Tips Memilih Font Sesuai dengan Tujuan Desain

0
(0)

Dalam desain, font atau tipografi memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi dan memberikan nuansa tertentu. Penting untuk memilih font sesuai dengan kebutuhan dan konsep desain. Untuk itu penting memperhatikan tips dalam memilih font dengan tepat.

Tujuan utama tipografi pada desain untuk menyampaikan informasi dan menciptakan identitas merek, maka penting menggunakan font yang jelas sesuai dengan karakter merek. Meskipun terkadang pemilihan gaya font disesuaikan preferensi pribadi. Tetapi memilih dengan tepat sesuai konsep akan jauh terlihat lebih menarik.

Adanya keselarasan antara jenis font dan desainnya akan menciptakan desain seimbang. Desain akan menyampaikan pesan dengan efektif dan mudah dipahami.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Penggunaan tipografi kreatif dan rumit juga sering jadi pilihan untuk meningkatkan daya tarik visual. Tetapi jika diterapkan pada desain logo atau pemasaran dapat membuat desainnya sulit dibaca. Biasanya tipografi yang rumit digunakan untuk keperluan kreatif dan bukan komersial.

Dalam mendesain penting untuk memilih gaya tulisan yang dapat menyampaikan pesan sesuai tujuan desain. Ini sehingga ini akan menciptakan suasana atau mood sesuai konsep desain. Simak beberapa tips menarik terkait memilih sesuai dengan tujuan desain pada penjelasan artikel ini.

TIPS MEMILIH FONT SESUAI DENGAN TUJUAN DESAIN

Pemilihan font ini cukup krusial sehingga tidak dapat sembarangan disesuaikan dengan preferensi pribadi namun tidak cocok dengan konsep desain. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih gaya font yang disesuaikan dengan tujuan desain. Berikut beberapa tipsnya:

Memahami Tujuan Desain

Penting untuk memahami tujuan desain, ini akan membantu pula memilih yang sesuai dengan tujuannya. Apakah desain digunakan sebagai identitas merek, menyampaikan informasi, atau meningkatkan daya tarik visual.

Mengetahui tujuan desain akan membantu memilih font yang bisa membuat desain mencapai tujuannya. Misalnya untuk identitas merek berarti harus disesuaikan dengan bentuk jenis logo dan jenis usaha yang ditawarkan merek. Penggunaan font harus jelas dan sesuai dengan identitas merek yang ingin dibangun.

Setiap tujuan desain biasanya membutuhkan jenis font yang berbeda, misalkan untuk tema masa depan, menggunakan font yang tegas. Untuk desain tema retro akan menggunakan font zaman dahulu.

Pesan yang Ingin Disampaikan

Ketika desain memiliki tujuan maka kemudian akan muncul pesan yang ingin disampaikan. Mengidentifikasi pesan dari desain juga bisa membantu untuk memilih font.

Biasanya suatu merek ingin menyampaikan pesan tertentu pada audiens dan bisa melalui jenis font. Jenis tipografi dapat memengaruhi penciptaan mood yang dirasakan oleh audiens. Ini akan memengaruhi pandangan pelanggan terhadap merek.

Gaya font dapat menciptakan nuansa tertentu misalnya ramah, profesional, serius atau kreatif. Tentukan pesan dan karakter merek untuk memilih yang tepat. Font yang tegas akan cocok menggambarkan pesan profesional merek.

Gaya dan Karakteristik Font

Font memiliki banyak sekali jenis dan modelnya, setiap jenis font memiliki karakteristik tersendiri yang dapat memengaruhi nuansa desain. Gaya font terkadang dapat mencerminkan suatu zaman, misalnya font yang dengan gaya futuristik, modern dan masa depan cenderung memiliki ciri minimalis sederhana.

Karakter font dapat menunjukkan karakter merek. Pilih font yang memiliki karakteristik yang cocok dengan karakter merek. Misalnya font sedihmu yang memiliki kesan formal dan tradisional ketika digunakan atau font tanpa serif lebih terlihat modern.

Konsistensi dengan Identitas Merek

Font yang dipilih pada desain harus memiliki keterkaitan dengan identitas merek. Jika perlu gunakan font yang konsisten dan samakan dengan jenis font pada identitas merek.

Adanya konsistensi pada desain identitas merek dengan desain lainnya akan menciptakan harmonis dan membangun identitas yang kuat. Penggunaan font yang konsistensi sangatlah penting dalam membangun identitas merek.

Jika font diubah terus menerus ini akan membuat desain tidak konsistensi dan membuat merek memiliki kesan plin-plan. Ini dapat memengaruhi kepercayaan pelanggan pada merek.

Keberlanjutan dengan Tema

Biasanya suatu desain memiliki tema khusus, sehingga penting juga untuk menggunakan yang disesuaikan dengan tema khusus. Ini akan membuat desain tampak lebih menarik.

Gunakan font yang sesuai dengan tema desain, jika tema futuristik gunakan font futuristik. Atau jika desain bertema elegan gunakan font yang memberikan kesan elegan. Font dengan elemen dekoratif mungkin dapat membantu menciptakan desain yang tampil lebih artistik atau kreatif.

Keterbacaan

Untuk menyampaikan pesan desain, font juga harus meningkatkan keterbacaan. Gunakan font yang mudah dibaca dan jelas, ini agar memudahkan audiens membaca informasi pada desain.

Terutama pada desain yang memiliki teks cukup panjang dan banyak poin yang disampaikan seperti poster. Penting untuk memilih font yang jelas, sederhana tanpa ornamen rumit. Ini karena pesan harus tersampaikan dengan jelas.

Warna dan Kontras

Pada saat memilih font, penting juga untuk memilih warna yang sesuai dengan latar belakang. Ini akan memengaruhi kejelasan tulisan pada desain. Biasanya warna font terkadang disesuaikan dengan identitas merek.

Namun jika warna tidak cocok dan membuat tulisan tidak terlihat, gunakan warna font netral seperti hitam atau putih. Warna font dapat memengaruhi tingkat keterbacaan, untuk itu pilih font yang sederhana agar mudah dibaca dalam warna apapun.

Ukuran Font

Ketika memilih font pertimbangkan ukuran fontnya juga, perhatikan kebutuhan desain untuk ukuran font seberapa besar. Terkadang ada font yang sulit dibaca pada ukuran kecil, sehingga penting memilih font yang bisa beradaptasi pada berbagai ukuran. Termasuk penting g memilih font yang bisa beradaptasi pada berbagai ukuran media dan perangkat.

Pertimbangkan Penggunaan Lebih dari Satu Font

Pada desain yang menyampaikan banyak informasi seperti poster atau banner, untuk memberikan dimensi desain yang unik gunakan font lebih dari satu jenis. Misalnya judul utama dan poin-poin penting lainnya berbeda.

Biasanya ini digunakan untuk memberikan sorotan pada kalimat tertentu agar terlihat mencolok. Penggunaan font yang berbeda bisa memberikan sorotan pada informasi penting, sehingga bisa langsung terlihat oleh audiens.

Tetapi perlu berhati-hati dalam memilih jenis font yang berbeda agar tetap serasi satu sama lain. Terlalu banyak variasi dapat membuat desain terlihat penuh.

Adaptasi untuk Media

Pertimbangkan penggunaan desain ketika akan memilih font agar desain dapat terlihat jelas pada berbagai media. Font tertentu terkadang sulit dibaca saat dicetak, maka dari itu penting memerhatikan apakah font yang digulingkan responsif atau tidak pada tujuan desain.

KESIMPULAN

Meskipun penting untuk menyesuaikan font dengan jenis dan tujuan desain, sebenarnya tidak ada aturan baku dalam memilih font. Dalam dunia desain memilih font yang tepat bisa dilakukan sesuai dengan pandangan desainer. Keputusan pemilihan font apakah sudah tepat atau tidak biasanya bergantung intuisi atau perasaan. Yang paling utama adalah font harus mendukung pesan tersampaikan dengan jelas.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts