Untuk membangun identitas visual brand parfum yang kuat, penting untuk memilih font yang tepat seperti memilih aroma parfum. Font atau gaya tipografi untuk brand parfum akan mewakili identitas dan karakter merek. Pilih gaya tipografi yang bisa digunakan mengkomunikasikan cerita brand parfum dengan baik.
Tak hanya perlu merepresentasikan identitas karakter brand parfum tetapi juga perlu memilih font yang bisa mencerminkan nuansa tertentu. Ada banyak sekali gaya tipografi yang bisa digunakan untuk mencerminkan brand parfum. Penting untuk memilih gaya font yang relevan sehingga bisa membuat brand parfum menarik perhatian.
TIPS MEMILIH FONT TERBAIK UNTUK DESAIN BRAND PARFUM
Brand parfum biasanya memiliki gaya desain yang sederhana, elegan dan mewah, hal ini bertujuan untuk menciptakan kesan parfum yang berkualitas. Gaya desain logonya sering menggunakan logo inisial atau wordmark agar nama brand mudah diingat. Berikut tips yang perlu diperhatikan saat memilih tipografi untuk brand parfum:
Pastikan Font Merepresentasikan Mood dan Karakter Brand
Font adalah elemen visual yang memiliki peran penting dalam mencerminkan identitas merek dengan memilih gaya font yang tepat. Tipografi untuk brand parfum harus bisa mencerminkan mood atau karakter sesuai yang ingin diciptakan. Desain logo parfum bisa memiliki mood tertentu sesuai ciri khas merek seperti mood tenang, elegan, atau ceria.
Akan membutuhkan gaya font berbeda untuk setiap mood yang berbeda, biasanya mood brand parfum sering tampil tenang. Untuk itu pastikan memilih gaya font yang bisa merepresentasikan karakter dengan baik. Dengan memilih font dengan mood yang tepat, maka ini bisa membantu membagun karakter brand parfum yang kuat.
Pastikan Font Mudah Dibaca
Desain logo parfum juga harus memiliki jenis font yang mudah dibaca sehingga mudah untuk konsumen mengenali nama merek dengan cepat. Banyak brand parfum yang memiliki gaya desain logo sederhana dan fokus mengubah gaya hurufnya saja. Hal ini karena akan menciptakan tampilan brand parfum terlihat mewah dan terpercaya.
Dengan fokus memilih font sederhana yang bisa menciptakan mood seperti karakter brand maka nama merek akan efektif mencerminkan identitas merek. Untuk membangun ingatan audiens yang kuat pada nama merek, pastikan memilih font sederhana seperti sans serif dan serif yang tipis agar mudah dibaca. Meski menggunakan font sans serif hindari memilih font yang tebal karena tidak cocok dengan citra brand parfum.
Baca juga: Font Condensed untuk Tema Desain Futuristik dan Brand Modern
Pilih Satu atau Dua dan Gunakan Secara Konsisten
Untuk merancang parfum brand, pastikan tidak memilih gaya font yang lebih dari dua. Seringkali desain brand termasuk logo, kemasan dan konten promosi brand parfum sederhana. Untuk itu tidak membutuhkan banyak jenis font, maka dari itu pilih satu atau dua saja dan gunakan secara konsisten pada semua desain.
Jika menggunakan dua jenis font, pastikan kombinasi dua font terlihat harmonis dan bisa mencerminkan mood brand. Biasanya brand parfum akan memiliki kombinasi font sederhana atau elegan. Seringkali brand parfum menggunakan kombinasi tipografi serif dan sans serif.
Jangan Takut Memilih Gaya Font Unik
Desain logo untuk brand parfum bisa tampil semakin unik dan menonjol dari brand yang lain jika menggunakan font unik. Ketika memilih font amati juga font yang digunakan brand parfum pesain agar bisa menggunakan yang berbeda. Hindari untuk memilih jenis font yang sama atau mirip, ini bisa membuat brand disalahpahami sebagai brand tersebut.
Jika kebanykana brand parfum pesaing menggunakan font sederhana yang elegan, cobalah berani menggunakan font unik seperti script atau display. Banyak variasi font display yang memiliki bentuk unik dan dekoratif tetapi masih mudah untuk dibaca. Desain logo yang menggunakan font dengan gaya unik akan membuat logo tampil beda dan lebih mencolok.
Baca juga: 7 Desain Logo Parfum yang Elegan
REKOMENDASI TIPOGRAFI UNTUK BRAND PARFUM
Untuk memilih font brand parfum, pertimbangkan karakter, mood dan pesan yang ingin disampaikan melalui desain identitas merek. Setiap gaya tipografi bisa mencerminkan mood dan pesan brand parfum yang berbeda, ada yang fresh, elegan dan mewah. Beberapa rekomendasi brand parfum bisa menciptakan brand yang menarik:
Royal
Font display ini juga tampil unik dan bergaya modern, penggunaanya untuk brand parfum akan menciptakan kesan mewah. Beberapa huruf dalam font ini melengkung dengan unik tetapi masih memiliki keterbacaan teks dengan baik. Sebagai font logo sebaiknya digunakan dalam ukuran besar dan pada jenis logo wordmark.
Penggunaan font ini bisa membuat logo brand parfum tampil mewah dan bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Desain logo untuk brand parfum dengan font ini juga bisa bertahan lama karena meski unik, font tetap sederhana. Tidak banyak dekorasi yang mengurangi keterbacaan, hanya saja sebaiknya selain logo font ini digunakan untuk headline saja karena unik.
Tropic Fantasy
Gaya huruf ini bisa menciptakan brand parfum yang tampil handal, font yang memiliki huruf tipis membuat logo akan tampil seperti high-end brand. Jika ingin menciptakan brand parfum yang tampil handal tetapi juga mewah, gunakan tipografi serif ini. Font serif ini bergaya bersih dan modern sehingga bisa menciptakan logo yang mewah.
Tipografi ini memiliki style huruf yang elegan meski memiliki serif, dengan menggunakan font ini brand akan tampil seperti high-end brand. Nama merek juga akan terbaca dengan baik karena font yang bersih. Garis-garis huruf yang tampak elegan dan tidak kaku tersebut juga cocok untuk menciptakan brand parfum yang bersih.
Nomads
Untuk font satu ini juga tampil elegan dan stylish, karena memiliki huruf yang bersih tetapi putus-putus. Gaya tipografinya terlihat tampil lebih modern, ini cocok untuk brand parfum kekinian. Bentuk-bentuk geometris yang menyusun huruf tampil elegan dan terlihat menarik.
Brand parfum tidak hanya terlihat elegan tetapi juga tampak stylish dan bisa relevan dengan anak muda, jika menggunakan font unik ini. Gaya font ini merupakan perpaduan sempurna dari style modern dan mewah. Dengan font brand mungkin akan tampil premium dan beda dari yang lain.
Baca juga: 5 Kombinasi Font untuk Desain Elegan dan Mewah
Edmont
Tak hanya bergaya elegan brand parfum juga bisa memiliki gaya font modern yang sedikit kaku. Biasanya ini bertujuan agar logo parfum tampil beda dengan menggunakan gaya font yang sederhana tetapi lebih kaku seperti font tersebut. Font Edmont ini memiliki tampilan huruf yang terlihat geometris dan agak padat.
Gaya tipografi tersebut terlihat cocok untuk tema desain modern untuk merepresentasikan desain bertema teknologi canggih. Untuk brand parfum, logonya akan tampil unik dan tampak stylish. Font ini bisa menjadi identitas brad parfum yang ingin relevan dengan perkembangan teknologi dan tren modern.
Rowland
Pemilihan tipografi untuk brand parfum bisa juga menggunakan gaya font yang menyesuaikan dengan target audiens. Penggunaan font yang elegan lebih cocok untuk brand parfum perempuan, sementara untuk brand parfum laki-laki, gunakan font kaku dan bergaya modern. Umumnya logo parfum laki-laki memiliki font yang tampil maskulin, kaku dan modern.
Untuk merepresentasikan karakter tersebut, biasanya akan cocok jika memilih font seperti Rowland yang tampil tebal dan kaku. Font ini memiliki gaya modern yang mana menciptakan brand yang maskulin karena font tebal dan kaku. Untuk brand parfum yang menargetkan laki–laki gunakan font sejenis Rowland ini akan memikat perhatian mereka.
KESIMPULAN
Desain logo untuk brand parfum biasanya tampil elegan, mewah dan high-end karena sering menggunakan font sederhana dan elegan. Gunakan gaya tipografi yang bisa mencerminkan mood dan karakter brand parfum yang tepat. Logo harus bisa memilih gaya font yang paling cocok dengan identitas yang ingin dibangun merek agar tampil relevan. Pastikan font yang dipilih membuat nama brand mudah diingat oleh target audiens.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.