Seni dan Desain Digital: Perubahan Kreativitas dalam Era Digital

Era modern atau sering juga disebut dengan era digital ini hampir semua elemen termasuk desain sangat bergantung pada teknologi. Teknologi terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan manusia, termasuk pada teknologi digital untuk menciptakan seni dan desain. Desain dan seni digital menjadi kunci penting dalam transformasi kreativitas dari cetak ke modern.

Banyak inovasi dalam dunia desain terus bermunculan dan terus dikembangkan, mulai dari seni generatif, virtual reality, proyeksi 3D dan lain lain. Karya-karya baru dalam teknologi yang berhubungan desain ini membantu para seniman bisa menciptakan karya-karya baru yang bisa dieksplorasi.

Desain pada era digital bukan hanya tentang memberikan tampilan estetika saja tetapi juga membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan berbagai perkembangan teknologi berbagai kepentingan desain terus dikembangkan baik untuk keperluan menciptakan desain grafis, interior hingga seni generatif.

Read More

Sebagian besar kehidupan orang modern ditunjang oleh teknologi, Jika teknologi terus dikembangkan dengan memperhatikan kebutuhan manusia. Maka dunia kreativitas dalam digital akan terus dikembangkan dan dapat membuka peluang baru.

Artikel ini akan menjelaskan tentang perubahan dan inovasi dalam seni digital, apa saja hasilnya serta dampaknya dalam proses penciptaan karya seni digital.

SENI GENERATIF

Seni adalah mengacu pada praktik yang melibatkan teknologi algoritma dan komputasi untuk menciptakan karya seni dinamis dan terus berubah. Algoritma digunakan untuk menciptakan elemen-elemen visual dan audio, untuk menciptakan karya seni baru.

Sekarang kamu bisa menciptakan manusia AI dengan memasukkan berbagai suara dan gambar. Teknologi AI mungkin terlihat bermanfaat namun juga bisa berbahaya jika disalahgunakan. Hanya dari potongan gambar dan video yang diunggah, mereka bisa melakukan penipuan dengan suara dan wajahmu. Perkembangan teknologi AI perlu disikapi dengan bijak.

Manfaat: Dalam membuat karya seni AI membantu seniman untuk menciptakan karya unik dan baru dari menggabungkan kemampuan mesin mengolah data dan kemampuan imajinasi manusia. Dengan AI seniman bisa menciptakan karya seni berupa gambar atau tulisan hanya dalam waktu yang sekejap, meskipun belum sempurna namun hasil dari teknologi AI sudah cukup bagus.

Kekurangan: Teknologi AI memiliki keterbatasan soal data dan tidak memiliki imajinasi sekompleks manusia. Kebanyakan karya AI juga tidak sempurna, perhatikan hasil ilustrasi yang dihasilkan AI tidak sempurna dan memiliki kecacatan dalam gambar. Selain itu hasil karya seni generatif tidak memiliki emosi.

REALITY VIRTUAL DAN AUGMENTED

Teknologi ini telah membawa seni ke dalam dimensi yang baru, tidak hanya dalam bentuk digital seni sekarang ini sudah dapat dilihat secara langsung. VR dan AR memungkinkan manusia memasuki dunia dalam game atau membawa dunia digital ke dunia nyata.

Semakin banyak teknologi ini dikembangkan ke berbagai hal tidak hanya untuk game, saat ini sudah merambah ke dunia hiburan termasuk film dan musik. Mulai banyak film yang dapat dinikmati dengan teknologi ini memberikan kesan nyata, selain itu ada juga konser musik yang mulai digelar di dunia realitas virtual.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memasuki dunia buatan yang dirancang secara digital dengan perangkat headset VR. Pengguna dalam dunia virtual dapat bergerak dan berinteraksi dengan berbagai objek. Awalnya teknologi ini banyak digunakan untuk game namun saat ini sudah banyak dikembangkan ke bidang lain.

Manfaat dan Kekurangan: Berkat teknologi ini ada seorang ibu yang bisa bertemu dengan anaknya yang sudah meninggal. Teknologi ini mungkin dapat membuat gamers kecanduan bermain game namun juga dapat memberikan manfaat untuk hal lainnya. Termasuk memberikan pengalaman menonton film dan konser dengan lebih baik, selain itu banyak juga digunakan untuk pendidikan, kedokteran untuk simulasi media, hingga visualisasi desain produk.

Jika kita berbicara kekurangan mungkin lebih pada efeknya pada kesehatan bila terlalu sering digunakan bisa menyebabkan kelelahan pada mata. Selain itu teknologi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

TEKNOLOGI TERKINI DALAM SENI ATAU DESAIN DIGITAL

Perkembangan teknologi dalam era digital ini memungkinkan seniman dapat mengeksplorasi desain dengan lebih kreatif. Teknologi dalam desain saat ini memungkinkan untuk menciptakan karya lebih hidup dan bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Pencitraan 3D: Pencitraan tiga dimensi dalam desain memungkinkan desainer bisa memberikan tampilan desain yang lebih hidup. Biasanya pencitraan tiga dimensi kerap dipakai pada desain interior, arsitektur dan kemasan. Desainer bisa menunjukkan desain dari berbagai sisi dengan mudah, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas. Pencitraan 3D juga dipakai dalam medis untuk mencitrakan hasil CT scan atau X-ray.

Proyeksi Holografis: Proyeksi hologram dalam era digital kerap digunakan untuk menampilkan gambar atau video, dengan memanfaatkan cahaya dalam bentuk mikroskopik dan menyajikan dalam bentuk tiga dimensi. Penggunaan sensor holografis membuka peluang baru dalam dunia seni digital.

KOLABORASI SENI DAN TEKNOLOGI

Era digital ini memungkinkan seni dan teknologi menciptakan karya seni baru. Menciptakan karya seni apapun menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi. Contohnya menggabungkan elemen tradisional dengan teknologi modern pada desain visual.

Lukisan Digital: Berkat teknologi memungkinkan seniman membuat gambar dengan komputer dalam waktu yang lebih cepat dan dibagikan secara massal. Lukisan digital juga tidak memerlukan cat dan kuas.

Desain Logo: Teknologi juga membantu seniman membuat desain logo sebagai identitas merek dengan lebih mudah. Selain itu berkat teknologi sekarang desain logo bisa dibuat visualisasi dalam bentuk video.

Suara: Dalam dunia tarik suara atau musik, sekarang membuat musik tidak perlu lagi harus rekaman manual, dengan laptop atau komputer saja manusia bisa membuat komposisi musik yang menarik. Tidak perlu lagi rekaman satu persatu alat musik, meskipun hasil suara dari alat musik asli dengan midi tentunya akan berbeda.Bahkan saat ini dengan teknologi auto tune suara yang jelek bisa dibuat bagus.

DAMPAK SOSIAL SENI DIGITAL

Seni dan desain digital memiliki dampak sosial yaitu menjangkau dan mempengaruhi audiens secara global. Ketika ada suatu negara yang berhasil mengembangkan teknologi baru dan berhasil, ini akan membantu audiens lain ingin menciptakan atau mencoba teknologi tersebut.

Apalagi jika teknologi memberikan kemudahan bagi manusia, melalui sosial media dan berbagai platform lainnya teknologi akan cepat dibicarakan, ditanggapi dan menjadi bagian dari diskusi secara global. Ini akan membantu teknologi mempengaruhi banyak orang di berbagai belahan dunia.

TANTANGAN DAN SENI DIGITAL

Seni dan desain di era digital ini juga memiliki banyak tantangan, mulai dari bahaya dari teknologi AI, pelanggaran privasi di sosial media, dan masalah hak kekayaan intelektual. Teknologi AI kerap dipermasalahkan karena dianggap melanggar etika kemanusiaan, selain itu AI juga dapat merugikan bagi desainer grafis. Untuk menghadapi berbagai tantangan dan masalah teknologi ini perlu adanya diskusi yang menentukan batasan-batasan dalam penggunaan teknologi agar tidak melanggar norma dan etika.

KESIMPULAN

Teknologi dalam seni digital bukan hanya tentang menciptakan karya yang menakjubkan dalam desain, melainkan juga sebagai alat untuk mengeksplorasi ide kreativitas tanpa batas. Perubahan teknologi memungkinkan seniman dan desainer menciptakan karya dengan lebih efisien soal waktu.

Bagi kamu yang membutuhkan jasa desain logo, Hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo yang menarik.

Related posts