Mengungkap Ciri-ciri Desain Logo Perusahaan yang Efektif

Desain logo pada jenis usaha atau perusahaan apapun merupakan identitas visual yang mencerminkan merek. Sama halnya dengan logo perusahaan, desain logo merupakan elemen penting yang mewakili perusahaan pertama kali.

Desain logo biasanya membentuk persepsi dan berperan dalam embangun citra perusahaan. Maka dari itu penting memilih logo perusahaan mencerminkan karakter dan nilai perusahaan dengan baik. Logo juga berperan untuk membedakan perusahaan dengan yang lainnya.

Desain logo untuk perusahaan biasanya memiliki ciri tersendiri seperti minimalis, sederhana atau monoton. Banyak ditemui logo perusahaan yang sederhana karena untuk membangun kesadaran merek dan branding. Bentuk logo yang terlalu rumit akan sulit diingat.

Read More

Perlu dipikirkan dengan matang saat memilih, tidak hanya mewakili perusahaan tetapi memiliki makna yang penting. Desain logo perusahaan yang baik, jika bisa mewakili nilai, visi dan karakter perusahaan.

Untuk memahami tentang desain logo perusahaan, simak beberapa ciri dari logo perusahaan yang dibahas dalam artikel ini. Ini bisa menjadi pertimbangan saat memilih logo perusahaan.

CIRI-CIRI DESAIN LOGO PERUSAHAAN

Memilih logo terkadang sesuai preferensi pribadi penting, namun ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar logo dapat membangun citra positif untuk perusahaan. Berikut beberapa ciri logo perusahaan:

Logo yang Sederhana dan Mudah Diingat

Berbeda dengan logo usaha seperti makanan atau minuman yang lebih variatif, atau logo make-up yang mengutamakan tipografi, logo perusahaan cenderung sederhana. Logo yang sederhana mencerminkan profesionalisme dan mudah diingat.

Tidak seperti logo lainnya yang memiliki bentuk rumit, logo perusahaan diciptakan dengan sederhana tanpa tambahan ornamen tidak penting. Desain yang efektif juga biasanya sederhana sehingga mudah diingat.

Logo perusahaan dibuat dengan memperhatikan bentuk dan elemen agar terlihat jelas. Elemen terlihat jelas dan sederhana yang memberikan kesan profesional. Logo yang sederhana dan jelas akan memiliki kesan tahan lama

Relevan dengan Bisnis

Saat memilih bentuk ikon penting untuk memikirkan keterkaitannya dengan bisnis. Meskipun ingin menciptakan ikon logo perusahaan yang unik tetap pastikan hubungan dengan jenis perusahaan atau bisnis.

Tentukan visi dan nilai perusahaan yang ingin disampaikan pada publik, pilih ikon yang sekiranya dapat mewakili nilai dan visi. Desain logo yang memiliki keterkaitan dengan industri atau layanan perusahaan akan memudahkan audiens menyadari kehadiran merek.

Misalnya logo perusahaan ingin mencerminkan semangat yang tinggi, bisa menggunakan ikon seperti api atau cheetah. Meskipun memakai ikon yang unik, biasanya akan dibuat dengan model sederhana seperti siluet.

Logo dari Inisial Perusahaan

Desain logo untuk perusahaan biasanya banyak menggunakan logo inisial dari nama perusahaan. Logo yang dihasilkan akan sederhana dan bisa mewakili perusahaan dengan baik.

Penting untuk membuat logo perusahaan yang inisial nama perusahaan tetap terlihat meskipun divariasikan dengan unik. Semakin unik variasinya akan semakin bagus, sehingga logo tidak mirip dengan logo inisial perusahaan lain.

Logo dari inisial juga akan memudahkan untuk diingat dan bisa meningkatkan kesadaran merek. Desain logo inisial dapat mewakili perusahaan dengan baik, terkadang inisialnya divariasikan dengan bentuk lainnya.

Logo Abstrak yang Bermakna

Terkadang logo perusahaan ada yang terbuat dari bentuk abstrak entah itu bentuk geometri, garis-garis atau bentuk lainnya. Bentuk abstrak biasanya terinspirasi dari sesuatu yang kemudian dikreasikan sekreatif mungkin.

Meskipun bentuknya abstrak, logo ini juga biasanya memiliki makna yang dalam. Logo unik bukan berarti sekedar diciptakan tanpa memperhatikan maknanya.

Logo perusahaan yang terbuat dari bentuk abstrak akan menciptakan logo yang unik dan berkesan. Ini dapat menciptakan branding yang kuat dan berbeda dari perusahaan lain.

Fleksibel pada Berbagai Skala

Logo perusahaan biasanya digunakan untuk banyak hal dan pada berbagai media dan perangkat. Penting untuk membuat logo yang mudah beradaptasi pada media cetak dan digital.

Logo perusahaan juga harus mudah untuk dikenali pada berbagai ukuran. Agar logo tetap terlihat jelas bentuknya pada ukuran kecil sekalipun, pastikan bentuk logo sederhana agar fleksibel.

Desain logo perusahaan yang mudah beradaptasi akan lebih mudah dikenali dan diingat. Audiens tidak kesulitan melihat logo dalam berbagai ukuran.

Waktu Tahan Lama

Logo perusahaan biasanya harus bisa mencerminkan identitas yang tahan lama. Selain mewakili harapan perusahaan, logo yang tahan lama tidak perlu sering melakukan rebranding bentuk logo.

Logo perusahaan yang bisa bertahan lama di tengah perubahan tren yang cepat, biasanya memiliki bentuk sederhana. Untuk itu pastikan desain logo tidak menggunakan elemen-elemen yang berdasarkan tren saat ini.

Ini karena tren dapat cepat berubah, sehingga nanti logo tidak relevan seiring berjalannya waktu. Buat logo yang sederhana dan memiliki ketahanan terhadap waktu.

Pemilihan Warna yang Bijak

Dalam memilih logo perusahaan perlu mempertimbangkan warnanya, biasanya warna logo menggunakan warna perusahaan. Perusahaan biasanya memiliki warna yang mencerminkan identitas perusahaan.

Agar desain logo perusahaan tampil sederhana, warna yang digunakan tidak terlalu banyak umumnya satu atau dua warna saja. Pemilihan warna harus mempertimbangkan juga makna atau emosi yang dimiliki suatu warna. Sehingga warna bisa mewakili karakter perusahaan dengan baik.

Terkadang warna bisa memberikan kesan keceriaan atau profesionalisme. Pilih warna yang bisa mewakili citra perusahaan yang diharapkan.

KESIMPULAN

Desain logo adalah identitas bagi perusahaan, sehingga mempertimbangkan banyak hal termasuk nilai, visi hingga kepribadian perusahaan. Logo perusahaan cenderung sederhana namun dapat mewakili identitas perusahaan dengan baik. Melalui pertimbangan jenis ikon, warna hingga maknanya akan membantu menciptakan logo yang kuat. Penting untuk mempertimbangkan dengan matang saat memilih logo agar bisa mencipta branding dan kesadaran merek yang kuat.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts