Era digital telah menguasai dunia, teknologi membawa kemajuan yang signifikan pada perubahan berbagai aspek termasuk bisnis. Pada era ini penting menggunakan strategi pemasaran digital untuk menguasai pasar.
Untuk itu penting mencari strategi yang tepat agar bisnis terus berkembang. Bagi kamu yang bergelut di dunia bisnis penting untuk perubahan tren digital sebagai strategi marketing.
Dimana teknologi telah menjadi teman semua orang dalam kehidupan sehari-hari, bisa menjadi pertimbangan serius untuk meningkatkan pemasaran melalui teknologi digital. Adanya teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam berbisnis.
Bagi kamu yang memikirkan strategi pemasaran digital simak pembahasan pada artikel ini. Dalam artikel ini kita akan membahas strategi penting yang bisa dicoba dalam pemasaran era digital terkini.
BEBERAPA STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERKINI
- Konten interaktif
- Pemasaran melalui video
- Menggunakan pencarian visual
- Penggunaan media sosial
- Pemasaran menggunakan pesan otomatis
- Menjaga keamanan data pelanggan
Konten Interaktif:
Pada era ini konten adalah aspek penting dalam pemasaran. Banyak produk viral berkat konten yang menarik. Buatlah konten yang menarik sesuai dengan produkmu meskipun begitu tetap patuhi aturan dan etika.
Ada beberapa contoh konten menarik yang sering digunakan seperti kuisioner online, kuis menarik yang berhadiah, video interaktif, konten 360 derajat dan konten review.
Konten-konten tersebut melibatkan interaksi dengan pengguna, sehingga bisa menarik perhatian mereka. Banyak loh yang langsung membeli produk karena ada interaksi menarik dengan pengguna.
Contoh: Kamu bisa membuat kuesioner kepribadian atau kuesioner tentang minat pelanggan kemudian nanti mengarahkan pengguna ke produk yang sesuai dengan mereka.
Kamu juga bisa membuat konten pertama questions & ask di instagram, untuk mengetahui minat pelanggan. Bisa digunakan untuk mempromosikan serta menciptakan produk permintaan pelanggan. Hal ini bisa membangun loyalitas.
Pemasaran melalui video:
Salah satu pemasaran era digital yang menjadi favorit banyak orang adalah menggunakan video. Penggunaan video lebih interaktif daripada tulisan, karena banyak orang lebih suka menonton video daripada membaca.
Membuat video pemasaran bisa meningkatkan hubungan dengan para konsumen. Pemasaran digital melalui video digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan audiens, serta menyampaikan pesan secara pada pelanggan.
Buatlah video yang menarik namun interaktif serta dengan editing yang menarik. Tambahkan juga subtitle untuk menghindari artikulasi yang kurang jelas. Hal ini juga untuk membantu teman-teman tuli.
Contoh: Buatlah video ucapan dari pemimpin atau tim eksekutif mengenai perusahaan. Kau juga membuat video tentang misal produk pilihan para karyawan.
Menggunakan Pencarian Visual:
Teknologi semakin maju sehingga memudahkan sistem pencarian. Sekarang sudah bisa mencari sesuatu melalui gambar, cukup foto apa yang kamu cari maka gambar terkait dan serupa akan muncul.
Kemudahan ini bisa dimanfaatkan untuk pemasaran produk. Tinggal mengunggah gambar produk maupun video dan diberi deskripsi serta tag yang sesuai.
Bahkan sekarang untuk mencari keaslian suatu produk maupun bisa menggunakan pencarian visual sehingga tidak akan tertipu.
Pencarian visual juga sering dimanfaatkan untuk menerjemahkan tulisan. Pemilihan tag sesuaikan dengan tren agar mudah muncul di bagian atas.
Contoh : Unggah gambar produkmu dan beri tag beserta judul sesuai deskripsi dengan relevan dengan foto produk.
Penggunaan Media Sosial:
Sosial media telah menjadi pusat tren, tempat berkumpul orang dari usia dan kalangan. Tidak mengherankan sosial media menjadi tempat favorit untuk melakukan pemasaran digital.
Orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di sosial media, untuk berinteraksi dengan yang lain atau mencari suatu informasi. Banyak orang yang suka mencari info apapun mengenai dan lainnya di sosial media daripada platform.
Mereka percaya yang sudah mendapat rekomendasi dan review dari orang lain lebih dipercaya daripada sekadar tulisan iklan. Sebagai bisnis maupun perusahaan pasti punya sosial media. Digunakan untuk promosi atau mengupload portofolio produk.
Platform ini menjadi kunci kesuksesan dalam pemasaran digital, seperti instagram, tik tok, twitter dan youtube. Sosial media juga terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar seperti menambah fitur untuk berjualan dan iklan. Sosial media sangat mempengaruhi minat para pembeli
Contoh: Gunakan sosial media untuk memposting produk menggunakan copywriting yang menarik. Kamu membuat konten keseharian bisnismu untuk menarik perhatian orang.
Kamu juga bisa membuat konten yang memungkinkan pelanggan bisa berinteraksi secara langsung seperti Q&A atau polling di instagram stories.
Otomatisasi Pemasaran:
Teknologi terus dikembangkan untuk memudahkan bisnis contohnya adalah penggunaan pesan otomatis untuk membalas pelanggan. Pesan otomatis efisien untuk menjaga interaksi dengan pelanggan.
Pesan otomatis biasa digunakan untuk merespon secara langsung jika pelanggan menghubungi seperti di whatsapp. Ada juga yang menggunakan email kustomisasi yang disesuaikan dengan minat pelanggan. Email akan secara otomatis mengirim rekomendasi atau pelayanan.
Contoh: Jika bisnismu menggunakan kontak seperti whatsapp kamu bisa mengatur pesan otomatis saat pelanggan menghubungi, seperti balasan ucapan terimakasih.
Keamanan Data:
Kemudahan teknologi ini juga dibarengi dengan isu pelanggaran privasi, penting bagi bisnis apapun untuk menjaga data privasi pelanggan. Baru-baru banyak rumor data pelanggan dari suatu perusahaan startup bocor di dark web dan diperjualbelikan.
Menjaga data penting pelanggan akan meningkatkan kepercayaan pada bisnis milikmu. Pastikan sistem dan server aman sehingga pelanggan bisa mempercayai perusahaanmu.
Banyak orang semakin sadar berapa pentingnya menjaga privasi dan data penting. Jika perusahaan tidak menawarkan keamanan data, mereka juga tidak akan mau berlangganan.
Dalam membuat strategi pemasaran digital yang tepat penting memahami teknologi terbaru dan minat para pelanggan. Keduanya berhubungan untuk menciptakan strategi pemasaran yang inovatif serta kreatif.
Jika kamu tahu cara memasarkan produk dan bisnis dengan memanfaatkan teknologi terkini, pasar global dan digital bukanlah masalah besar.
Nah apa kamu sudah siap menggunakan kemajuan teknologi dan melesat ke depan untuk strategi bisnis mu.
Jika kamu butuh jasa desain logo perusahaan yang keren dan profesional, segera hubungi jasalogo.id kami punya promo menarik loh.