Dalam desain logo untuk membangun identitas merek yang kuat, desain logo harus bisa mencerminkan nilai dan karakter merek. Untuk itu ada banyak cara untuk menciptakan desain logo yang bisa dimanfaatkan untuk membangun branding. Salah satunya desain logo yang memiliki keterkaitan dengan nama merek dalam perannya untuk membangun branding.
Dunia bisnis biasa memiliki persaingan yang ketat, banyak bisnis terus bermunculan untuk itu penting membangun identitas visual yang kuat. Sehingga merek bisa dikenali meskipun ada banyak bisnis. Logo yang unik dan mencerminkan nama merek akan mudah diingat, tidak hanya pada bentuk logo tetapi juga nama mereknya.
Membangun identitas merek melalui logo yang kuat dan unik tetapi juga mencerminkan merek dengan baik, akan menarik perhatian. Ini juga bisa membangun reputasi positif dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Desain logo yang tidak memiliki keterkaitan dengan nama merek atau jenis usaha akan sulit dikenali.
Desain logo dan nama merek memiliki peran penting dalam membangun identitas merek yang kuat ditengah persaingan bisnis yang ketat. Keduanya memiliki peran yang saling terkait dalam membangun branding yang kuat dan mudah diingat. Penggunaan elemen penting dalam desain logo akan membantu menciptakan citra merek yang konsisten dan dapat dipercaya.
Artikel ini akan membahas alasan mengapa penting untuk mengaitkan desain logo dengan nama merek, untuk membangun identitas yang kuat. Serta menjelaskan beberapa contoh logo yang memiliki keterkaitan dengan nama merek.
Alasan Mengapa Penting Mengaitkan Desain Logo dengan Nama Merek
Desain logo merupakan identitas merek yang bertugas mewakili merek secara umum. Maka desainnya harus bisa mencerminkan nama merek atau jenis usaha, sekaligus pesan yang ingin disampaikan merek. Utamanya Penting untuk menunjukkan nama merek pada desain logo karena memiliki beberapa manfaat untuk branding. Berikut beberapa alasannya:
Merepresentasikan Identitas Merek
Perlu dipahami jika desain logo bukan hanya tentang gambar atau simbol yang unik, melainkan ekspresi visual dari nilai dan karakter merek. Termasuk juga mencerminkan tujuan merek. Desain logo memang merepresentasikan identitas merek maka identitas merek juga termasuk nama merek.
Nama merek dipilih untuk merepresentasikan banyak hal, seperti karakter, jenis usaha, hingga tujuan merek. Untuk itu penting menjaga keterkaitan bentuk logo dengan nama merek, ini akan menciptakan logo yang mencerminkan identitas merek dengan baik.
Logo yang memiliki elemen nama merek di dalam desainnya akan membantu audiens mengenali merek. Misalnya jika nama merek terkait dengan nama merk terkait isu keberlanjutan lingkungan, logonya bisa menggunakan elemen dari nama merek tersebut.
Memudahkan untuk Dikenali dan Diingat
Ketika desain logo memiliki keterkaitan dengan nama merek maka ini bisa memudahkan audiens mengingat nama merek dengn mudah. Ini sangat bermanfaat dalam membangun kesadaran merek yang kuat. Antara desain logo dan nama merek keduanya menciptakan identitas merek yang kuat untuk diingat dan dikenali audiens.
Desain logo yang memiliki keterkaitan dengan merek akan menciptakan tampilan visual yang konsisten. Jika tampilan visual kuat ini akan memudahkan audiens untuk mengingat merek. Misalnya desain logo menggunakan tulisan nama merek, logo ini akan jauh lebih mudah dikenali dan diingat daripada berbentuk simbol tertentu.
Namun bisa juga bentuk simbol logonya terkait nama merek, ini juga memudahkan untuk mengingat merek. Sebagai contoh logo merek Apple yang menggunakan simbol apple, karena simbolnya terkait dengan nama merek meski hanya simbol saja, merek tetap mudah diingat.
Menyampaikan Pesan Merek
Adanya keterkaitan antara logo dengan nama merek akan menyampaikan komunikasi visual yang efektif. Melalui desain logo, merek biasanya ingin menyampaikan pesan merek melalui tampilan identitas visual. Ini bisa menjadi langkah branding yang kuat sehingga pesan merek tersampaikan dengan baik.
Jika bentuk desain logo sejalan dengan pesan merek, maka ini bisa membantu menyampaikan pesan secara konsisten pada audiens. Biasanya nama merek mengandung pesan merek yang kuat, misalnya pada nama perusahaan di Indonesia yang banyak menggunakan kata “makmur, jaya atau maju” dalam nama perusahaan.
Penggunaan nama ini pada desain logo inisial akan membantu mengenalkan pesan merek melalui tampilan visual. Hal ini menunjukkan bahwa logo dan nama merek membawa pesan yang ingin disampaikan merek.
Memperkuat Persepsi dan Citra Merek
Jika logo dan nama merek konsisten dalam membangun identitas merek maka, ini akan memperkuat pula pandangan dan citra positif terhadap merek. Desain logo yang memiliki keterkaitan dengan nama merek ini akan menunjukkan bahwa logo sebagai identitas visual mencerminkan nilai dan karakteristik merek.
Ketika logo dapat membangun karakteristik merek yang positif ini akan membantu merek mendapatkan kepercayaan pelanggan. Nama merek dan desain logo dipilih dan dirancang agar bisa mencerminkan karakter merek dengan baik, sehingga bisa membangun pandangan dan citra merek.
Contoh Logo yang Memiliki Keterkaitan dengan Nama Merek
Ada beberapa contoh desain logo yang mana memiliki simbol atau ikon yang terkait dengan nama merek. Mengetahui betapa pentingnya membangun identitas melalui desain logo dan nama merek yang salin terkait, bisa dijadikan pertimbangan
Penggunaan Inisial Nama Merek sebagai Desain Logo
Logo yang menggunakan inisial nama merek sebagai desain logo akan membantu memudahkan audiens mengenali identitas merek. Adanya inisial sebagai ikon ini membantu merek membangun kesadaran merek yang kuat. Jika nama merek terlalu panjang, inisial sebagai logo akan memperkuat kehadiran merek dan tetap mencerminkan nama merek dengan baik.
Inisial pada logo tersebut mengambil dari nama merek, ini bisa menunjukkan adanya keterkaitan antara nama merek dengan desain logo. Hal ini akan membantu logo bisa membangun branding melalui nama merek dan logo yang kuat.
Simbol Logo sesuai Nama Merek
Mmebangun identitas melalui logo dan nama merek bisa dikaitkan dengan penggunaan simbol yang sesuai. Simbol logo yang sesuai dengan nama merek akan mudah membantu konsistensi dalam tampilan visual dan membangun branding yang kuat.
Misal, merek teh melati dengan logo bunga melati, ini menunjukkan desain logo yang memiliki keterkaitan dengan nama merek.
Simbol Logo Sesuai dengan Jenis Usaha
Terkadang banyak juga nama merek yang terkait jenis usaha, untuk membangun identitas yang konsisten bisa diterapkan pada logo. Ketika usaha properti seperti contoh “My Dream Property” ini menggunakan logo dengan inisial nama merek yang dipadukan dengan ikon rumah. Ikon rumah tersebut mencerminkan jenis usaha properti, sementara inisial mencerminkan nama merek.
KESIMPULAN
Dalam dunia bisnis era ini yang mana pesaing terus bermunculan, penting bagi merek untuk membangun identitas merek yang kuat. Membangun branding merek yang kuat dapat dengan memanfaatkan nama merek dan desain logo. Ketika desain logo memiliki keterkaitan dengan nama merek sebagai identitas dari merek ini akan menciptakan desain logo yang mudah diingat. Konsistensi akan tercipta ketika logo dan nama memiliki keterkaitan, audiens pun akan mudah mengingat dan mengenali nama merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.