Panduan Membangun Desain Logo Inisial Merek yang Kuat

0
(0)

Logo yang kuat dan sederhana akan mudah diingat sehingga bisa membangun identitas merek yang kuat. Seringkali logo yang menggunakan inisial dari nama merek sering jadi pilihan untuk membangun identitas yang kuat dan menarik. Dalam membuat desain logo inisial merek penting memperhatikan beberapa aspek agar logo dapat mencerminkan merek dengan baik.

Dalam logo sendiri ada banyak hal yang bisa dijadikan pilihan sebagai ikon logo. Mulai dari nama merek, ikon tertentu, karakter, hingga inisial dari merek. Penting memilih ikon logo yang bisa mencerminkan merek, agar ketika orang melihat logonya mereka memiliki perkiraan jenis usaha atau layanan dari merek.

Sebuah logo harus bisa mewakili banyak hal tentang merek seperti jenis usaha, nilai, karakter hingga kepercayaan. Sebelum memilih desain logo penting menentukan tujuan dan karakter merek terlebih dahulu. Ini akan memengaruhi pada pemilihan ikon, warna dan jenis tipografi.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Pemilihan ikon sangat penting untuk menampilkan esensi merek dalam logo. Logo inisial dapat mencerminkan identitas merek yang kuat, karena mewakili nama merek dalam bentuk inisial. Dari inisial merek ini kemudian dikreasikan bentuknya seunik mungkin.

PANDUAN MEMBANGUN LOGO INISIAL YANG KUAT

Logo yang kuat dan mudah diingat tentunya berbentuk sederhana dan unik yang mencerminkan nama merek. Selain itu, logo inisial juga lebih responsif karena bentuknya sederhana. Berikut panduan membangun logo inisial yang kuat:

Tentukan Nama Merek dan Pilih Inisial yang Dipakai

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika akan membuat logo inisial adalah menentukan nama merek. Dari sini kemudian dapat diambil inisial namanya untuk dijadikan ikon logo.

Terkadang inisial bisa diambil dari satu, dua bahkan lebih huruf pertama dari setiap kata. Semakin banyak hurufnya desainnya bisa semakin rumit, jika memungkinkan pilih dia huruf saja.

Pahami Merek dan Audiens

Setelah memilih inisial maka perlu juga memahami merek dengan baik mulai dari nilai dan karakteristik merek. Ini akan membantu memikirkan tampilan desain logo seperti apa yang bisa mencerminkan nilai merek dengan baik.

Merek yang ingin menciptakan logo yang terlihat profesional dan dapat dipercaya, terutama untuk perusahaan biasanya akan memiliki tampilan tegas. Setiap bentuk inisial logo dapat mencerminkan karakteristik merek. Logo inisial juga harus bisa mencerminkan tujuan merek.

Selain itu, penting juga memahami target audiens dari merek. Sehingga dapat memperkirakan desain logo inisial bisa mudah dipahami dan diingat audiens. Maka dari itu tentukan nilai dan karakteristik merek yang ingin disampaikan.

Pilih Gaya Desain yang Sesuai

Gaya desain logo dapat ditentukan setelah memahami nilai dan karakteristik merek yang ingin disampaikan pada audiens. Pilih gaya desain logo yang bisa mencerminkan nilai merek dengan baik.

Ada banyak gaya desain yang dapat diterapkan pada logo inisial dari yang sederhana, elegan, kreatif hingga yang kompleks. Pilih gaya desain yang cocok dengan karakteristik merek apakah desain minimalis, modern, klasik, atau gaya retro.

Meskipun ini menggunakan gaya desain logo yang unik dan berbeda, perlu juga memperhatikan apakah desain logonya sesuai dengan Industri dan segmen pasar merek.

Tipografi yang Sesuai Karakter Merek

Pemilihan jenis gaya tulisan pada logo inisial ini penting, karena dapat memengaruhi bentuk ikonnya. Namun terkadang bentuk logo tidak harus menggunakan bentuk dasar huruf, terkadang dibuat sendiri dengan bentuk geometris.

Pilih jenis huruf sesuai karakter merek yang ingin dibangun apakah futuristik, elegan atau kreatif. Jika ingin memberikan kesan modern gunakan logo yang jelas dan tegas, sementara kesan elegan dapat didapatkan dengan huruf bersambung seperti script.

Bisa juga dengan menciptakan huruf custom sendiri, agar dapat dijadikan identitas merek yang kuat dan unik. Terkadang inisial merek dipadukan dengan ikon tertentu agar menciptakan keunikan.

Gunakan Warna dengan Bijak

Tentukan warna merek yang bisa digunakan untuk warna desain logo, warna ini nantinya juga bisa dijadikan warna identitas yang mencerminkan merek. Warna biasanya memberikan daya tarik emosional dan menciptakan nuansa tertentu.

Penting memilih warna yang bisa mewakili karakter dan pesan merek dengan baik. Desain logo inisial bertema futuristik akan cocok dengan warna biru metalik, hitam dan silver. Sementara logo yang berkesan elegan akan cocok dengan paket warna pastel, emas atau putih.

Setiap warna terkadang dapat memberikan kesan tertentu pada logo inisial. Gunakan warna yang dipilih pada logo juga digunakan pada kebutuhan identitas merek lainnya.

Kreasikan Inisial dengan Kreatif

Salah satu hal utama dalam membuat logo inisial yang kuat dan menarik adalah kemampuan mengkreasikan logo inisial tersebut. Huruf inisial merek merupakan elemen kreatif yang akan dibuat semenarik mungkin.

Dalam mengkreasikan logo inisial bisa mengambil inspirasi dari bentuk tertentu seperti bentuk geometris. Untuk mengeksplorasi huruf inisial ini bisa dilakukan menggabungkan huruf inisial kedalam bentuk ini.

Ini melibatkan proses pemilihan huruf, pengaturan tata letak, menggabungkan bentuk-bentuk hingga penekanan agar huruf terlihat jelas meski dalam bentuk yang unik.

Buatlah Sketsa Logo

Dalam membuat desain logo, buatlah sketsa logo sebelum mulai mendesain pada aplikasi desain. Ini akan membantu merencanakan bentuk logo dengan lebih mudah. Buatlah beberapa sketsa sesuai dengan inisial kira-kira bentuk seperti apa yang menarik.

Ini juga berguna untuk melihat apakah logo inisial dapat dipadukan dengan baik dengan elemen-elemen desain yang lainnya. Sketsa ini berguna untuk memikirkan ide dan konsep yang sesuai dengan nilai merek dan memudahkan dalam proses mendesainnya.

Responsif dan Fleksibel pada Berbagai Media

Penting juga memastikan logo inisial fleksibel pada berbagai media. Sehingga bentuk inisial dari logo terlihat dan terbaca dengan jelas. Logo inisial yang sederhana akan mudah digunakan pada berbagai jenis media dan platform tanpa kehilangan kualitas.

Ciptakan desain logo yang bisa terbaca dengan jelas pada berbagai ukuran layar. Termasuk juga tidak kehilangan kualitas pada media cetak.

Hindari Detail yang Rumit

Ketika menciptakan desain logo inisial jangan buat desain logo yang terlalu rumit ini akan membuat inisial merek sulit dibaca. Gunakan desain logo yang sederhana dengan mengkreasikan bentuk huruf.

Dalam logo inisial penting untuk memastikan inisial huruf terlihat jelas, agar bisa mencerminkan nama merek dengan baik. Logo inisial yang sederhana akan mudah diingat dan efektif menjangkau audiens.

Pilih Desainer Profesional

Terkadang membuat logo yang kuat dan mudah diingat namun bisa mencerminkan merek dengan baik bukanlah hal mudah. Gunakan jasa desain logo profesional untuk membantumu menciptakan logo yang kuat dan efektif seperti jasa logo.id.

KESIMPULAN

Desain logo inisial dapat menciptakan identitas merek yang kuat melalui desain yang sederhana dengan mempertimbangkan beberapa aspek penting. Dalam menciptakan logo yang mudah diingat dan bisa mencerminkan nilai, tujuan dan karakteristik dengan baik akan cepat membangun identitas merek yang kuat.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts