Tips Membuat Desain Proposal Yang Menarik

Proposal merupakan dokumen yang digunakan untuk banyak hal dalam bisnis. Dokumen biasanya digunakan untuk menyusun visi, misi atau tujuan bisnis untuk keperluan tertentu. Desain proposal didesain yang bagus dan rapi, ini untuk menarik perhatian pembacanya.

Kenapa proposal perlu didesain semenarik mungkin? Ini karena proposal menjadi perantara yang bisa menjelaskan banyak hal tentang, visi dan tujuan seperti apa yang ingin dicapai jika menjalin kerjasama.

Dokumen jika full tulisan akan membosankan, ini juga akan membuat klien kosan saat membaca proposalnya. Daya tarik dari halaman pertama sangatlah penting. Itulah mengapa proposal tidak hanya disusun dengan kalimat yang bagus tetapi juga didesain dengan menarik.

Read More

Proposal tidak hanya digunakan oleh perusahaan atau bisnis, sebagai dokumen untuk keperluan kerja sama. Biasanya juga dipakai berbagai pihak seperti anak sekolah atau mahasiswa yang akan mengadakan acara.

Untuk bisa menciptakan proposal dengan desain menarik, simak beberapa hal berikut ini

BEBERAPA TIPS DESAIN PROPOSAL MENARIK

Lakukan Riset Mendalam

Dalam membuat proposal untuk keperluan menjalin kerjasama dengan klien lakukan riset mengenai banyak hal pada perusahaan klien. Mulai dari merek, produk atau layanan yang mereka sediakan.

Pelajari apa yang sudah mereka miliki dan yang belum dimiliki. Dari sini kamu akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan bisnis klien yang mungkin dapat ditawarkan oleh bisnismu.

Tunjukkan dalam proposal apa yang dibutuhkan klien yang bisa diberikan oleh bisnismu melalui kerjasama ini. Dari mempelajari klien kamu bisa menemukan hal-hal yang mereka butuhkan dan dapat ditawarkan oleh bisnismu. Ini akan membantu merancang proposal dengan baik.

Mengetahui Kebutuhan Klien

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami kebutuhan klien. Sebelum menyusun proposal, cari tahu adalah para klien yang akan membaca proposal tersebut. Ini akan membantu dalam membuat desain proposal yang menarik perhatian klien.

Penting mengetahui kebutuhan klien dan karakteristik klien sebelum menulis proposal, agar proposal dapat dilirik klien. Kebutuhan klien dapat dicari mulai dari hal yang dikhawatirkan klien, apa yang mereka butuhkan atau harapkan, dan apa yang sekiranya akan menarik klien dari proposal bisnis milikmu.

Dengan mengetahui kebutuhan klien ini, nantinya dapat ditonjolkan dalam proposal. Penting memastikan proposal desain dapat menjawab semua solusi dari kebutuhan klien.

Jelaskan Kelebihan Bisnis atau Perusahaan

Selain mencari tahu kebutuhan klien, kamu juga harus bisa mengetahui kelebihan perusahaan yang bisa ditawarkan pada klien. Merinci seperti kelebihan dan kebutuhan perusahaan milikmu akan membantu untuk bisa menyusun proposal sesuai kebutuhan.

Perlu untuk diingat bahwa klien juga bisa saja menerima banyak opsi kerjasama dari bisnis lain. Untuk itu agar proposal milikmu dapat terpilih kamu harus menjelaskan kelebihan bisnismu di dalam proposal.

Jelaskan apa kelebihan bisnismu yang dapat menguntungkan bagi perusahaan klien. Di dalam rinci bentuk kerjasama dan keuntungan yang akan diperoleh jika klien memilih proposal daripada yang lain.

Masukkan Data Penting Dalam Proposal

Menggunakan data-data penting di dalam proposal akan meningkatkan daya tarik dan memberikan kejelasan pada klien. Misalnya seperti price bracketing, ini adalah perkiraan harga yang dibayar pelanggan pada produk tertentu.

Data-data hasil penjualan biasanya juga hal yang dapat digunakan untuk menyakinkan klien. Dari sini klien akan tahu skala pertumbuhan bisnis milikmu, sehingga dapat dijadikan pertimbangan oleh klien.

Sertakan juga data-data perkiraan biaya yang dibutuhkan kerjasama dan bagaimana memperoleh sumber dananya. Kejelasan akan hal-hal penting seperti ini biasanya dijadikan pertimbangan oleh klien.

BUAT DESAIN PROPOSAL DENGAN VISUAL YANG MENARIK

Desain proposal biasanya menggunakan banyak tulisan data-data penting. Jika isinya menarik namun tampilannya biasa saja, klien bisa saja akan malas hanya untuk sekedar membaca.

Penting mendesain proposal agar menarik perhatian, ini juga memperhatikan tata letak saat menggunakan elemen tertentu dan gambar. Saat semakin desain proposal yang dibuat semenarik yang bisa menjelaskan secara namun rinci pada klien.

Pemilihan Warna

Buatlah template proposal yang menarik dan gunakan warna official perusahaan sebagai warna desain utama proposal. Pastikan shade warna tidak akan mengganggu keterbacaan tulisan.

Jika ingin menggunakan lebih dari satu warna pastikan perpaduannya pas, agar tidak membuat desain proposal berlebihan. Meskipun ingin membuat tampilan visual menarik pastikan pemilihan warna tepat.

Menggunakan warna perusahaan sebagai desain warna utama ini akan mewakili identitas perusahaan.

Keterbacaan Tulisan

Gunakan font tulisan font sederhana agar mudah dibaca, apalagi jika tulisannya cukup panjang. Pastikan ukuran tulisan mudah dibaca, dan menggunakan warna tulisan dan layar belakang yang tepat.

Jika ingin membuat desain proposal yang unik dan berani, menggunakan font dapat dilakukan tetapi harus berhati-hati. Perhatikan model usaha yang ingin diajak kerjasama, apakah sekiranya mereka terbuka dengan desain yang berani dan unik.

Penggunaan Elemen Tertentu

Tingkatkan ketertarikan klien dengan mendesain proposal semenarik mungkin, mulai dari mengatur paduan warna, bentuk, garis hingga gambar atau ilustrasi. Pemilihan pada elemen tertentu juga perlu diperhatikan agar tidak mengganggu keterbacaan tulisan penting.

Atur tata letak elemen-elemen untuk mempercantik desain dengan tepat dan tidak berlebihan. Jika menggunakan gambar pastikan kualitasnya bagus dan tata letak diatur dengan baik pastikan juga gambar diberi keterangan yang sesuai.

Gunakan Infografis atau Grafik

Untuk memudahkan klien memahami data penting dengan baik gunakan infografis atau grafik yang menerangkan data-data penting. Susun dan atur dengan baik agar mudah dibaca dan dipahami klien.

Infografis tidak hanya membuat tampilan menarik, tetapi juga memudahkan klien memahami data penting perusahaan yang bisa dijadikan pertimbangan.

KESIMPULAN

Dalam merancang desain proposal kerjasama, penting memperhatikan beberapa aspek agar proposal dapat menarik perhatian klien. Dimulai dari mempelajari kebutuhan klien, kelebihan bisnis, solusi yang ditawarkan hingga tampilan visual yang menarik. Ini akan membantu bisnis dapat meyakinkan klien untuk menjalin kerjasama.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts