Kos adalah bisnis penyewaan kamar selama periode waktu tertentu. Bisnis ini bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal, cukup mengawasi dan merawat segala fasilitas kos. Untuk sukses dalam berbisnis kos kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting.
Ada banyak hal perlu diperhatikan dalam bisnis ini seperti memilih tempat yang strategis, menyediakan fasilitas yang memadai, atau manajemen yang tepat. Bisnis ini bisa menjadikan investasi yang menguntungkan apabila kamu bisa memilih lokasi yang tepat seperti disekitar kampus atau pabrik. Biasanya banyak mahasiswa dan pegawai dari luar kota mencari tempat tinggal yang murah.
Penting untuk menyediakan fasilitas umum yang memadai dalam kos seperti dapur umum, tempat jemuran, toilet dan wifi. hal ini biasanya menjadi pertimbangan bagi yang sedang mencari kos. Perlu sekali untuk bisa memahami kebutuhan penyewa.
Bisnis kos sering menjadi pilihan karena kamu tidak perlu bekerja keras dan tinggal menunggu hasil setiap bulan dibayarkan penyewa.Bagi kamu yang ingin berbisnis kos penting untuk memperhatikan beberapa hal ini agar bisa meraih untung dan sukses.
TIPS SUKSES BERBISNIS KOS
- Lokasi yang strategis
- Kenali target pasar
- Fasilitas yang nyaman dan modern
- Harga yang bersaing
- Pentingnya pemasaran
- Manajemen keuangan yang bijak
- Mematuhi hukum dan peraturan
- Pelayanan yang baik
- Inovasi dalam bisnis
Lokasi yang strategis
Pemilihan lokasi dalam bisnis kos adalah kunci utama agar bisa mendapatkan banyak penyewa. Kamu bisa membangun kos di dekat area yang ramai dan dekat dengan banyak fasilitas umum seperti minimarket atau pusat perbelanjaan, dekat stasiun, halte bus dan tentunya jalan raya. Hal ini untuk memudahkan penyewa melakukan memenuhi kebutuhan seperti belanja dan pergi kerja.
Biasanya penyewa akan mempertimbangkan hal seperti ini apakah jalannya mudah di akses, dekat tempat makan, dekat jalan raya dan lainnya. Bangun bisnis kosmu dekat kampus atau pabrik atau di daerah dekat perkantoran biasa menjadi pilihan. semakin dekat fasilitas umum dan kampus akan semakin baik.
Menentukan dan mengenali target pasar
Tentukan target pasarmu dahulu ini untuk memudahkan dalam menyediakan fasilitas dan mempertimbangkan lokasi kos. Jika kamu menargetkan mahasiswa kamu bisa membuka bisnis kos di sekitaran kampus dan pilih dekat yang dekat dengan tempat makan, tempat fotokopi, dan lain-lain. Bila menargetkan pekerja kantoran dan pabrik, kamu harus membangun kos di dekat daerah perkantoran dan pabrik.
Jika kamu menargetkan untuk keluarga maka kamu harus mempertimbangkan fasilitas dan lainnya. dengan menentukan target pasar akan membantumu memikirkan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik penyewa kos.
Sediakan fasilitas yang nyaman, modern dan lengkap
Saat ini banyak sekali bisnis kos-kosan untuk bisa bersaing kamu bisa membuat perbedaan pada fasilitas. Pastikan fasilitas nyaman dengan desain modern dan tentu saja lengkap seperti sudah ada kipas, AC atau wifi. Hampir semua kos-kosan pasti harus ada wifinya untuk laku, banyak mahasiswa maupun pekerja membutuhkan internet mengakses kerja dan tugas.
Sediakan juga fasilitas umum seperti toilet, tempat jemuran pakaian, dapur bersama, kulkas, tempat parkir dan ruang tamu. Pastikan semua fasilitas nyaman dan bersih dan bisa dipakai semua orang. Untuk toilet biasanya ada yang kamar mandi dalam dan luar bergantung harga dan jenis kosnya.
Pastikan kos aman dan digembok terus setiap keluar masuk, biasanya untuk menjaga keamanan ada double gembok gerbang dan pintu. Bila perlu pasang CCTV di area koridor dan parkiran. Hal ini mencegah adanya pencurian seperti kendaraan dalam beberapa kasus.
Tentukan harga yang bersaing
Selain fasilitas, harga merupakan salah satu faktor penting yang sering dijadikan pertimbangan saat memilih kos-kosan. Harga sewa kosan biasanya ada yang per bulan, per semester atau per tahun, bergantung ketentuan pemilik atau keinginan penyewa. Untuk menentukan harga kosan sesuaikan dengan fasilitas yang ada dan lokasinya.
Kamu bisa melakukan riset pasar dengan bertanya pada kos-kosan lain di sekitarmu atau kamu bisa mengecek di sosial media dan internet. Biasanya harga kosan bergantung pada fasilitas,seperti menggunakan AC dan Kipas memiliki harga yang berbeda. Harga kosan juga ditentukan dari lokasinya, semakin dekat kampus, pabrik atau fasilitas umum akan semakin mahal.
Dengan menentukan harga yang bersaing dengan kosan lain namun memiliki fasilitas yang lebih memadai bisa menarik perhatian penyewa.
Pentingnya Pemasaran
Bisnis kos-kosan juga butuh strategi pemasaran yang efektif untuk bisa menarik minat orang-orang. Kamu bisa memasang poster di tempat ramai yang mudah terlihat atau di depan kosmu. Buatlah poster yang menarik misalkan dengan menampilkan gambar fasilitas kos dan yang menunjukkan harga.
Manfaatkan pula sosial media, kamu bisa mengupload poster promosi kosan di sosial media seperti instagram, Untuk menjangkau lebih banyak audiens kamu bisa dengan akun-akun informatif menginformasikan tentang kota atau daerah tersebut.
Sekarang juga sudah banyak aplikasi untuk mencari kos seperti mamikos. Kamu bisa menawarkan kosmu disini dengan menunjukkan fasilitas dan harganya, Di aplikasi ini juga melakukan tanya jawab dengan pemilik kos. Selain itu juga bisa bekerja sama dengan pihak kampus untuk dipromosikan melalui akun sosial media kampus. Agar mudah diketahui oleh mahasiswa baru atau yang sudah lama untuk mencari kos.
Manajemen keuangan yang bijak
Penting bagi bisnis kos-kosan untuk mengatur keuangan baik pemasukan dan pengeluaran untuk kebutuhan kos. Buatlah catatan dan laporan setiap ada yang membayar atau setiap ada keperluan untuk membeli kebutuhan kos seperti gas atau lampu. Dengan melakukan manajemen akan membantu mengalokasikan keuangan untuk pemiliharaan, perbaikan dan pengembanganannya jika diperlukan.
Mematuhi hukum dan peraturan
Patuhi aturan hukum dan izin usaha di daerahmu. Terkadang diantara warga ada peraturan tak tertulis mengenai kos-kosan di daerah tersebut, seperti bagi kosan putri tidak boleh membawa tamu laki-laki kecuali keluarga. Buatlah juga peraturan kos yang bisa dipatuhi oleh penghuni kos seperti menjaga kebersihan fasilitas umum, dilarang berisi, parkir yang rapi dan lainnya.
Pelayanan yang baik
Sebagai pemilik kosan penting untuk menjaga hubungan baik dengan penyewa. Jangan terlalu galak atau judes, Ini bisa membuat penyewa tidak betah dan akan pindah. Usahakan untuk menasehati penyewa dengan baik bila ada yang melakukan kesalahan. Pelayanan yang baik juga akan menciptakan citra positif, ada beberapa pemilik kos yang terkadang berbagi makanan kepada penghuni kos.
Inovasi dalam bisnis
Dalam bisnis kos terus berinovasi dan menyediakan fitur baru yang sedang tren bisa menciptakan keunikan di kosmu. Selalu ciptakan inovasi baru dan layanan agar bisa meningkatkan minat dan nilai kosanmu.
Bisnis kos bukanlah perkara mudah meski terlihat menguntungkan, bisnis in juga punya banyak tantangan seperti penyewa kos yang menunggak bayaran berbulan-bulan belum lagi kalau ada penyewa yang tidak menjaga kebersihan. Selama kamu memperhatikan aspek-aspek penting tersebut kamu pasti bisa berbisnis sukses dengan kos.
Bagi kamu yang butuh jasa desain logo untuk kos atau bisnis lainnya, segara hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.