Ketika produk pemula mulai memasuki pasar bisnis, penting membangun branding dan kesan pertama yang kuat. Terutama untuk desain-desain pemasaran yang digunakan harus bisa meninggalkan ingatan yang kuat pada audiens, agar produk bisa bersaing. Utamanya untuk desain kemasan merek pemula harus memiliki strategi menarik agar produk bisa bersaing dan menarik perhatian konsumen.
Desain kemasan dirancang untuk melindungi produk sekaligus menarik perhatian konsumen pada produk. Kemasan yang dibuat dengan desain menarik dan kreatif akan efektif untuk menarik perhatian. Namun ini bukanlah hal mudah karena ada banyaknya pesaing yang ada di luar sana, agar produk bersaing kemasan harus memiliki desain menarik.
Desain kemasan harus memiliki desain yang sesuai dengan isi atau jenis produk, agar bisa menggambarkan produk dengan baik pada konsumen. Tampilan desain kemasan yang unik dan kreatif akan membuat produk terlihat mencolok pada rak toko. Merek pemula harus memiliki strategi yang efektif untuk menciptakan desain kemasan yang menarik perhatian dan unik.
STRATEGI MENCIPTAKAN DESAIN KEMASAN MEREK PEMULA
Merek pemula perlu membangun branding dan kesadaran merek yang kuat agar bisa terus bersaing, utamanya untuk desain kemasan produknya. Desain kemasan yang menarik dan kreatif bisa membangun branding, berikut beberapa strategi untuk menciptakan desain kemasan merek pemula yang menarik perhatian:
Kenali Pasar dan Target Audiens
![Strategi Menciptakan Desain Kemasan untuk Merek Pemula](https://jasalogo.id/wp-content/uploads/2024/04/1000016949.jpg)
Ketika menciptakan desain kemasan yang menarik perhatian pahami terlebih dahulu target audiens dan pasar. Cari tahu preferensi dan minat dari target audiens dari produk milikmu, amati juga audiens dari produk yang serupa. Pahami preferensi mereka tentang desain kemasan yang merekaa harapkan dari produk tersebut.
Beberapa target audiens mungkin mengharapkan desain kemasan dengan tampilan minimalis, elegan atau yang ramah lingkungan. Penting untuk produk merek pemula untuk mendengarkan dan menyesuaikan audiens agar bisa menarik perhatian mereka. Amati kekurangan dari desain kemasan merek lain, dan terapkan pada desain kemasan milikmu.
Pahami juga tren desain kemasan yang ada dipasaran agar merek pemula terlihat relevan dan bisa menarik perhatian mereka. Amati juga perilaku pembelian dari konsumen untuk melihat hal-hal yang merek cari dan sukai. Biasanya untuk membuat merek pemula bisa bertahan lama, penting selalu menyesuaikan dengan minat audiens.
Baca juga: Elemen-elemen Utama dalam Desain Kemasan dan Produk
Tinjau Strategi Pesaing
Untuk membuat desain kemasan menarik, penting menciptakan desain yang berbeda dari para pesaing agar merek pemula bisa menarik perhatian. Amati desain kemasan dari produk-produk dari pesaing. Desain kemasan harus tampil beda dari gaya desain produk yang serupa.
Jika desain kemasan terlalu mirip dengan kemasan produk yang sudah ada ini bisa membuat audiens salah mengenali produk. Kemasan untuk merek pemula juga akan kurang menonjol dan sulit membangun branding yang kuat, jika terlalu mirip dengan kemasan lainnya. Ciptakan desain kemasan yang berbeda dan unik agar kemasan merek bisa langsung menarik perhatian.
Fokus pada Diferensiasi Merek
![Strategi Menciptakan Desain Kemasan untuk Merek Pemula](https://jasalogo.id/wp-content/uploads/2024/04/Enchanting-Packaging-Design.jpeg)
Desain kemasan juga perlu mencerminkan identitas merek yang kuat dan unik, agar berbeda dengan yang lain. Gunakan gaya desain kemasan yang unik agar merek pemula mebangun kehadiran yang kuat. Merek pemula harus memiliki desain kemasan yang unik dan berkesan sejak pertama muncul, agar langsung menarik perhatian.
Biasanya untuk membangun identitas merek yang kuat, penting untuk menggunakan elemen identitas merek untuk desain kemasan. Hal ini akan membantu membangun identitas merek yang kuat, jika elemen visual digunakan secara konsisten.
Cari berbagai referensi desain kemasan yang menarik dan unik untuk menciptakan tampilan kemasan yang berbeda dari pesaing. Perhatikan tren, gaya visual menarik dan preferensi konsumen. Gunakan elemen visual seperti warna, grafis atau tagline yang menarik pada desain kemasan.
Baca juga: 7 Inspirasi Desain Kemasan Bertema Alam untuk Referensi
Pertimbangkan Keterbacaan dan Pengaruh Visual
Desain kemasan produk dari merek pemula juga perlu memperhatikan keterbacaan dan tampilan visual. Agar efektif untuk dikenali oleh konsumen, pastikan untuk nama produk dan informasi penting dalam kemasan terbaca dengan baik. Hal ini agar merek dapat dipercaya dan terkesan profesional.
Visual dari kemasan harus bisa memikat konsumen dari sejak pertama melihat, gunakan elemen-elemen visual yang mendukung merek dan bisa terlihat menarik. Pastikan visual kemasan menarik agar bisa menarik perhatian konsumen bahkan dari jarak yang jauh. Pilih kombinasi warna menarik dan kontras, terkadang disesuaikan dengan isi produk. Tambahkan gambar grafis yang menarik seperti bunga, daun atau ilustrasi sederhana lainnya.
Sederhanakan dan Fokus pada Pesan Utama
![Strategi Menciptakan Desain Kemasan untuk Merek Pemula](https://jasalogo.id/wp-content/uploads/2024/04/minimalis-desain-kemasan.jpeg)
Merek pemula harus efektif untuk menarik perhatian dengan menggunakan gaya visual sederhana dan fokus pada pesan utama. Hindari menggunakan desain yang berlebihan, hindari menambahkan dekorasi kurang penting. Fokuskan kemasan pada judul utama produk dan informasi penting seperti label, tabel gizi dan lainnya.
Desain kemasan dengan penggunaan elemen yang berlebihan terkadang malah tidak menarik dan sulit dibaca produknya. Akhir-akhir ini tren kemasan dengan ruang negatif yang luas cukup populer karena memberikan tampilan yang sederhana. Konsumen bisa fokus membaca nama produk dan informasi lainnya tanpa terganggu detail rumit yang tidak perlu.
Baca juga: Pentingnya Menggunakan Desain Kemasan yang Sederhana
Gunakan Bahan yang Ramah Lingkungan
Pada zaman ini sampah plastik yang menumpuk kerap menjadi masalah yang serius, sehingga banyak gerakan yang mengusulkan untuk penggunaan kemasan ramah lingkungan. Penggunaan kemasan ramah lingkungan bisa menarik perhatian bagi konsumen yang peduli dengan lingkungan.
Bahan kemasan ramah lingkungan biasanya menggunakan kertas dan karton. Merek pemula yang menggunakan bahan kemasan ramah lingkungan akan efektif untuk membangun citra positif.
KESIMPULAN
Desain kemasan harus memiliki desain menarik dan memikat dari pertama melihat, selain itu harus tampak menonjol di rak toko. Gunakan elemen-elemen visual yang menarik dan konsisten untuk tampilan visual yang memikat. Desain kemasan untuk merek pemula harus bisa meninggalkan kesan yang kuat agar bisa bersaing dengan berbagai merek yang ada. Ciptakan desain kemasan menarik dengan memantau tren desain, minat dan preferensi target audiens hingga pemilihan gaya visual yang unik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.