Teknologi terus dikembangkan dan semakin canggih, hal ini juga membantu dalam proses penciptaan desain. Dalam pembuatan konten digital, teknologi membantu menciptakan konten yang menarik seperti animasi. Animasi banyak digunakan untuk membuat konten, maka dari itu penting untuk memperhatikan desain animasi yang efektif untuk konten.
Desain animasi cukup efektif untuk menarik perhatian, ketika digunakan pada platform online untuk berbagai kebutuhan seperti pemasaran. Konten yang cenderung lebih interaktif daripada konten status ini meningkatkan juga keterlibatan audiens.
Ketika animasi lebih interaktif ini bisa dengan mudah menyampaikan pesan. Pesan akan tersampaikan dengan cara kreatif dan lebih jelas. Inilah mengapa animasi kerap dijadikan pilihan untuk menciptakan konten digital yang interaktif dan dapat menarik perhatian.
Dalam artikel ini kita membahas bagaimana menciptakan desain animasi yang interaktif dan efektif menyampaikan pesan. Dengan mengetahui beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika menciptakan animasi untuk konten digital.
BEBERAPA TIPS MENCIPTAKAN DESAIN ANIMASI YANG EFEKTIF
Ada beberapa hal berbeda yang perlu dipahami dari desain ilustrasi biasa ketika ingin menciptakan animasi yang efektif. Berikut ini beberapa tipsnya:
Pahami Tujuan Konten Milikmu
Ketika ingin menggunakan animasi pada konten digital, penting untuk memahami terlebih dahulu apa tujuan dari konten milikmu. Apakah penggunaan animasi pada desain konten akan efektif dan sesuai tujuan konten. Ini akan mempengaruhi pesan dan informasi yang ingin disampaikan dalam konten.
Tentukan tujuan konten apakah untuk konten milikmu untuk menyampaikan informasi, menaikkan interaksi audiens, atau hanya untuk menarik perhatian. Ini penting agar nantinya dapat mendesain animasi yang efektif sesuai kebutuhan konten.
Memahami tujuan akan memudahkan desainer menciptakan animasi sesuai tujuan, sehingga animasi dapat menyampaikan pesan secara efektif dan menarik perhatian audiens.
Desain Sederhana Tetapi Bermakna
Jika animasi digunakan dalam menyampaikan pesan, desainnya bisa dibuat dengan lebih sederhana namun tetap efektif dan bermakna. Agar pesan tersampaikan dengan baik desain sederhana bisa menjadi pilihan, sehingga audiens bisa fokus pada pesan atau informasi.
Animasi dengan desain sederhana dapat difokuskan pada gerakan, yang bisa menyoroti perubahan pada pesan penting. Terkadang animasi yang rumit bisa menarik perhatian tetapi dapat membuat audiens tidak fokus pada pesannya.
Konsistensi pada Identitas Merek
Dalam menciptakan animasi penting untuk memperhatikan konsistensi desain yang bisa menghubungkan dengan identitas merek. Desain animasi yang memiliki identitas merek didalamnya akan membantu membangun branding yang kuat.
Desain yang konsisten akan membuat merek terlihat konsisten. Ini bisa dilakukan dengan mengatur elemen desain sesuai dengan identitas merek. Mulai dari penggunaan palet warna, tipografi, dana elemen visual lainnya yang terkait dengan identitas merek.
Pastikan pada semua desain konten animasi menggunakan palet warna yang sama dan juga identitas merek lainnya. Hal ini dapat dijadikan ciri khas konten dan dapat membangun konsistensi merek. Orang dapat langsung mengenali desain animasi ketika melihat warnanya karena sesuai dengan identitas merek.
Perhatikan Kecepatan Animasi
Pada desain animasi kecepatan gerakan animasi sangatlah penting, karena memengaruhi penyampaian informasi dan pesan merek. Gerakan animasi harus diatur sedemikian rupa dengan mempertimbangkan apakah audiens bisa memahami pesan animasi dalam waktu singkat atau tidak.
Animasi yang menggunakan teks atau subtitle harus memperkirakan waktu pembacaan, agar tulisan bisa dibaca audiens. Atur kecepatan lambat agar informasi dapat dipahami audiens, namun cukup cepat untuk meningkatkan interaksi dengan audiens.
Fokus pada Narasi Visual
Biasanya animasi digunakan untuk menyampaikan narasi dan cerita dalam bentuk visual yang bergerak. Hal ini bertujuan agar animasi dapat dipahami lebih mudah dan dalam bentuk yang menarik. Banyak orang cenderung suka dengan tampilan visual dari sekedar teks biasa.
Pastikan desain karakter atau elemen bisa mencerminkan pesan cerita dengan baik. Penting juga memperhatikan gerakan atau urutan gerakan animasi agar menciptakan alur cerita yang logis. Alur animasi yang jelas akan membantu cerita tersampaikan pada audiens.
Desain yang Interaktif dengan Pengguna
Animasi biasanya dibuat agar bisa membangun interaksi yang kuat dengan audiens, maka dari itu dalam membuat desainnya penting memperhatikan penggunaan elemen interaktif. Misalnya elemen tombol, slider atau efek hover, penggunaan elemen ini dapat meningkatkan interaksi dengan audiens.
Elemen interaktif akan membuat desain animasi lebih menarik, dan memberikan pengalaman unik pada audiens. Membangun interaksi pengguna juga berguna menciptakan citra positif untuk merek.
Responsif terhadap Perangkat
Dalam dunia desain konten digital, responsif pada semua perangkat adalah hal utama termasuk konten animasi. ketika menciptakan desain animasi penting memastikan konten mudah diakses pada berbagai ukuran layar perangkat yang berbeda.
Selain itu menyesuaikan ukuran platform juga penting, terkadang desain perlu membuat animasi dengan dua ukuran berbeda potrait dan landscape. Desain animasi yang responsif akan memberikan kenyamanan pada pengguna dalam mengakses konten. Maka dari itu penting memastikan animasi tetap terlihat menarik dan efektif menyampaikan informasi pada semua jenis perangkat.
Gunakan Suara dengan Bijak
Terkadang animasi ada yang membutuhkan audio untuk menyampaikan narasi atau cerita dengan lebih menarik dan efektif. Pastikan audio cocok dengan pesan atau karakter dalam animasi, selain itu penambahan background audio untuk menciptakan suasana tidak mengganggu suara karakter. Penambahan audio harus bisa memberikan nilai tambah dan membuat desain animasi semakin menarik.
Optimalkan untuk Kecepatan Pemuatan
Berbeda dengan desain yang berupa gambar statis, desain animasi biasanya ukurannya jauh lebih besar dan membutuhkan waktu lama untuk memuat. Untuk itu pastikan ukuran animasi tidak terlalu besar dan membuat sulit untuk dimuat pada jaringan yang kurang stabil. Optimalkan kecepatan muat dengan mengatur kualitas gambar dan durasi animasi, agar animasi mudah diakses dengan cepat meski pada jaringan internet yang lambat.
KESIMPULAN
Animasi banyak digunakan untuk konten digital di sosial media pada era digital ini karena efektif untuk menyampaikan pesan atau informasi. Penggunaan animasi untuk konten dapat meningkatkan daya tarik audiens dan membangun branding. Desain animasi yang menggunakan elemen desain yang mencerminkan identitas merek dapat membangun branding merek yang kuat. Dengan mempertimbangkan beberapa hal penting dalam menciptakan desain yang efektif untuk konten digital diatas, akan berguna menyampaikan pesan atau narasi dengan efektif.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.