Tips Belajar Desain Karakter untuk Pemula

Menciptakan desain bukanlah hal yang mudah tapi juga bukan hal sulit jika mau belajar dan terus berlatih. Menggambar desain bisa menjadi bakat ataupun bisa didapatkan dengan kerja keras dengan terus belajar dan berlatih. Terutama dalam membuat gambar karakter, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk belajar menggambar desain karakter untuk pemula.

Ketika berbicara soal desain atau menciptakan gambar biasanya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar. Mulai dari kursus desain hingga belajar secara otodidak. Gambar ilustrasi atau karakter sedikit lebih rumit daripada gambar yang lainnya. Ini karena desain karakter membutuhkan detail untuk menciptakan ekspresi dan proporsi yang tepat pada gambar.

Belajar menggambar karakter juga bisa dilakukan dengan menonton video di youtube. Banyak orang yang memberikan tutorial dalam menciptakan gambar ilustrasi yang menarik. Meskipun sebenarnya dalam dunia seni menciptakan desain merupakan wujud kebebasan berekspresi sehingga sebenarnya tidak perlu terlalu terpaku pada teori.

Read More

Untuk orang yang belajar mendesain karakter tidak perlu memiliki keterampilan menggambar yang bagus, selama mau berusaha tidak ada yang tidak mungkin. Perangkat lunak dan teknologi digital memungkinkan orang dengan mudah menciptakan desain karakter lebih efisien dan mudah untuk dilakukan perbaikan daripada manual. Penggunaan layer pada saat membuat desain karakter akan memudahkan proses desain.

Untuk pemula yang ingin belajar menciptakan desain karakter, simak beberapa hal penting yang harus dipahami ketika membuat desain karakter. Artikel ini akan membahas beberapa tips penting dalam belajar desain karakter untuk pemula.

BEBERAPA TIPS BELAJAR DESAIN KARAKTER BAGI PEMULA

Bagi pemula yang ingin belajar membuat desain karakter, tips dalam artikel ini akan berguna untuk menciptakan karakter unik dan kreatif. Serta bisa membantu menemukan gaya desain karakter sendiri yang unik. Berikut tipsnya:

Pahami Prinsip Desain Terlebih Dahulu

Sebagai seorang pemula, penting untuk mengetahui dasar-dasar dalam desain, agar membantu dalam proses belajar. Penting untuk bagi pemula mengetahui beberapa prinsip-prinsip desain grafis seperti komposisi, tata letak, proporsi, keseimbangan hingga harmoni. Prinsip-prinsip ini adalah landasan utama dalam menciptakan desain yang harus dipahami oleh desain grafis.

Memahami prinsip-prinsip dalam desain grafis akan membantu menciptakan desain yang menarik. Terutama desain karakter yang membutuhkan detail yang rumit. Mengikuti prinsip dalam desain grafis akan menciptakan desain karakter yang kuat dan menarik.

Lakukan Pengamatan dan Analisis Karakter yang Sudah Ada

Ketika akan membuat karakter baru yang unik dan berbeda dari desain yang sudah ada, penting untuk mengamati karakter yang sudah ada tersebut. Ini akan membantu melihat gaya-gaya desain karakter yang sudah ada untuk menciptakan gaya karakter baru yang unik.

Amati berbagai karakter-karakter dalam film, komik, game bahkan karakter maskot logo. Ini akan membantu memahami hal-hal yang disukai masyarakat secara umum termasuk tipe karakter seperti apa yang populer. Hal ini berguna untuk menciptakan karakter baru yang bisa diterima audiens secara luas.

Melakukan pengamatan ini juga berguna untuk mengetahui elemen-elemen desain yang digunakan untuk membuat karakter unik. Elemen tersebut dapat digunakan sebagai inspirasi untuk membuat karakter baru yang berbeda.

Pelajari Anatomi dan Ekspresi Wajah

Ketika belajar membuat desain karakter penting untuk mempelajari anatomi dan ekspresi. Hal ini adalah hal krusial untuk menciptakan desain yang ekspresif namun juga proporsional. Desainer harus bisa memahami anatomi tubuh dan cara ekspresi wajah manusia bisa bekerja ini akan membantu menciptakan ekspresi yang menarik.

Desain karakter juga akan tampak lebih realistis ketika bisa memahami anatomi tubuh dan ekspresi tubuh. Dengan menerapkan apa yang dipelajari tentang anatomi dalam menciptakan gambar karakter atau ilustrasi akan menghasilkan desain yang realis.

Gunakan Referensi Visual untuk Berlatih

Bagi pemula akan sulit untuk menciptakan karakter baru yang orisinil, cari bahan referensi. Pada awal berlatih cobalah menggambar karakter yang sudah ada terlebih dahulu hingga desain terlihat semirip mungkin. Ketika sudah mahir menggambar desain karakter dari yang sudah bisa mulai mencoba mengeksplorasi karakter gaya baru.

Gunakan gambar untuk referensi dari gambar atau foto nyata dari manusia, hewan atau objek realistis lainnya. Mencoba membuat gambar versi ilustrasi atau karakter dari objek asli akan membantu melatih kemampuan menggambar.

Meniru objek nyata akan membutuhkan detail-detail agar menciptakan desain karakter semirip mungkin. Ini juga membantu memperkaya imajinasi dan kreativitas desain atau gambar.

Mulailah dengan Membuat Sketsa Sederhana

Dalam membuat desain karakter dimulai dari membuat sketsa awal yang sederhana. Sebagai gambaran awal dari karakter, gambar sketsa ini berfokus dalam menciptakan garis besar dari keseluruhan desain. Kemudian dari sketsa ini nantinya akan dikembangkan untuk membuat gambar yang kompleks.

Ciptakan Gaya Karakter yang Berbeda

Desain karakter biasanya memiliki gaya tersendiri sebagai bentuk ekspresi dari desainer. Ada beberapa gaya karakter yang sering digunakan sebagai referensi seperti gaya kartun, komik, anime atau realisme. Surealisme juga bisa digunakan pada desain karakter yang unik dan berbeda dalam mengekspresikan sesuatu.

Pilih gaya menggambar karakter yang paling sesuai dengan seleramu, ini bisa menjadi ciri khas yang unik dari desainer. Gaya karakter juga disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam desain tersebut.

Manfaatkan Perangkat Lunak Desain

Pada era digital bagi pemula yang ingin belajar desain karakter salah satu tips penting adalah penggunaan perangkat lunak desain. Menggunakan perangkat lunak akan memudahkan bagi pemula untuk belajar, dengan menggunakan berbagai tools dalam perangkat lunak tersebut.

Beberapa perangkat lunak yang digunakan untuk belajar menggambar karakter seperti adobe illustrator untuk komputer. Sementara bagi pengguna smartphone juga bisa belajar dengan menggunakan ibis paint. Tools seperti pena, brush, layer dapat memudahkan dalam menciptakan desain yang menarik.

Berfokus pada Cerita Karakter

Ketika membuat karakter dalam sebuah cerita, maka desain karakter harus disesuaikan dengan cerita. Mulai dari warna, ekspresi hingga atribut lainnya harus mencerminkan cerita karakter. Pertimbangkan pula cerita kehidupan karakter, latar belakang hingga kepribadian karakter ketika menciptakan desainnya. Ini akan membuat desain karakter terlihat lebih hidup sesuai dengan cerita.

Terus Berlatih dan Berkembang

Untuk meningkatkan kemampuan dalam mendesain karakter terus lakukan latihan dengan mencoba menggambar dari gambar realis seperti manusia dan hewan. Dengan melakukan latihan yang konsisten dan terus berusaha menciptakan gaya karakter tersendiri akan berguna meningkatkan kemampuan.

KESIMPULAN

Perlu diingat bahwa setiap desainer memiliki gaya gambar karakter atau ilustrasi yang berbeda dan bisa dijadikan ciri khas. Gaya gambar yang unik bisa dijadikan watermark untuk desainer. Penting untuk selalu berlatih bagi pemula agar bisa menciptakan karakter yang unik dan menarik. Berlatih dan bekerja keras adalah satu kunci untuk meraih kesuksesan bagi seorang desainer.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts