Memikat Perhatian: Pertimbangan Memilih Warna Desain Kemasan

Spread the love

Desain kemasan produk harus dirancang dengan efektif untuk bisa menarik perhatian audiens terutama dalam rak toko. Dalam mendesain kemasan yang menarik salah satu elemen penting yang terlibat adalah warna. Penting untuk bisa memilih warna yang tepat untuk kemasan, dengan memerhatikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Warna desain kemasan harus memikat perhatian dan bisa mencerminkan produk dengan baik. Umumnya audiens akan melihat warna terlebih dahulu sebelum membaca pesan dalam kemasan. Hal ini karena warna akan menjadi elemen pertama yang terlihat dari kejauhan.

Untuk itu penting mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih warna yang tepat untuk desain kemasan. Desain kemasan harus memiliki warna yang menarik perhatian untuk meningkatkan daya beli konsumen. Simak beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih warna yang tepat untuk desain kemasan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

HAL YANG DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMILIH WARNA DESAIN KEMASAN

Memilih warna untuk desain kemasan penting untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti tujuan, identitas merek dan kesesuaian dengan produk. Simak beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih warna untuk desain kemasan yang efektif:

Tujuan Produk

Memikat Perhatian: Pertimbangan Memilih Warna Desain Kemasan

Dalam merancang desain kemasan yang menarik penting untuk memerhatikan warna desain kemasan bisa menunjukkan tujuan produk dengan efektif. Biasanya pemilihan warna kemasan memiliki beberapa tujuan, seperti menarik perhatian di rak toko dan menonjol di antara pesaing. Selain itu warna juga berperan penting dalam menciptakan kesan tertentu seperti keceriaan, kesegaran hingga kemewahan.

Tentukan tujuan pemilihan warna dalam desain kemasan agar bisa efektif sesuai dengan tujuannya. Terkadang warna dalam desain kemasan juga disesuaikan dengan warna identitas merek untuk membangun konsistensi visual identitas. Dengan menentukan tujuan dari pemilihan warna kemasan ini akan membantu memilih warna yang sesuai. Misalnya tujuannya untuk menunjukkan keberlanjutan bisa menggunakan warna seperti hijau dan warna alam lainnya.

Baca juga: Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Teks dalam Desain Grafis

Target Audiens

Dalam memilih warna untuk desain kemasan penting untuk memerhatikan siapa target audiens dari produk tersebut. Hal ini karena terkadang beberapa kelompok audiens memiliki ketertarikan yang berbeda. Misalnya anak muda akan lebih menyukai warna kemasan yang menarik seperti pastel atau warna netral yang sederhana.

Jika produk menyasar target audiens tertentu penting untuk mengetahui warna yang bisa menarik perhatian mereka. Hal ini agar desain kemasan bisa memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Warna untuk produk anak-anak mungkin akan berbeda dengan warna yang bisa menarik perhatian orang dewasa. Penting untuk melakukan riset warna apa yang bisa menarik perhatian target audiens tertentu, sesuaikan warna kemasan dengan preferensi audiens.

Konsistensi Merek

Memikat Perhatian: Pertimbangan Memilih Warna Desain Kemasan

Warna untuk desain kemasan juga perlu untuk menciptakan konsistensi dengan identitas merek atau nilai-nilai merek. Desain kemasan bisa diberi warna yang bisa membangun konsistensi visual yang mencerminkan merek dengan baik. Warna kemasan yang disesuaikan dengan identitas merek akan membantu dalam membangun kesadaran merek yang kuat.

Desain kemasan juga bisa menggunakan kemasan yang bisa mewakili nilai-nilai merek, misalnya warna yang mencerminkan keberlanjutan seperti hijau. Dapat juga mencerminkan karakter merek yang ceria dengan pemilihan warna cerah dan warna-warni untuk desain kemasan. Penting untuk memastikan warna kemasan yang selaras dengan waran dalam logo atau identitas merek. Ini akan menciptakan konsistensi visual dan membangun branding yang kuat.

Keterbacaan

Dalam memilih warna kemasan perlu untuk mempertimbangkan keterbacaan tulisan dalam kemasan. Biasanya dalam desain kemasan terdapat banyak informasi penting seperti judul produk, produsen, tanggal kadaluarsa hingga tabel gizi. Penting untuk memilih warna yang bisa memberikan kejelasan informasi produk sehingga bisa mudah untuk dibaca oleh konsumen.

Pastikan untuk memilih warna kemasan yang bisa membuat teks tetap mudah dibaca, sehingga informasi penting tersampaikan dengan jelas. Dalam memilih warna kemasan pertimbangkan juga untuk menggunakan warna yang bisa memberikan kontras yang jelas pada teks dengan latar belakang. Selain itu pertimbangkan juga apakah warna teks bisa memberikan tetap terlihat jelas pada tingkat pencahayaan yang berbeda.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Keterbacaan Tipografi dalam Desain

Perhatikan Psikologis

Memikat Perhatian: Pertimbangan Memilih Warna Desain Kemasan

Setiap warna bisa memberikan kesan dan perasaan tertentu pada audiens, karena setiap warna memiliki makna psikologis. Warna dalam kemasan dapat memengaruhi persepsi konsumen pada produk. Warna bisa membuat audiens memiliki pandang tertentu pada produk apakah kesegaran, keceriaan atau gairah.

Untuk memilih warna yang disesuaikan dengan makan psikologis, perhatikan makna atau pesan seperti apa yang ingin disampaikan pada merek. Persepsi warna kemasan yang ingin disampaikan bisa disesuaikan dengan identitas atau karakter merek. Pertimbangkan pesan yang ingin dikomunikasikan oleh merek pada konsumen, agar warna kemasan bisa efektif.

Warna Kompetitor

Dalam merancang desain kemasan, penting juga memilih warna yang beda dengan pesaing, hal ini agar merek bisa mudah dibedakan. Terkadang beberapa merek atau jenis usaha tertentu memiliki ciri warna yang khas. Penting untuk menghindari pemilihan warna kemasan yang mirip dengan pesaing.

Agar desain kemasan bisa mencolok di rak toko ataupun dalam platform e-commerce, penting untuk membedakan diri dari pesaing. Pastikan untuk menggunakan warna yang berbeda dari pesaing tapi bisa mencerminkan merek dengan baik. Warna yang berbeda dari pesaing akan membuat merek terlihat unik dan berbeda, misalnya pada merek minuman yang kebanyakan menggunakan biru, cobalah untuk memilih warna lain agar kemasan mencolok.

Baca juga: Peran Utama Warna dalam Desain Grafis yang Estetika

Komposisi Warna

Pertimbangkan dalam memilih warna yang bisa menciptakan keseimbangan visual dalam desain kemasan. Warna-warna dalam desain harus bisa berinteraksi dengan elemen lainnya, penting untuk warna bisa menciptakan keharmonisan visual. Kemasan bisa menggunakan lebih dari satu warna untuk membuat desain kemasan semakin menarik. Dalam memilih kombinasi warna perhatikan kesesuaiannya agar bisa menciptakan estetika yang menarik perhatian.

Pertimbangkan Teknik Percetakan

Dalam memilih warna untuk kemasan juga perlu mempertimbangkan teknik pencetakan atau jenis media kemasan. Hal ini karena warna dalam versi digital dan versi cetaknya bisa berbeda. Pastikan warna yang dipilih bisa menciptakan kesesuaian dan konsistensi ketika dicetak agar hasil desain tetap menarik.

KESIMPULAN

Dalam memilih warna untuk desain kemasan penting untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti tujuan, preferensi audiens dan konsistensi merek. Warna desain kemasan memiliki peran penting dalam menarik perhatian konsumen dan memengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu perlu dipilih dengan bijak dan mempertimbangkan beberapa faktor.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts