Panduan Langkah untuk Merancang Desain Infografis Memukau

Infografis adalah bagian dari karya desain grafis yang menyajikan informasi dalam tampilan visual menarik. Desain infografis menggabungkan elemen-elemen desain seperti gambar, bentuk dan teks. Untuk bisa merancang infografis yang menarik penting mengikuti panduan langkah dengan benar.

Infografis berperan menyajikan informasi penting kedalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami. Terkadang infografis bisa menyederhanakan informasi atau materi yang kompleks ke dalam bentuk infografis sederhana. Ini akan membantu audiens lebih mudah memahami infografis tersebut.

Infografis ini sering digunakan dalam presentasi agar lebih mudah menjelaskan informasi pada audiens. Biasanya banyak digunakan untuk presentasi bisnis, pendidikan atau dalam seminar. Dengan bantuan infografis audiens akan lebih mudah memahami materi yang kompleks.

Read More

Untuk mendesain infografis dengan visual yang menarik perlu memperhatikan penggunaan eleemen dan tata letak. Termasuk juga dalam pemilihan warna dan gaya tulisan pada desain infografis.

Artikel ini akan membahas panduan langkah demi langkah menciptakan desain infografis menarik dan memiliki dampak visual yang kuat. Selain itu juga diharapkan infografis dapat menerangkan materi dengan jelas.

PANDUAN LANGKAH MERANCANG DESAIN INFOGRAFIS

Berikut ini beberapa panduan langkah menciptakan desain infografis memukau yang bisa menyederhanakan informasi kompleks:

  • Tentukan Tujuan dan Informasi Penting
  • Gunakan Data yang Relevan
  • Tentukan Struktur dan Alur Naratif yang Jelas
  • Pastikan Warna dan Gaya Visual Konsisten
  • Gunakan Visualisasi yang Efektif
  • Pilih Tipografi yang Jelas dan Bersih
  • Tambahkan Grafik dan Ilustrasi yang Sesuai
  • Sederhanakan dan Fokuskan Informasi
  • Optimalkan untuk Media Publikasi

Tentukan Tujuan dan Informasi Penting

Ketika akan merancang infografis ada baiknya menentukan tujuan dan informasi dalam infografis yang akan disampaikan dalam desain. Ini akan memudahkan dalam menentukan elemen-elemen penting dan mengatur tata letak sesuai tujuan infografis.

Tentukan apakah infografis akan berisi penjelasan statistik data, penjelasan suatu proses, memvisualisasikan perbandingan atau menjelaskan suatu program. Dengan menentukan informasi yang disajikan akan membantu untuk menentukan konsep infografis yang akan digunakan.

Ketika tujuan dan informasi yang akan disampaikan dalam desain jelas akan memudahkan dalam merancang proses desain infografis. Mulai dari pemilihan elemen hingga penataannya.

Gunakan Data yang Relevan

Ketika ingin memasukkan data ke dalam infografis penting memastikan kebenarannya. Gunakan data yang relevan dan terpercaya, ambil data dari sumber terpercaya dan cantumkan sumbernya.

Pastikan data yang digunakan untuk memberikan informasi pada desain infografis terbaru dan relevan. Selain itu pastikan juga data sesuai dengan tujuan informasi dan membantu dalam menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah.

Tentukan Struktur dan Alur Naratif yang Jelas

Ketika akan mendesain infografis, dari informasi atau pesan yang sudah ditentukan akan disampaikan dalam desain, buatlah kerangkanya terlebih dahulu. Ini akan memudahkan menyusunnya ke dalam bentuk desain yang menarik.

Struktur informasi dalam infografis harus jelas dan disusun sesuai alur naratif informasi yang ingin disampaikan. Jika informasi terstruktur dan disusun dengan baik, tentunya akan memudahkan audiens memahami desain infografis.

Menentukan struktur dan alur akan memudahkan saat menyusun elemen-elemen penting yang akan digunakan. Sehingga menghasilkan infografis yang mudah dipahami dan menarik.

Pastikan Warna dan Gaya Visual Konsisten

Gunakan palet warna yang menarik sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan. Jika infografis mewakili bisnis atau lembaga tertentu bisa juga menggunakan warna identitas dari bisnis tersebut. Namun untuk memberikan tampilan yang lebih menarik menggunakan warna yang berbeda pun tidak masalah.

Pastikan warna yang digunakan konsisten agar audiens dapat mengidentifikasi elemen dengan mudah. Memilih warna yang tepat juga akan menciptakan tampilan visual yang menarik perhatian.

Untuk memberikan tampilan visual yang menarik bisa juga menggunakan flat desain atau ilustrasi, pilih ilustrasi gambar yang sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan.

Gunakan Visualisasi yang Efektif

Dalam memilih bentuk visual, pilih yang menarik dan efektif menyampaikan informasi atau pesan infografis. Adanya visualisasi dari informasi akan memudahkan audiens memahami pesan dari infografis.

Pilih desain visualisasi yang bisa menggambarkan pesan dengan baik. Ada beberapa visualisasi yang kerap digunakan seperti diagram batang, lingkaran, peta panas atau ilustrasi visual. Pilih visualisasi yang sesuai untuk menyampaikan informasi dalam desain.

Pilih Tipografi yang Jelas dan Bersih

Dalam mendesain infografis penting memilih tipografi yang jelas dan bersih agar tulisan informasi penting mudah dibaca. Atur pula ukuran dan ketebalan tipografi agar bisa meningkatkan keterbacaan. Dalam infografis tulisan berperan penting karena membawa informasi yang sudah disederhanakan sehingga harus mudah dibaca.

Untuk memudahkan pembacaan pilih font yang sederhana sehingga mudah dibaca, pastikan penggunaannya konsisten. Selain itu dalam infografis penting untuk menyoroti informasi penting dengan mengatur ukuran dan ketebalan pada tulisan. Pastikan infografis juga membantu pembacaan alur naratif agar tidak membingungkan audiens.

Tambahkan Grafik dan Ilustrasi yang Sesuai

Untuk membuat infografis tampil semakin menarik tambahkan grafik dan ilustrasi yang bisa mendukung pesan dan memudahkan untuk dipahami. Sesuaikan grafik dan ilustrasi dengan kebutuhan infografis, termasuk pemilihan warna dan ukuran.

Gunakan ikon atau gambar yang membantu audiens dapat mengimajinasikan informasi dengan lebih baik. Infografis akan lebih interaktif dan menarik.

Sederhanakan dan Fokuskan Informasi

Sederhanakan informasi atau materi yang ingin disampaikan dalam infografis. Hindari membuat infografis terlalu padat dan teleku penuh informasinya. Sederhanakan dengan tulisan singkat dan ilustrasi yang mendukung.

Berikan fokus informasi apa yang ingin disampaikan, ini berguna untuk memudahkan penyusunan informasi yang sederhana. Infografis yang sederhana akan memudahkan audiens mencerna informasi.

Optimalkan untuk Media Publikasi

Biasanya infografis tidak hanya digunakan secara digital tetapi juga untuk dicetak, seperti pada buku, poster atau lainnya. Jika akan digunakan pada berbagai media penting untuk menyesuaikan format dan ukuran.

Begitu juga untuk digunakan secara online yang diunggah pada sosial media atau sosial media, sesuaikan ukuran yang dibutuhkan sesuai platform.

KESIMPULAN

Infografis biasanya berisi informasi lenting untuk disampaikan pada audiens dalam tampilan visual menarik dan sederhana. Penggunaan struktur dan akur naratif membuat desain infografis lebih menarik. Terkadang digunakan pula tambahan gambar visual dan ilustrasi untuk membuat infografis lebih interaktif.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts