Panduan Memilih Konsep Desain Grafis yang Efektif

Dalam dunia desain, konsep merupakan landasan atau fondasi dasar yang menjadi acuan. Penciptaan desain biasa melibatkan berbagai elemen seperti warna, bentuk, teks dan gambar, yang mana pemilihan elemen ini berdasarkan konsep. Untuk memilih konsep desain, ada beberapa panduan memilih konsep yang perlu diperhatikan agar efektif dan relevan.

Memilih konsep desain adalah hal yang krusial karena akan memengaruhi hasil desainnya. Konsep desain juga memengaruhi efektivitas pesan tersampaikan pada audiens. Desain juga harus memiliki kesesuaian dengan tema atau merek.

Konsep desain biasanya terkait dengan kebutuhan desain. Desain untuk identitas, pemasaran hingga desain UI/UX akan membutuhkan konsep yang berbeda berdasarkan tujuannya. Tujuan dari desain yang akan dibuat adalah landasan dalam menciptakan konsep yang efektif.

Read More

Konsep desain harus efektif dalam menyampaikan pesan pada audiens. Untuk menciptakan konsep yang efektif perlu mempertimbangkan seperti produk, layanan, target pasar hingga kebutuhan pasar. Konsep harus dipilih paling sesuai dengan merek atau produk merek.

Untuk memilih konsep yang efektif dan tepat dengan merek. Perhatikan artikel ini yang akan memberikan panduan dalam memilih konsep desain yang efektif.

Panduan Memilih Konsep Desain yang Efektif

Dalam memilih konsep desain yang efektif perlu memperhatikan tentang tujuan dari desainnya. Setiap konsep dapat memengaruhi efektivitas dari desain. Berikut beberapa panduannya:

Pahami Tujuan Desain

Desain memiliki banyak jenis dan tujuannya, setiap tujuan yang berbeda akan membutuhkan konsep yang berbeda. Konsep desain dapat memengaruhi efektivitas dalam penyampaian desain. Tentukan tujuan terlebih dahulu sebelum memilih konsep yang tepat.

Tentukan apakah desain bertujuan untuk membangun identitas merek, mempromosikan produk, atau menyampaikan informasi penting. Konsep untuk desain yang membangun identitas merek kuat akan cocok dengan konsep sederhana. Sementara desain untuk promosi produk atau layanan harus bisa mencolok dan menarik perhatian.

Setiap kebutuhan dan tujuan desain akan membutuhkan konsep tersendiri agar pesan tersampaikan dengan jelas. Sama halnya dengan desain untuk menyampaikan informasi harus memberikan sorotan pada informasi penting. Memahami tujuan desain akan berguna memilih konsep yang relevan dan efektif.

Memahami Target Audiens

Menentukan konsep desain juga harus memahami target audiens. Setiap desain akan memiliki target audiens yang ingin dijangkau. Untuk itu penting memahami audiens agar bisa memilih konsep yang relevan dengan mereka.

Tentukan target audiens ini terkait produk atau dari usianya. Setiap kelompok pasar memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda akan suatu produk atau layanan. Pastikan produk atau layanan merek sesuai dengan kebutuhan audiens.

Mengetahui kebutuhan audiens akan produk membantu menyusun strategi yang bisa relevan dengan mereka. Pahami cara audiens berbelanja atau menggunakan produk, sehingga strategi pemasaran akan efektif dan relevan.

Konsisten dengan Identitas Merek

Konsep desain untuk logo atau pemasaran haruslah sesuai dengan identitas merek yang sudah ditentukan. Kesesuaian desain dengan identitas merek akan berguna untuk membangun kesadaran merek yang kuat. Desain yang konsisten akan mudah membekas dalam ingatan audiens atau pelanggan.

Konsep desain yang memiliki keterkaitan dengan identitas akan berguna membangun branding merek yang kuat. Meskipun ini menggunakan konsep baru perlu memastikan elemen identitas warna, font, hingga gaya desain tetap digunakan pada apapun konsepnya. Pilih konsep yang bisa menyesuaikan dengan karakter dan nilai merek.

Eksplorasi Berbagai Ide dan Konsep

Dalam memilih konsep untuk desain penting untuk selalu melakukan eksplorasi ide. Berani menciptakan konsep desain yang kreatif dan unik dapat menarik perhatian. Memilih konsep yang kreatif akan membantu desain tampil beda dan menarik.

Konsep desain yang kreatif akan membantu merek mencolok dari desain dari pesaing. Cari tahu tentang berbagai konsep yang bisa sekiranya cocok dengan tujuan desain dan merek. Pilih konsep yang paling sesuai dengan tujuan desain sehingga konsep akan efektif menyampaikan pesan desain.

Relevansi dengan Isi Pesan

Konsep desain yang dipilih harus relevan dengan konten atau pesan yang ingin disampaikan. Misalnya konten tentang alam harus menggunakan konsep elemen desain bertema alam. Adanya kesinambungan pesan desain dengan konsep yang digunakan akan membantu pesan tersampaikan dengan efektif.

Konsep yang relevan dengan isi pesan, bisa memanfaatkan teks dan elemen desain sesuai dengan isinya. Adanya relevansi antara pesan desain dengan konsep akan menciptakan konsistensi. Ini berguna untuk membangun kesadaran merek yang kuat pada audiens.

Perhatikan Tren Terkini

Ketika akan memilih konsep pastikan untuk memantau tren terkini. Konsep desain yang mengambil inspirasi ide dari tren akan menarik perhatian banyak orang. Ini juga dapat membangun citra bahwa merek relevan dengan perubahan tren.

Memanfaatkan tren menjadi konsep desain memang akan menarik perhatian. Namun perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Gunakan konsep desain yang sesuai tren pada desain materi pemasaran tetapi jangan gunakan untuk desain logo. Hal ini karena desain logo harus beradaptasi dengan perubahan zaman.

Untuk menggunakan tren sebagai konsep desain, pastikan tren sesuai dengan nilai, tujuan dan karakter. Agar penggunaan tren bisa efektif menyampaikan pesan desain.

Kesederhanaan adalah Kunci

Dalam membangun desain yang kuat dan efektif. Penting untuk memilih konsep desain yang sederhana namun efektif dan efisien. Konsep desain tidak perlu rumit dan berlebihan untuk menarik perhatian.

Hal ini karena konsep yang sederhana juga cenderung mudah diingat. Konsep desain yang sederhana memungkinkan pesan lebih mudah dipahami daripada desain yang rumit. Penggunaan bentuk yang terlalu simbolis dan tidak umum dapat menghambat pemahaman audiens pada merek.

Pilih Warna yang Sesuai

Konsep desain juga menyangkut dalam pemilihan warna, perlu diingat bahwa sangat memengaruhi hasil desain. Gunakan warna yang sesuai dengan konsep dan merek. Ini termasuk memilih warna yang sesuai karakter atau tujuan merek.

Misalnya konsep desain alam yang identik dengan warna hijau, juga harus sesuai dengan karakter merek. Jika karakter merek adalah profesional dan formal pilih shade warna hijau yang bisa memberikan kesan hal itu. Adanya kesesuaian warna merek dengan warna konsep seperti ini akan berguna membangun identitas yang kuat.

Perhatikan Fungsionalitas

Ketika memilih konsep desain untuk kebutuhan apapun, penting untuk memperhatikan hal seperti fungsionalitas. Terutama jika desain akan digunakan secara luas seperti pada kemasan, pastikan konsep desain yang dipilih memperhatikan fungsionalnya.

Pilih konsep yang cocok dengan kebutuhan dengan memperhatikan bagaimana desain akan digunakan. Apakah konsep desain yang dipilih bisa beradaptasi dengan mudah pada berbagai media dan ukuran, termasuk juga kenyamanan dalam penggunaan.

KESIMPULAN

Konsep desain merupakan hal yang dijadikan landasan untuk menciptakan desain yang menarik dan efektif. Pemilihan konsep desain biasanya mempertimbangkan beberapa hal mulai dari kebutuhan, tujuan hingga efektivitas desainnya. Konsep yang dipilih juga harus memiliki kesesuaian dengan identitas dan tujuan merek. Penting memahami panduan memilih konsep desain agar menciptakan desain yang efektif.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts