Langkah-langkah Kreatif dalam Mendesain Buku Planner

Dalam kehidupan sehari-hari untuk melakukan perencanaan kerja, kegiatan sekolah hingga proyek tertentu, dapat menggunakan buku planner. Buku planner berisi banyak hal menarik untuk mengatur catatan kegiatan harian pemiliknya. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mendesain buku planner yang menarik.

Buku planner memiliki peran penting untuk memudahkan pengguna mengatur jadwal, kegiatan, dan lainnya sesuai dengan konteks. Desain planner sendiri terkadang disesuaikan dengan tujuannya. Mulai dari kebutuhan catatan harian, mengatur jadwal studi dan kebutuhan pekerjaan.

Menggunakan planner memudahkan pengguna mengatur jadwalnya dengan cermat tanpa takut ada yang terlupakan. Untuk itu dalam mendesain buku planner penting memahami fungsi dan kebutuhan penggunaan. Ini akan membantu menentukan apa saja yang harus ada dalam planner.

Read More

Mengetahui kebutuhan penggunaan, akan membantu mendesain planner dengan bijak. Penggunaan elemen desain dapat dimanfaatkan untuk menciptakan planner yang menarik. Planner bukan hanya sebuah buku untuk mengatur jadwal tetapi juga bagian lifestyle orang modern yang sibuk.

Untuk mendesain planner dengan menarik, simak artikel ini yang akan membahas beberapa tips menciptakan desain planner yang disesuaikan dengan fungsinya.

BEBERAPA TIPS MENDESAIN BUKU PLANNER YANG MENARIK

Dalam mendesain planner penting untuk memperhatikan beberapa hal termasuk detail dan fungsi planner tersebut. Berikut beberapa tips mendesain planner yang efektif:

Tentukan Tujuan Penggunaan

Planner memiliki beberapa penggunaan, penting menentukan tujuan penggunaan planner agar desainnya sesuai kegunaannya. Kegunaan yang berbeda juga memiliki desain planner yang berbeda. Tentukan tujuan dari desain planner yang akan dibuat, untuk memudahkan proses menyusun desain.

Tentukan tujuan penggunaan dari planner apakah untuk keperluan pekerjaan, studi atau kegiatan sehari-hari. Susunan desain planner akan berbeda untuk keperluan yang berbeda pula. Di dalam ada fitur-fitur dan struktur yang disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk kebutuhan studi terdapat fitur jadwal pelajaran.

Pilih Ukuran yang Sesuai

Ukuran planner bisanya juga beragam, mulai dari yang kecil hingga sebesar buku. Ukuran untuk planner terkadang disesuaikan dengan ukuran format kertas seperti A6 atau A5. Biasanya ukuran planner ini disesuaikan dengan kebutuhan pula.

Ketika ingin mendesain planner tentukan ukuran terlebih dahulu dengan mempertimbangkan kegunaan dan efektivitas penyimpanan. Planner berukuran kecil mudah dibawa kemana-mana dan juga praktis. Sementara ukuran sedang dapat digunakan untuk kebutuhan kerja dan studi yang bisa berisi lebih banyak fitur.

Ukuran planner juga ditentukan dari ketebalan dan kebutuhannya, apakah planner bulanan atau tahunan. Ini akan mempengaruhi ketebalan dan ukuran plannernya, pastikan ukurannya tetap efisien untuk dibawa bepergian.

Rancang Tata Letak yang Logis

Pastikan tata letak dalam desain planner logis dan mudah untuk dipahami. Pahami apa saja isi dalam planner yang perlu ada, Susun tata letaknya dengan rapi untuk memudahkan dalam penggunaan. Biasanya isi seperti kalender catatan hingga jadwal disesuaikan untuk kebutuhan.

Pastikan susunan planner memiliki sisa ruang kosong untuk digunakan sebagai catatan. Jarak antar fitur dalam planner harus mempertimbangkan kebutuhan penulisan. Atur juga struktur halaman yang rapi dengan memperkirakan kebiasaan pengguna menggunakan planner.

Gunakan Kalender dan Waktu

Dalam planner biasanya terdapat kalender dan waktu yang disesuaikan dengan waktu tahun planner akan dirilis. Biasanya planner akan dirilis pada awal tahun atau akhir tahun, penting untuk menyesuaikan dengan planner dengan waktu terkini. Pastikan desain kalender terlihat jelas dan mudah dibaca.

Desain kalender biasanya ada beberapa format dalam planner seperti format bulanan, mingguan dan harian. Format harian dapat dijadikan sebagai pengatur jadwal, sementara bulanan biasanya untuk menandai hari. Pada desain kalender dalam planner tambahkan tempat untuk catatan yang bisa digunakan menuliskan rencana dan tujuan.

Integrasikan To-Do List dan Catatan

Didalam planner bisanya juga terdapat untuk menuliskan to-do list dan catatan. Desain untuk fitur to-do list dengan menarik dan memudahkan pengguna mengatur to-do list dengan mudah. Ciptakan desain to-do list yang beragam mulai dari harian, mingguan dan bulanan, desain to-do list dengan menarik dengan menambahkan gambar-gambar lucu atau ikon yang variatif. Selain itu tambahkan fitur untuk catatan, untuk digunakan mencatat ide-ide penting.

Gunakan Kode Warna

Dalam desain planner terkadang juga menggunakan kode warna untuk membedakan kategori, seperti catatan, to-do list, kalender dan lainnya. Penggunaan Warna-warna yang beragam akan membuat memiliki tampilan visual yang menarik. Terkadang warna dalam planner disesuaikan untuk kebutuhan pekerjaan, pendidikan atau kegiatan sehari-hari.

Gunakan kode warna untuk membedakan kategori atau jenis kegiatan. Misalnya, warna tertentu untuk pekerjaan, pendidikan, atau kegiatan pribadi.

Tambahkan Seksi Perencanaan Bulanan atau Tahunan

Dalam desain buku planner terdapat juga seksi untuk menuliskan perencanaan bulanan atau tahunan. Seksi untuk perencanaan tahunan dan bulanan akan memudahkan pengguna mengatur jadwal atau gambaran besar selama periode tertentu. Sisipkan desain untuk mengatur jadwal tahunan atau bulanan dengan menarik.

Desain Sampul Menarik

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam desain buku planner adalah desain sampulnya. Desain sampul planner yang menarik secara visual akan meningkatkan daya tarik pada pengguna.

Terkadang sampulnya menggunakan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Warna netral banyak digunakan untuk planner pekerjaan, sementara warna-warni yang cerah cocok untuk planner studi dan kegiatan sehari-hari. Penting untuk memperhatikan desain sampul, karena ini menjadi elemen pertama untuk menarik perhatian pembeli.

Berikan Ruang untuk Inspirasi atau Refleksi

Ada banyak elemen yang bisa digunakan dalam desain buku planner untuk meningkatkan fungsinya. Tambahkan halaman yang berguna untuk menuliskan kutipan, ide inspirasi atau ruang untuk refleksi. Semakin banyak elemen dan fitur dalam planner akan semakin meningkatkan daya tarik planner.

Pilih Jenis Kertas yang Tepat

Dalam desain planner penting untuk memilih jenis kertas, untuk menghasilkan desain planner yang menarik. Pastikan kualitas kertas memudahkan untuk penulisan ketika digunakan pengguna.

Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Gunakan font yang menarik dan unik pada teks judul-judul elemen dalam planner. Font yang kreatif namun masih bisa dibaca akan meningkatkan daya tarik visual planner. Atur juga ukurannya agar tidak terlalu besar dan kecil, sesuaikan kebutuhan desain. Pastikan jenis huruf memudahkan keterbacaan dan kenyamanan dalam menulis.

Tambahkan Fitur Interaktif (Jika Aplikasi Digital):

Desain planner untuk aplikasi digital gunakan fitur-fitur yang interaktif untuk menulis catatan. Tambahkan fitur untuk menggambar, pengingat acara, tautan link, dan stiker-stiker menarik. Desain planner akan semakin menarik perhatian dan mmebuat pengguna merasa puas dengan aplikasi planner.

Berikan Ruang untuk Personalisasi

Tambahkan ruang kosong yang hanya berupa garis atau kosong tanpa elemen apapun. Ruang kosong ini berguna untuk memudahkan pengguna menulis atau menggambar sesuai dengan keinginan mereka.

KESIMPULAN

Untuk menciptakan desain planner yang menarik, perhatikan beberapa tips mendesain buku planner tersebut. Pastikan desain disesuaikan dengan tujuan penggunaan planner. Isi planner untuk setiap tujuan penggunaan yang berbeda juga memiliki elemen dan fitur yang berbeda. Ciptakan desain planner yang menarik secara visual dan memiliki fungsi yang praktis.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts