Media sosial telah menjadi platform digital favorit banyak orang untuk menghabiskan waktu menjelajah konten yang menarik. Desain konten pada media sosial ini cukup beragam, yang mana desainnya akan memiliki ketentuan yang berbeda. Untuk menciptakan desain konten media sosial memikat, ada beberapa kunci dalam menciptakan desain yang menarik.
Media sosial menjadi platform yang multi fungsi karena dapat embangun branding, emasarkan produk dan layanan serta mengkomunikasikan pesan. Menurut penelitian pemasaran produk lebih efektif melalui media sosial. Lebih dari 40% pembelian dan langganan produk dilakukan menggunakan mobile, yang mana banyak orang menggunakan media sosial untuk mencari layanan atau produk yang diinginkan.
TIPS MEMANFAATKAN KONTEN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI
Platform yang banyak dikunjungi orang ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mempromosikan sesuatu menggunakan desain menarik. Desain grafis berperan untuk memastikan desain konten pada media sosial bisa memikat perhatian audiens. Perhatikan beberapa kunci menciptakan desain konten menarik untuk media sosial1.
Optimalkan Semua Konten dengan Desain Menarik
Setiap media sosial akan memiliki jenis konten yang berbeda oleh karena itu penting menyesuaikan jenis konten apa saja yang ingin dibuat. Jenis konten instagram untuk facebook akan memiliki variasi jenis konten dan ukuran yang berbeda. Desain pemasaran jika memiliki ukuran sama untuk digunakan pada konten berbeda tidak akan efektif.
Baca juga: Desain Konten Media Sosial yang Memiliki Daya Bagikan Tinggi
Selalu ciptakan desain grafis yang disesuaikan konten apa saja yang ada pada media sosial yang digunakan. Sehingga ukurannya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan konten agar terbaca dengan baik. Sementara jenis konten dalam media sosial cukup beragam seperti:
Postingan atau Feeds:
Hampir seluruh media sosial memiliki gambar atau ukuran masing-masing untuk postingan konten. Desain konten yang efektif sebaiknya memiliki ukuran konten yang menyesuaikan dengan setiap media sosial. Untuk ukuran postingan media sosial memiliki ukuran 1080 x 1080 piksel. Akan berbeda lagi untuk ukuran postingan facebook 1200 x 4620 piksel, setiap media sosial akan memiliki ukuran yang berbeda.
Story:
Sementara konten story tidak semua media sosial punya, ukuran tory pun beragam pada setiap media sosial. Media sosial yang memiliki konten story adalah instagram dan facebook. Penggunaan story ini tidak seperti feeds yang berlaku lama, story hanya bertahan 24 jam, dan memiliki waktu hitungan detik untuk memikat audiens. Untuk itu desain konten story harus fokus pada pesan utama saja, dan tampil memikat dalam sekali lihat.
Foto Profil:
Setiap akun media sosial wajib memiliki foto profil agar mudah diidentifikasi dan dikenali. Ukuran foto profil dalam setiap media sosial akan berbeda-beda, pada instagram foto profil disarankan menggunakan 110 x 110 piksel. Sementara untuk facebook disarankan memiliki ukuran 180 x 180 piksel agar foto profil terlihat jelas. Umumnya foto profil untuk akun brand atau bisnis akan menggunakan desain logo.
Sampul (Facebook dan Twitter):
Beberapa media sosial memiliki desain konten untuk sampul seperti pada media sosial facebook dan twitter. Untuk ukuran sampul biasanya memanjang seperti banner, untuk twitter sampul memiliki ukuran konten 1500 x 500 piksel, sementara facebook memiliki ukuran 820 x 312 piksel. Konten desain sampul biasanya akan berisi promosi produk atau keterangan visi misi perusahaan.
Cover Video untuk Reel:
Saat ini konten di media sosial terus dikembangkan dan semakin beragam, termasuk beberapa media sosial menambahkan konten video singkat seperti reel instagram atau video short youtube. Untuk membuat konten menarik perhatian audiens, penting untuk menciptakan desain sampul konten yang menarik sesuai isi konten. Seringkali cover video konten dengan desain menarik efektif memikat audiens untuk menonton isi konten.
Pilih Layout dan Gaya Desain Konsisten
Untuk menciptakan desain konten yang konsisten pilih jenis layout untuk digunakan secara konsisten. Konten yang efektif untuk membangun identitas brand yang kuat sebaiknya menggunakan layout yang konsisten. Untuk konten instagram ada jenis layout seperti row by row, crossfade dan tiles.
Selain layout gunakan gaya desain yang konsisten, jika perlu ciptakan template untuk digunakan pada setiap postingan. Perhatikan bagaimana brand-brand besar memiliki template yang sama pada semua postingan untuk menciptakan konsistensi dan kesan profesional. Jika gaya desain setiap postingan terus berubah merek akan terlihat tidak profesional dan desain feeds tampak berantakan.
Baca juga: Kunci Menciptakan Desain Konten Instagram Konsisten
Untuk menciptakan konsistensi desain konten media sosial, perhatikan beberapa hal ini:
Elemen Visual yang Konsisten:
Tentukan elemen-elemen visual yang akan digunakan secara konsisten dalam setiap postingan. Elemen identitas merek akan membantu menciptakan konsistensi desain visual konten. Elemen visual seperti tipografi, ilustrasi, layout, warna dan ikon-ikon harus mencerminkan identitas merek. Gunakan secara konsisten agar desain feeds terlihat rapi, jika perlu ciptakan template yang sama.
Konten yang Berkelanjutan:
Untuk menciptakan konsistensi desain konten pada media sosial, perhatikan juga isi konten yang akan diciptakan. Terkadang penggunaan konten yang berkelanjutan menunjukkan jika merek memiliki kesan profesional, karena mengorganisir konten dengan baik. Konten yang berkelanjutan biasanya akan memiliki template desain yang sama sehingga menciptakan konsistensi.
Gaya Desain yang Sama:
Untuk memastikan konten dalam media sosial terlihat konsisten dan profesional, gaya desain yang digunakan juga harus konsisten. Setiap brand atau akun media sosial harus memiliki gaya desain yang konsisten untuk digunakan dalam waktu yang lama. Beberapa gaya desain yang umum seperti desain retro, minimalis, futuristik dan lainnya. Jika setiap postingan memiliki gaya desain berbeda, tampilan desain tidak akan konsisten dan merepresentasikan identitas merek dengan baik.
Ikuti Tren Desain
Berbeda dengan desain grafis untuk logo, desain konten bisa memanfaatkan tren desain untuk memikat perhatian audiens. Gaya desain atau elemen desain yang sedang tren akan efektif memikat perhatian. Terutama untuk desain konten yang menargetkan anak muda, konten akan terlihat relevan.
Mengikuti perkembangan tren membuat merek terlihat selalu relevan dengan perubahan dan mau untuk berkembang. Mempertahankan ciri khas memang penting tetapi mengikuti tren akan efektif menaikkan pengunjung akun media sosial.
Baca juga: 7 Tren Desain Branding Visual Terbaru
TREN DAN IDE DESAIN MEDIA SOSIAL MEMIKAT
Gaya desain yang populer dan menjadi tren untuk konten media sosial2 biasanya dipengaruhi oleh banyak hal. Beberapa tren desain untuk konten memanfaatkan perubahan teknologi dan fitur menarik yang disediakan oleh media sosial dan software desain. Berikut beberapa tren desainnya:
- Pilih Palet Warna yang Cocok dengan Dark Mode
- Motion Grafik
- Hand-drawn Illustration untuk Konten
- Visual Storytelling atau Infografis
- Layout Menarik atau Carousel Design
- Konten yang Berkelanjutan
- Tema Y2K dan Retro Estetik
Gunakan beberapa tren tersebut untuk memikat audiens agar mau membaca informasi atau pesan dalam konten. Desain visual sangat berperan penting dalam membantu konten efektif mengkomunikasikan pesan merek. Termasuk untuk mempromosikan produk atau layanan, desain konten yang menarik akan lebih efektif jika menggunakan tren elemen visual.
KESIMPULAN
Untuk menciptakan tampilan desain konten media sosial yang memikat perhatian, penting untuk selalu mengikuti perubahan tren dan konsisten. Konten media sosial yang baik juga harus menyesuaikan penggunaan layout dan gaya desain yang konsisten. Media sosial harus dimanfaatkan dengan optimal dengan desain konten menarik untuk mempromosikan produk, layanan dan membangun branding yang solid. Beberappa kunci dalam menciptakan desain konten menarik tersebut, akan membantu membangun branding brand yang kuat.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.