang singkat dan mudah untuk diingat. Nama singkat yang unik akan mudah diingat dan diidentifikasi oleh audiens. Penggunaan nama merek yang panjang juga bisa menyulitkan untuk digunakan dalam berbagai konteks. 

Baca juga: Tips Menciptakan Headline Konten Merek yang Menarik

Perhatikan Emosi yang Diciptakan

Tips Untuk Memilih Nama Merek yang Unik dan Efektif

Terkadang nama atau kata tertentu dapat menciptakan kesan atau emosi tertentu. Perhatikan hal ini agar emosi atau perasaan yang diciptakan nama merek sesuai dengan karakter merek. Pilihlah nama yang bisa menciptakan asosiasi positif dan meningkatkan daya tarik merek. 

Kata tertentu yang digunakan sebagai nama merek bisa memberikan kesan ramah, kaku atau elegan. Nama yang dipilih harus disesuaikan pula dengan karakter merek. Gunakan nama yang menarik dan menciptakan emosi yang tepat. 

KESIMPULAN

Dalam memilih nama merek, perhatikan beberapa hal dan tips penting agar nama merek akan mudah dikenali dan diingat oleh audiens. Memilih nama merek biasanya mempertimbangkan pula jenis usaha, industri hingga maknanya. Biasanya juga memerhatikan agar nama merek mudah dibaca, diingat sehingga mudah dikenali oleh audiens. Gunakan nama merek yang unik, relevan, dan efektif untuk meningkatkan daya tarik merek dan memudahkan pengenalan nama merek. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts