Mengenal Lebih Dekat: Ciri Khas Desain Interior Minimalis

Dalam mengatur desain interior yang nyaman dan memberikan nuansa minimalis penting untuk memilih fitur yang tepat. Desain interior memiliki banyak jenis gaya desain mulai dari klasik, skandanavian hingga modern. Gaya minimalis pada desain interior pada era modern memiliki ciri khas yang sederhana dan minimalis.

Mengenal Lebih Dekat: Ciri Khas Desain Interior Minimalis

Desain yang minimalis akan menciptakan tampilan yang bersih, rapi dan terorganisir dengan baik. Gaya desain minimalis untuk interior ini cukup populer pada era modern terutama untuk rumah dengan gaya modern. Orang modern cenderung lebih dengan gaya interior sederhana yang melibatkan elemen-elemen desain yang sederhana pula. 

Untuk menciptakan desain interior yang sederhana penting untuk mengetahui ciri khas dari desain interior minimalis. Sesuai dengan namanya interior minimalis didukung oleh furnitur yang sederhana, warna minimalis dan pencahayaan yang alami. 

Read More

Gaya desain interior ini juga menciptakan lingkungan yang tenang, nyaman dan memudahkan pergerakan. Perhatikan pembahasan ini untuk mengetahui beberapa ciri yang khas pada desain interior gaya minimalis. 

CIRI KHAS GAYA DESAIN INTERIOR MINIMALIS

Desain interior dengan gaya minimalis akan berfokus menciptakan tampilan ruang yang sederhana, jelas dan fungsional. Gaya minimalis ini mengurangi penggunaan elemen dekorasi yang berlebihan untuk memberikan kesan ruang yang bersih dan rapi. Berikut beberapa fitur yang khas pada desain interior minimalis yang nyaman:

Kesederhanaan dalam Desain Ruang

Gaya minimalis utamanya fokus untuk menciptakan ruang dengan bentuk yang sederhana. Ruang yang sederhana akan tercipta dengan ukuran ruangan yang luas, dinding bersih dan tata letak furnitur yang rapi. Pertahankan kesederhanaan ruang dengan menghindari penggunaan dekorasi yang berlebihan. 

Minimalkan dekorasi untuk ruang yang minimalis dan menciptakan kesederhanaan. Pilih furnitur dengan bentuk sederhana dan warna netral. Segala furnitur dan hiasan untuk desain interior minimalis harus mengutamakan kesederhanaan. Hindari bentuk yang rumit dengan detail berlebihan. 

Baca juga: Jenis-Jenis Desain Interior: Dari Klasik Hingga Modern

Warna Netral dan Monokromatik

Mengenal Lebih Dekat: Ciri Khas Desain Interior Minimalis

Untuk desain interior pada gaya minimalis biasanya menggunakan warna netral atau monokrom untuk menciptakan kesederhanaan. Warna netral akan membuat desain memiliki kesan Damai, tenang dan bersih. Biasanya warna netral yang sering digunakan seperti warna putih, abu-abu, hitam atau biru. 

Penggunaan warna monokrom dari satu warna dasar yang divariasikan tingkat kecerahan dan kegelapan dapat menciptakan tampilan ruang yang sederhana. Warna monokrom akan menciptakan tampilan ruang yang lebih berdimensi daripada hanya menggunakan satu warna dasar tanpa variasi tingkat kecerahan. Dengan menggunakan warna netral dan monokrom akan menciptakan tampilan bersih dan teratur pada desain interior. 

Pencahayaan Alami yang Optimal

Mengenal Lebih Dekat: Ciri Khas Desain Interior Minimalis

Dalam menciptakan tampilan interior yang sederhana penting untuk mengatur cahaya yang alami. Penggunaan cahaya alami akan memberikan kesan sederhana. Cahaya alami bisa didapatkan dari menggunakan jendela besar, pintu kaca dan atap kaca. 

Ruang desain interior minimalis harus mengurangi penggunaan cahaya buatan atau lampu yang berlebihan. Sehingga penggunaan jendela atau atap terbuka akan membantu menciptakan cahaya alami yang terang. Untuk lampu sebagai penerangan gunakan warna dan bentuk lampu yang sederhana. Hindari penggunaan lampu gantung kristal pada desain minimalis. 

Baca juga: Desain Interior: Memperhatikan Hal-Hal Penting Saat Mendesain

Penggunaan Bahan dan Tekstur yang Alami

Desain interior yang sederhana juga harus disertai pemilihan bahan dan tekstur yang alami. Gaya desain interior minimalis akan cocok dengan bahan alami seperti kayu, batu dan kaca untuk interior. Furnitur yang terbuat dari kayu seperti lemari meja dan kursi dengan desain sederhana akan mendukung tampilan minimalis. 

Batu marmer untuk keramik atau meja juga bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi gaya minimalis. Jangan gunakan motif berlebihan atau rumit untuk keramik, pertahankan kesederhanaan dengan keramik tanpa motif. Penggunaan tekstur serat kayu, batu alam dan kain linen akan memberikan dimensi visual dan kesan yang hangat. 

Ruang Terbuka dan Fungsional

Mengenal Lebih Dekat: Ciri Khas Desain Interior Minimalis

Pada interior minimalis perhatikan pula untuk menciptakan kesan ruang yang terbuka dan fungsional. Tata letak furnitur dan penggunaan furnitur yang terbatas akan menciptakan kesan ruang yang luas. Selain itu penggunaan kaca yang besar bisa menciptakan kesan ruang luas. 

Untuk menciptakan kesan ruang yang luas penting untuk memilih bentuk furnitur yang sederhana, hindari bentuk furnitur yang rumit. Pastikan furnitur yang dipilih untuk desain interior gaya minimalis memiliki fungsi yang optimal. Penempatan ruang penyimpanan tersembunyi seperti dibawah tangga atau di dalam dinding akan menciptakan tampilan interior yang bersih dan rapi. 

Baca juga: Faktor yang Memengaruhi Desain Interior Ruang Kerja

Dekorasi yang Minimalis dan Terpilih

Dalam desain interior minimalis yang menekankan tampilan ruang sederhana. Untuk menciptakan kesederhanaan penting memilih dekorasi yang sederhana. Penting untuk memilih dekorasi yang memiliki sentuhan personal seperti lukisan atau foto namun tidak mengganggu tampilan ruang yang sederhana. 

Dekorasi tanamannya hias akan bisa mendukung tampilan desain minimalis yang menarik. Karya seni modern juga bisa digunakan untuk dekorasi yang menarik dan memberikan kesan modern. 

Simetri dan Keseimbangan

Ciri khas lain dari interior minimalis adalah tata letak furnitur yang simetris. Biasanya dekorasi dan furnitur akan diatur untuk menciptakan keseimbangan visual yang menarik. Ketika tata letak dekorasi dan elemen di tempatkan dengan harmonis ini akan membuat ruangan terlihat rapi. Perhatikan pemilihan bentuk, warna dan motif agar menciptakan kesan sederhana dan terlihat harmonis dalam menciptakan keseimbangan visual ruangan. 

KESIMPULAN

Dalam merancang desain interior dengan gaya minimalis penting untuk memerhatikan beberapa hal penting seperti kesederhanaan. Desain interior minimalis umumnya menggunakan warna terbatas, furnitur sederhana dan cahaya alami. Gaya minimalis ini dirancang untuk menciptakan tampilan yang rapi, bersih dan teratur pada ruangan. Gaya minimalis sering dipilih karena menciptakan kesan yang elegan dan nyaman. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts