Tips Menggunakan Ikon Relevan pada Desain Logo Makanan

Setiap brand makanan biasanya menggunakan ikon yang merepresentasikan bisnis tersebut. Banyak desain logo makanan yang menggunakan ikon makanan untuk memudahkan konsumen mengenali produk bisnis. Ketika merancang logo makanan penting untuk menggunakan ikon yang relevan pada desain logo agar mencerminkan bisnis dengan baik. 

Desain logo makanan yang membutuhkan ikon logo biasanya akan menggunakan ikon makanan, alat makan, hingga karakter unik. Ikon logo yang relevan akan efektif dikenali oleh konsumen dengan cepat. Agar brand makanan tampil efektif, pastikan memilih ikon yang relevan. 

TIPS MENGGUNAKAN IKON LOGO MAKANAN

Logo untuk bisnis makanan akan jauh lebih efektif jika menggunakan logo makanan atau alat makan daripada ikon abstrak atau inisial nama bisnis. Untuk merancang logo makanan yang menarik, perhatikan beberapa tips ini ketika menggunakan ikon logonya:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Menggunakan Ikon Sesuai Jenis Bisnis Makanan

Penggunaan ikon logo ini akan membantu audiens mudah mengenali produk yang dijual oleh bisnis makanan tersebut. Ikon logo berupa gambar makanan sesuai produk unggulan bisnis akan memudahkan identifikasi konsumen. Pastikan gambar makanan jelas dan tidak membingungkan agar mudah dikenali oleh konsumen. 

Gambar makanan untuk ikon logo bisa dibuat sederhana atau mendetail seperti logo karakter. Logo makanan sederhana akan membuat logo lebih fleksibel seperti logo burger king. Jika logo makanan dibuat mendetail biasanya akan tampil lebih menggugah selera dan meningkatkan daya tarik. 

Gunakan Ikon Logo Alat Makan

Ikon yang bisa mencerminkan desain brand makanan, biasanya dapat menggunakan pula ikon logo alat makan. Logo brand makanan dengan alat makan akan efektif dikenali audiens sebagai bisnis makanan. Biasanya ikon alat makan yang digunakan akan menyesuaikan dengan produk bisnis. 

Terkadang untuk bisnis makanan dimsum atau sushi akan menggunakan ikon sumpit atau wadah bambu dimsum. Sementara untuk ikon logo garpu dan sendok sering mencerminkan logo untuk restoran makanan. Beberapa ikon alat makan yang umum digunakan seperti sendok, garpu, tudung saji, dan baskom nasi. 

Baca juga: 7 Desain Logo Brand Makanan Unik dan Terbaru

Menggunakan Style Ikon yang Sederhana

Untuk tujuan bisnis makanan agar mudah dikenali dan diingat sebaiknya menggunakan ikon yang sederhana. Meski logo makanan yang mendetail akan terlihat menggugah selera tetapi logo yang sederhana akan lebih fleksibel. Pilih bentuk logo sederhana tetapi relevan dengan produk bisnis makanan tersebut. 

Bentuk ikon makanan tidak harus mendetail, gambar sederhana dengan gaya desain outline akan fleksibel. Ikon alat masak juga biasanya memiliki bentuk sederhana sehingga bentuk ikon akan terlihat jelas. Logo yang sederhana akan membuat logo mudah digunakan untuk desain kemasan hingga desain banner pada ukuran kecil. 

Pilih Ikon Relevan yang Mudah Dikenali

Agar desain logo efektif penting untuk menggunakan ikon logo yang mudah dikenali. Ikon logo yang rumit atau tidak umum mungkin akan membingungkan konsumen. Pastikan ikon logo makanan mudah dikenali sehingga bisnis makanan bisa membangun brand yang kuat. 

Hindari menggunakan ikon logo abstrak untuk bisnis makanan karena tidak relevan dan cocok dengan jenis produk. Pastikan desain logo yang menggunakan ikon makanan juga memiliki bentuk desain yang jelas. Jika desain tidak jelas, meski menggunakan ikon makanan akan sulit dikenali oleh audiens. 

Baca juga: Desain Logo Makanan dan Fashion untuk Joko

DESAIN LOGO MAKANAN DENGAN IKON YANG UNIK

Ada banyak pilihan ikon logo untuk digunakan dalam bisnis makanan termasuk ikon makanan, alat makan hingga topi chef. Pastikan ikon yang dipilih dapat merepresentasikan identitas merek dengan baik. Berikut contoh desain logo untuk bisnis makanan dengan ikon logo menarik:

Desain Logo Di-Nasi-in

Tips Menggunakan Ikon Relevan pada Desain Logo Makanan

Pada desain logo tersebut ikon yang digunakan mencerminkan jenis bisnis yaitu menggunakan wadah nasi dan gambar nasi. Bentuk ikon logo tersebut sederhana sehingga bisa mudah dikenali oleh audiens. Ikon logo bakul nasi akan merepresentasikan jika bisnis makanan menjual produk tersebut. 

Pemilihan ikon logo berupa makanan tersebut dengan mempertimbangkan kemudahan audiens mengenali jenis bisnis. Ikon logo juga relevan dengan nama merek sehingga bisa membangun identitas brand yang kuat. Logo dengan ikon sederhana tersebut juga akan fleksibel untuk digunakan dalam berbagai ukuran. 

Desain Logo Dapur 38

Bisnis makanan juga kerap kali menggunakan ikon yang merepresentasikan resto atau alat makan seperti tudung saji. Pada logo untuk Dapur 38 tersebut penggunaan ikon tudung saji dikombinasikan dengan bentuk dua garis menyilang. Garis menyilang segitiga terlihat seperti atap dapur sehingga mencerminkan nama bisnis dengan baik. 

Warna hitam dan bentuk ikon yang sederhana memudahkan desain logo untuk diingat dan diidentifikasi oleh konsumen. Penggunaan ikon tudung saji tersebut memudahkan audiens untuk mengenali jika logo tersebut untuk bisnis makanan. 

Desain Logo Bandeng Njerit

Tips Menggunakan Ikon Relevan pada Desain Logo Makanan

Salah satu ikon logo yang umum dalam bisnis makanan adalah penggunaan logo karakter dari bahan makanan. Bisnis makanan pada logo tersebut terlihat menjual makanan dengan bahan ikan bandeng sehingga relevan dengan ikon logo yang digunakan. Untuk meningkatkan daya tarik ikon logo dibuat dalam bentuk karakter hewan yang ekspresif. 

Penggunaan ikon logo bandeng tersebut efektif untuk mencerminkan produk makanan dari bisnis. Bentuk logo karakter membuat logo tampil menarik dan beda dari logo bisnis makanan lainnya. Karakter yang mendetail tersebut akan mudah diingat dan dikenali karena tampil ekspresif. 

Baca juga: Peran Ikon Logo Makanan yang Menggugah Selera

Desain Logo Seven Day Happiness

Tips Menggunakan Ikon Relevan pada Desain Logo Makanan

Ikon logo untuk bisnis makanan Chinese tersebut menggunakan ikon berupa sumpit, yang mana dapat mencerminkan bisnis dengan baik. Kebanyakan makanan Chinese akan dimakan menggunakan sumpit, sehingga dengan melihat sumpitnya saja konsumen bisa tahu. Meski makanan Jepang dan Korea juga menggunakan sumpit, adanya aksara mandarin membuat logo semakin jelas. 

Ikon logo yang mengkombinasikan tudung makanan, sumpit dan aksara China tersebut mencerminkan makanan Chinese dengan baik. Bentuk ikon logo yang sederhana akan memudahkan audiens mengenali bentuk sumpit. Pastikan jika menggunakan ikon logo sumpit relevan dengan jenis bisnis makanan agar mudah dikenali. 

Desain Logo Brocho

Untuk bisnis makanan dessert, ikon logo juga harus merepresentasikan jenis produk bisnis agar relevan. Bisnis makanan selalu umum menggunakan ikon logo makanan andalan dari bisnis untuk merepresentasikan identitas bisnis. Pada bisnis dessert tersebut, ikon logo makanan brownies atau kue mencerminkan jenis bisnis dessert. 

Ikon logo terlihat sederhana tetapi masih bisa dikenali dan memudahkan merek membangun branding. Hindari menggunakan gambar yang ambigu atau tidak jelas karena bisa membingungkan audiens. Warna coklat tersebut memperjelas gambar sederhana untuk mencerminkan dessert yang manis. 

KESIMPULAN

Untuk dapat menciptakan logo makanan yang efektif, perhatikan beberapa tips menggunakan ikon relevan untuk bisnis makanan. Desain logo untuk brand makanan yang memiliki ikon relevan akan mudah dikenali oleh audiens. Ikon logo yang relevan dan merepresentasikan jenis bisnis biasanya menggunakan ikon makanan dan alat makan. Penting ikon logo yang relevan dengan jenis bisnis agar mudah dikenali jenis bisnisnya oleh konsumen. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.