Desain logo memiliki peran penting sebagai identitas merek, termasuk pada desain logo untuk minuman. Logo minuman kebanyakan dibuat untuk mewakili merek minuman tersebut, apakah tentang kesegaran, kehangatan atau kemudahan dalam mengaksesnya. Untuk bisa menciptakan desain logo minuman penting memperhatikan beberapa aspek penting.
Logo minuman banyak menggunakan ikon seperti cup, buah, cangkir dan bentuk lain yang terikat dengan minuman seperti gambar siren atau gambar hati. Ikon yang dipilih pada desain logo biasanya membawa pesan yang ingin disampaikan dari merek tersebut. Misalnya pada logo starbucks yang menggunakan ikon siren, dengan tujuan merek bisa memikat seperti suara siren.
Dalam memilih logo termasuk untuk minuman penting mempertimbangkan banyak hal, seperti logo yang mewakili merek, sederhana, responsif. Logo minuman juga harus memiliki tampilan yang menarik.
Artikel ini akan membahas aspek-aspek yang perlu diperhatikan saat akan memilih atau membuat desain logo minuman.
BEBERAPA ASPEK PENTING DALAM DESAIN LOGO MINUMAN
Menggunakan Elemen yang Mewakili Merek
Untuk membangun identitas merek yang kuat, penting bagi desain logo untuk minuman menggunakan elemen desain yang bisa mewakili merek. Logo tidak sekadar memiliki nilai estetika dan tampilan yang menarik tetapi juga bisa menyampaikan pesan dan nilai dari merek tersebut.
Elemen tersebut dapat berupa warna, tulisan, font, tekstur atau lainnya. Penggunaan elemen ini bisa diterapkan pada semua aspek desain logo, tetapi jangan berlebihan. Desain logo yang terlalu rumit biasanya sulit diingat dan akan membingungkan pesan merek jika semua elemen dipakai.
Desain Yang Bisa Menggugah Selera Minum
Perlu memperhatikan bahwa logo harus bisa meningkatkan minat pelanggan untuk pembeli. Logo dan nama merek yang biasanya pertama dilihat oleh pelanggan, disini desain berperan untuk memikat dengan tampilannya.
Untuk merek minuman yang fokus menyediakan minuman yang menyegarkan, bisa menggunakan elemen yang bisa menampilkan kesegaran. Ini seperti elemen air atau buah yang dibuat dengan tampak menyegarkan, biasanya juga ada gabungan elemen air, cup dan buah.
Untuk bisnis yang berkonsep menyediakan minuman hangat atau yang menyediakan tempat yang nyaman seperti di cafe, ini bisa menggunakan elemen cangkir. Ikon seperti cangkir atau kopi akan memberikan tampilan sesuai dengan yang ditawarkan bisnis, entah itu minuman yang hangat atau tempat yang nyaman. Minuman yang hangat biasanya diberi elemen tambahan seperti asap yang mengepul.
Penggunaan Elemen Unik Pada Ikon Sebagai Pesan Merek
Sementara untuk memberikan tampilan logo yang unik dan berbeda dari merek lain. Biasanya menggunakan elemen yang tidak terkait dengan minuman seperti bentuk hati, tangan, siren dan tulisan merek. Pemilihan ikon ini biasanya berdasarkan pesan apa yang ingin disampaikan merek atau disesuaikan dengan makna dari nama merek.
Pemilihan ikon yang unik akan menciptakan desain logo yang unik pula. Desain yang berbeda akan membuat logo menonjol di antara banyaknya pesaing. Logo jadi mudah dibedakan dan mudah diingat karena memiliki ciri khas yang mewakili merek itu tersendiri.
Ada banyak dari menggunakan elemen yang berbeda dan unik pada logo minuman. Merek bisa mudah dikenali oleh pelanggan, tetapi logo yang unik terkadang bisa disalahpahami terkait yang mereka jual.
Memilih Desain Logo Yang Responsif
Terkadang desain logo pada bentuk digital akan berbeda bila diterapkan pada media cetak seperti cup. Untuk itu desainer harus bisa membuat desain yang bisa responsif pada berbagai media, baik cetak maupun digital.
Penting untuk memperhatikan pemilihan warna dan jenis font, agar tetap terlihat menarik dan konsisten di berbagai media. Usahakan memilih warna dan font tulisan yang akan terlihat jelas jika diaplikasikan berbagai media.
Tidak hanya pada media cetak, penting untuk membuat desain logo yang bisa beradaptasi dengan perubahan ukuran pada sosial media. Ini berguna untuk keperluan promosi di sosial media, pastikan bentuk logo dan tulisan terlihat jelas pada foto profil untuk akun, postingan feeds, dan story. Beda jenis konten dan jenis sosial media juga biasanya berbeda ukuran.
Tampilan Desain Yang Kreatif
Desain logo haruslah menarik agar bisa memikat pelanggan. Untuk menciptakan desain logo yang menarik perlu memilih ikon yang tepat dan mengeksplorasi ke bentuk yang menarik.
Semakin kreatif bentuk ikon yang dipilih akan membuat desain logo minuman menjadi semakin unik. Ikon yang unik akan mudah diingat dan bisa tampil beda diantara merek lain. Kreasikan logo sekreatif mungkin, jika bisa buatlah logo yang tidak mirip dengan logo atau ikon apapun.
Memiliki Komposisi Yang Pas
Desain logo yang menarik adalah jika memiliki komposisi yang pas baik dari segi warna, jenis font dan ikon logonya. Tujuan utama logo minuman harus bisa menarik pembeli dan meninggalkan kesan dibenak konsumen mereka. Pilih warna yang pas sesuai dengan kesan merek, jangan menggunakan terlalu banyak warna.
Logo minuman dengan tampilan sederhana dan mewakili pesan merek akan mudah diingat oleh konsumen. Tidak perlu menggunakan banyak warna dan elemen tidak penting, gunakan saja elemen yang penting yang berhubungan dengan merek.
KESIMPULAN
Sama seperti logo lainnya logo minuman juga berperan penting dalam mewakili merek dan membangun branding. Untuk bisa membangun identitas yang kuat penting untuk memperhatikan aspek seperti pemilihan ikon, warna dan logo yang responsif. Logo minuman juga harus bisa memikat pelanggan untuk membeli, misalnya dengan membuat logo dengan tampilan menyegarkan. Amati tren logo minuman saat ini dan buat logo berbeda namun tetap relevan.
Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.