Tips Mengatur Tipografi Yang Unik dan Menarik

Dalam menciptakan desain terdapat banyak elemen yang digunakan termasuk tipografi atau jenis huruf ini bisa memengaruhi tampilan visual desain. Jenis huruf yang unik dan menarik dapat meningkatkan daya tarik pada desain. Agar tidak terlihat monoton dan membosankan ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatur tipografi dengan cara unik.

Meskipun sudah ada banyak jenis huruf dan gaya teks, mengkreasikan tipografi dan mengaturnya dengan cara unik dapat membuat desain tampil lebih menarik. Terutama dalam desain yang memberikan berisi banyak informasi seperti poster dan konten sosial media, penggunaan variasi tipografi akan membuat desain tidak monoton.

Ada banyak cara untuk mengatur tipografi mulai dari variasi ukuran, warna, jenis huruf, hingga tata letak. Terkadang penataan jenis tulisan dapat membentuk hirarki informasi yang penting dan membentuk alur informasi yang mudah dipahami audiens.

Read More

Tidak hanya pada desain untuk konten atau poster, mengatur variasi tipografi yang unik juga digunakan untuk desain logo. Desain logo yang menggunakan nama merek harus dibuat unik dan berbeda dari huruf yang sudah ada. Ada banyak sekali manfaat pada desain dengan mengkreasikan tipografi seunik mungkin.

Simak beberapa tips dalam artikel ini, untuk mengkreasikan, mengatur, dan tata letak tipografi agar tercipta desain yang unik dan menarik, sehingga tampilan desain tidak membosankan.

BEBERAPA TIPS MENCIPTAKAN TIPOGRAFI YANG UNIK

Sementara gaya teks cakupannya luas, tipografi ini berfokus pada mengatur ukuran, spasi, pemilihan huruf dan penataan teks. Berikut beberapa tips mengatur tipografi yang menarik:

Gunakan Variasi Ukuran Teks

Salah satu cara agar tipografi terlihat mencolok dan memiliki sedikit dimensi yaitu dengan pemberian variasi ukuran yang berbeda pada satu lembar desain. Pemberian ukuran teks yang berbeda juga bertujuan untuk menciptakan hirarki informasi dimana diantara beberapa teks yang memiliki standar kepentingan yang berbeda.

Variasi ukuran ini biasanya digunakan untuk judul, sub judul dan teks lainnya. Biasanya judul akan dibuat dengan ukuran yang jauh lebih besar dari lainnya, dengan tipografi mencolok yang disesuaikan tema. Sementara sub judul akan menggunakan ukuran lebih kecil, dan teks yang lainnya lebih kecil lagi, meskipun kecil pastikan tetap mudah dibaca.

Perbedaan variasi ukuran ini menciptakan teks dengan tampilan kontras yang unik, dan membuat hirarki antar teks, dimana judul dapat menjadi yang pertama dilihat karena ukurannya paling besar. Desain tidak akan monoton dengan perbedaan ukuran dari teks.

Ciptakan Kontras Gaya

Untuk menciptakan tampilan tipografi yang unik, gunakan variasi jenis huruf yang berbeda, ini bisa dilakukan pada jenis ukuran yang berbeda. Gunakan jenis huruf yang berbeda pada judul sub judul dan teks lainnya.

Pada ukuran yang besar gunakan tipografi yang unik tidak masalah dan akan tetap bisa dibaca, sementara pada ukuran teks yang lebih kecil gunakan jenis huruf yang sederhana agar terbaca dengan jelas. Misalnya judulnya menggunakan huruf script pada judul dan serif atau sans serif pada sub judulnya.

Meskipun mengkombinasikan warna akan menciptakan dimensi yang unik pada desain. Penting untuk memilih kecocokan antara jenis-jenis huruf yang dikombinasikan, sehingga desainnya tetap terlihat menarik.

Atur Spasi dengan Bijak

Untuk mengatur jarak antar tulisan pada desain ada dua cara yaitu kerning dan leading. Kerning mengatur spasi atau jarak antar huruf, sedangkan leading mengatur jarak antar baris tulisan. Mengatur jarak antar huruf dan baris harus dilakukan secara berhati-hati.

Jarak antar kata, huruf hingga baris dapat memengaruhi keterbacaan informasi, sehingga memudahkan informasi dicerna oleh audiens. Ini juga memberikan tampilan desain yang bersih dan tampak rapi. Jarak antar tulisan juga dapat memberikan titik fokus pada informasi yang lebih penting, teks yang terlalu berdempetan tata letaknya akan sulit dibaca dan bisa membuat pembaca pusing.

Gunakan Warna Teks yang Kontras

Mengatur tipografi agar unik pada sebuah desain juga dipengaruhi oleh penggunaan warna. Variasikan warna pada setiap jenis huruf pada teks yang berbeda ukuran atau teks yang perlu diberi sorotan, Ini akan membantu menciptakan kontras.

Utamanya pada judul dan teks penting, gunakan warna kontras daripada warna latar belakang atau warna teks lainnya. Ini akan membantu menciptakan perbedaan elemen teks yang penting, sehingga pembaca bisa fokus pada warna teks yang kontras tersebut.

Terkadang warna teks dalam satu kalimat yang berisi beberapa kata dibuat dengan warna berbeda, untuk memberikan sorotan pada satu atau dua kata penting. Terkadang pada satu atau dua kata tersebut diberi highlight spidol dan warna berbeda untuk menyoroti bagian tersebut. Ini juga membuat tampilan desain semakin menarik.

Berani Lakukan Eksperimen dengan Warna dan Efek

Untuk menciptakan tipografi yang unik dan menarik, bisa juga dengan berani melakukan kreasi atau eksperimen pada warna dan penggunaan efek tertentu. Kreasikan dengan warna teks mencolok seperti neon, tambahkan bayangan pada teks, dan efek lainya seperti transparan blur atau gradasi warna.

Melakukan kreasi seperti ini akan memberikan sentuhan kreatif pada tipografi dan membuat tampilan desain lebih menarik perhatian. Dalam melakukan kreasi yang kreatif pastikan juga bahwa eksperimen pada teks tersebut tidak memengaruhi keterbacaan dan mengganggu tampilan.

Atur Tata Letak Teks yang Kreatif

Agar tampilan teks lebih unik dan menarik, jangan menggunakan susuna monoton yang biasa digunakan. Cobalah untuk mengkreasikan tata letak teks, bisa dengan membuat teks mengikuti bentuk sesuatu. Misalnya teks ditata melingkari sebuah lingkaran, atau mengikuti bentuk geometris lainnya dengan melengkungan bagian teks mengikuti bentuk geometrinya.

Perhatikan Konsistensi Teks

Meskipun dalam satu desain terdapat banyak variasi ukuran, warna dan jenis huruf, penting untuk memastikan elemen-elemen pada teks tersebut konsisten. Misalnya bisa menggunakan tipografi berbeda pada judul sementara untuk poin informasi yang sama bisa menggunakan jenis huruf yang sama. Ini bisa menciptakan konsistensi dan keteraturan pada desain.

Gunakan Aksen dan Ornamen pada Jenis Huruf

Biasanya untuk menciptakan bentuk huruf yang unik bisa dilakukan dengan menambahkan aksen dan dekorasi pada huruf. Pada ujung huruf bisa ditambahkan desain garis bawah, hiasan melengkung, atau elemen untuk mendekorasi lainnya. Pastikan penambahan dekorasi atau hiasan pada huruf masih sesuai dengan tema desain.

Perhatikan Keselarasan Warna dan Tema

Penting juga memastikan bahwa warna huruf sesuai dengan tema desain yang ingin diciptakan. Warna yang selaras dengan tema akan menciptakan kesan yang unik sesuai tem dan membuat desain tampil konsisten.

KESIMPULAN

Tipografi sebagai jenis huruf yang bisa memberikan tampilan menarik pada desain, juga merupakan bagian dari karakter dan identitas dari merek. Terkadang untuk menciptakan ragam tipografi yang unik dan menarik tetap perlu memastikan kesesuaian dengan tema atau identitas merek. Menciptakan dan mengatur variasi tipografi yang unik akan membuat tampilan desain semakin menarik dan bisa memikat perhatian audiens.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts