Strategi Desain Poster Film Independen dan Blockbuster

0
(0)

Dalam dunia desain poster, biasanya setiap jenis kebutuhan akan memiliki ciri tersendiri. Ciri ini kemudian menjadi hal untuk menandai perbedaan di antara berbagai desain poster termasuk poster film. Biasanya antara poster film blockbuster dan film independen akan memiliki pendekatan visual berbeda dari desain posternya.

Desain poster film harus bisa menyampaikan pesan film dengan baik. Selain itu penting bagi desain poster film untuk menarik perhatian penonton. Desain yang bagus jika bisa memberikan gambaran isi film melalui penggunaan elemen-elemen desain.

Biasanya setiap genre film memiliki perbedaan bentuk desain posternya. Sementara untuk poster film independen dan blockbuster memiliki pendekatan visual yang berbeda pula. Desain poster kerap kali dipengaruhi oleh tingkat produksi dan sasaran penontonnya.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Poster film tidak hanya fokus menampilkan esensi cerita tetapi juga disesuaikan dengan banyak hal agar bisa menjadi strategi pemasaran yang sukses. Untuk mengenal lebih jauh tentang strategi desain poster film blockbuster dan independen sesuai karakteristik masing-masing film, simak artikel ini dengan baik.

FILM INDEPENDEN: FOKUS PADA KEUNIKAN DAN KESEDERHANAAN

Desain poster untuk film independen memiliki beberapa karakteristik yang bisa dimanfaatkan, sebagai strategi untuk menciptakan desain yang efektif.

Fokus pada Narasi atau Karakter

Desain poster untuk film independen biasanya fokus untuk menampilkan narasi dan karakter yang kompleks pada desainnya. Untuk menggambarkan esensi cerita dengan menampilkan narasi, desain posternya akan fokus pada elemen yang bisa mewakili cerita film.

Menggunakan elemen yang mewakili cerita dan karakter dalam film akan dapat memberikan gambaran pada audiens tentang film. Penggunaan gambar atau foto karakter sering dijadikan pilihan untuk desain film independen. Penting elemen yang tepat mulai dari warna, simbol, ikon hingga gambar untuk menyampaikan kesatuan inti cerita dalam poster.

Ilustrasi yang Menarik dan Unik

Poster film juga kerap menggunakan gambar ilustrasi yang unik dan khas untuk meningkatkan daya tarik pada poster. Penggunaan ilustrasi akan dengan mudah menarik perhatian penonton dan meningkatkan keinginan untuk menonton film.

Ilustrasi yang digunakan bisa berupa karakter atau elemen di dalam film. Desain poster menggunakan ilustrasi akan menyoroti aspek kreatif dan unik khas film independen.

Tipografi yang Kreatif dan Personal

Dalam desain film independen biasanya menggunakan tipografi yang kreatif dan lebih personal untuk memberikan karakter tersendiri. Terkadang film independen menggunakan gaya tulisan hand lettering untuk memberikan sentuhan unik.

Penggunaan jenis tipografi yang kreatif seringkali dipakai pada desain poster film independen. Ini untuk menunjukkan jika film ini memiliki ciri khas, karakteristik dan berbeda pada desain posternya.

Warna yang Menyampaikan Emosi

Warna pada desain poster film biasanya menciptakan emosi tertentu. Perlu berhati-hati memilih warna yang sesuai mood film, ini karena setiap warna memiliki makna dan kesan berbeda.

Penggunaan paket warna yang lembut dan terbatas akan memberikan kesan kedekatan. Warna kontras yang cerah juga dipakai untuk memberikan ketajaman pada desain. Warna sering digunakan sebagai film atau warna tulisan pada desain poster film independen.

Minimalkan Informasi

Terkadang desain poster film ini cenderung minimalis dan terkesan sederhana. Ini dilakukan agar sedikit informasi meningkatkan rasa ingin tahu audiens pada film.

Poster film independen akan menggunakan elemen secara efektif tanpa berlebihan. Desain poster yang sederhana cenderung lebih mudah dipahami oleh audiens dan meningkatkan rasa ingin tahu mereka.

Kesederhanaan dalam Layout

Layout poster film independen cenderung lebih sederhana juga agar bisa memfokuskan pada setiap elemen atau karakter. Desain yang sederhana akan menonjolkan elemen penting terkait inti cerita. Desain layout poster ini biasanya berfokus pada elemen penting.

BLOCKBUSTER: VISUAL MEMUKAU DAN BRANDING YANG KUAT

Sementara film blockbuster ini biasanya sasarannya luas, sehingga strategi desain poster berfokus pada penciptaan visual yang memukau. Poster film blockbuster menciptakan tampilan visual yang menarik untuk membangun branding yang kuat. Berikut beberapa strategi desain poster film blockbuster:

Fokus pada Bintang dan Visual Efek

Film blockbuster kerap menggaet bintang film terkenal sebagai pemain. Selain itu film blockbuster juga menggunakan visual efek menakjubkan untuk menampilkan adegan-adegan aksi.

Pada posternya hal tersebut dijadikan fokus utama, untuk menarik perhatian penonton. Menampilkan bintang film terkenal pada poster film dengan menambahkan efek visual yang menarik, akan menciptakan desain poster yang menarik perhatian.

Fotografi Berkualitas Tinggi

Untuk desain film blockbuster penting untuk menggunakan foto berkualitas tinggi. Ini akan memperlihatkan tampilan visual poster yang mengesankan.

Penggunaan foto atau gambar berkualitas tinggi akan memberikan kesan profesional dan mahal. Pemandangan mengesankan pada poster dengan foto berkualitas tinggi dapat mencerminkan citra bahwa ini adalah produksi besar dan berkualitas.

Tipografi yang Jelas dan Berani

Jika film independen menggunakan tipografi yang kreatif dan unik, sementara film blockbuster menggunakan tipografi yang jelas dan berani. Penggunaan gaya tulisan yang jelas membantu film blockbuster membangun merek dengan kuat. Tipografi yang jelas dengan ukuran yang besar akan menciptakan kesan kuat dalam ingatan audiens.

Palet Warna yang Beragam

Film blockbuster cenderung menciptakan efek visual yang memukau dengan menggunakan palet warna yang bervariasi. Perpaduan berbagai macam warna dapat menciptakan visual yang menarik dan menonjol. Poster film yang memadukan teori warna dengan baik dapat menarik perhatian.

Informasi yang Lengkap

Desain poster film independen jauh lebih sederhana, sementara poster pada film blockbuster terdapat informasi yang kompleks. Biasanya film blockbuster memberikan informasi yang lebih lengkap mulai dari tanggal rilis, bintang utama, dan pemberian tagline yang mencolok. Informasi yang lengkap ini berguna untuk audiens memahami desain poster dan meningkatkan daya tariknya.

Komposisi yang Penuh Energi

Biasanya film blockbuster memiliki komposisi desain yang kompleks dan penuh energi. Ini dapat menunjukkan kesan film yang menarik dan tidak boleh dilewatkan oleh penonton. Penampilan banyak efek visual dan karakter film yang kompleks akan menciptakan kesan menarik.

KESIMPULAN

Desain poster film merupakan gambaran utama yang dilihat penonton, sehingga desainnya harus bisa memberikan ekspektasi yang sesuai. Setiap desainnya, poster film akan mencerminkan ciri khas dan genrenya termasuk pada film independen dan blockbuster. Poster pada film independen cenderung menampilkan kesederhanaan sementara desain poster blockbuster menampilkan efek visual yang memukau dan aktor terkenal untuk membangun branding yang kuat.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts