Kesalahan Desain yang Sering Terjadi dalam Desain Pemasaran

Spread the love

Ketika ingin menciptakan desain pemasaran yang efektif, tampilan visual harus menarik dan pesan jelas. Desain pemasaran harus memiliki tampilan yang bisa memikat audiens dalam sekali lihat, selain itu pesan pemasaran yang disampaikan harus jelas dan mudah dipahami. Dalam menciptakan desain pemasaran, terkadang terjadi beberapa kesalahan yang bisa membuat desain menjadi kurang efektif.

Desain grafis untuk kebutuhan pemasaran dapat berupa, poster, brosur, banner, atau katalog. Desain-desain tersebut akan digunakan untuk berbagai media, platform dan ukuran yang berbeda. Tampilan harus menarik agar audiens dan calon konsumen tertarik untuk membaca informasi dan melakukan tindakan pembelian.

Saat ingin menciptakan desain pemasaran yang menarik, terkadang bisa terjadi kesalahan jika terlalu berlebihan. Penting untuk memperhatikan pemilihan elemen dan pesan yang disampaikan agar efektif. Dengan menghindari kesalahan yang bisa terjadi ketika menciptakan desain pemasaran akan membantu menyampaikan pesan dengan efektif.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

KESALAHAN YANG SERING TERJADI DALAM DESAIN PEMASARAN

Desain pemasaran harus memilih elemen yang menarik dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Terkadang desain pemasaran bisa cukup kompleks dan perlu sesuai dengan target audiens atau tujuan pemasarannya, sehingga tidak mudah untuk menyusun desain menarik. Hindari beberapa kesalahan dalam desain pemasaran berikut ini:

Tidak Memahami Target Audiens

Kesalahan Desain yang Sering Terjadi dalam Desain Pemasaran

Desain grafis untuk pemasaran bisa tidak efektif jika tidak memerhatikan target audiens ketika menciptakan desain. Terkadang audiens tertentu akan memiliki preferensi dan minat berbeda tentang gaya desain. Pahami minat dan preferensi audiens berdasarkan rentang usia, ketertarikan hingga gaya visual yang mereka sukai.

Pemasaran yang menargetkan kelompok audiens berbeda akan membutuhkan gaya visual yang berbeda pula. Desain pemasaran acara musik yang menargetkan anak muda akan kurang menarik minat mereka, bila menggunakan gaya formal. Begitu pula jika pemasaran produk menggunakan gaya visual terlalu rumit dan artistik, malah kurang efektif karena pesan pemasaran jadi tidak jelas. 

Tentukan siapa target audiens dan tempat dimana ingin menjangkau audiens tersebut. Misalnya audiens anak muda, desain pemasaran harus kreatif dan efektif untuk ditampilkan pada media sosial. 

Desain yang Terlalu Berantakan atau Padat

Kesalahan Desain yang Sering Terjadi dalam Desain Pemasaran

Desain pemasaran harus bisa menarik perhatian dalam waktu singkat, ingat tujuan utama pemasaran agar informasi sampai pada audiens dengan efektif. Elemen pada desain ini harus sederhana agar audiens bisa langsung tahu pesan utama. Jika desain pemasaran terlalu kompleks menjelaskan detail ini bisa membuat desain tidak memiliki fokus utama. 

Tampilan desain juga akan berantakan jika menggunakan terlalu banyak elemen, fokuskan desain pemasaran dengan pesan utama. Gunakan elemen yang penting saja, jangan terlalu menjelaskan detail atau deskripsi terutama untuk promosi diskon. Desain pemasaran ruang yang luas akan memudahkan audiens dalam membaca informasi dan fokus pada informasi utama saja. Tampilannya akan lebih rapi sehingga pesan utama pemasaran tersampaikan dengan baik baik itu diskon, peluncuran produk baru atau lainnya. 

Baca juga: Mengapa Kesederhanaan Penting Dalam Desain Pemasaran?

Kurangnya Konsistensi Branding

Dalam desain pemasaran penting untuk menciptakan konsistensi dalam branding agar desain pemasaran juga efektif membangun merek. Seringkali karena fokus dalam menyampaikan pesan pemasaran, malah kurang fokus dengan elemen branding. Jika desain pemasaran tidak menggunakan elemen branding, audiens kesulitan mengenali merek sehingga tidak efektif mengenakan merek. 

Gunakan elemen branding dalam desain pemasaran seperti logo, warna tipografi hingga tagline merek. Elemen-elemen branding akan membantu audiens lebih mengenali merek yang menyampaikan pemasaran. Jika desain pemasaran merek tidak menggunakan elemen identitas merek dengan bijak, desain akan terlihat tidak konsisten dan profesional. 

Kurangnya Pemfokusan

Kesalahan lain yang sering membuat desain pemasaran tidak efektif adalah kurangnya fokus pada pesan utama. Hindari menyampaikan terlalu banyak pesan dalam sebuah desain pemasaran, karena ini bisa membingungkan audiens. Fokuskan sebuah desain pemasaran pada satu pesan saja, jangan berlebihan.

Ciptakan fokus ada pesan utama dengan baik, dengan menggunakan elemen menonjol dan menarik perhatian pada judul atau pesan utama. Sederhanakan pesan, gunakan tipografi besar dan jelas pada judul, gunakan juga warna yang mencolok. Hindari menambahkan informasi dan dekorasi yang tidak begitu penting dalam desain. 

Baca juga: Ciri Desain Materi Pemasaran yang Buruk dan Tidak Efektif

Tidak Memperhatikan Keterbacaan

Tujuan utama pemasaran adalah untuk menyampaikan pesan dengan jelas bukan hanya fokus untuk menarik perhatian. Kerap kali teks pesan dalam desain pemasaran sulit dibaca karena menggunakan warna mencolok atau tipografi yang terlalu rumit. Hindari menggunakan warna yang membuat desain sulit dibaca ini bisa membuat audiens kesulitan dan bingun dengan pesan desain. 

Jangan gunakan gaya huruf yang berlebihan atau efek visual berlebihan pada teks utama. Gunakan gaya tipografi yang sederhana untuk memastikan desain mudah dibaca dengan jelas. Pastikan juga warna teks memiliki kontras yang cukup dengan latar belakang agar teks bisa terbaca dengan jelas. Dalam desain pemasaran hindari juga menggunakan huruf yang rumit dan ukuran yang terlalu kecil. 

Tidak Memperhitungkan Media Promosi

Kesalahan Desain yang Sering Terjadi dalam Desain Pemasaran

Terkadang juga seringkali ketika menciptakan desain tidak memerhatikan media untuk promosi desain tersebut. Hal ini karena media cetak dan digital akan memiliki format yang berbeda. Ini bisa membuat desain pemasaran terlihat kurang jelas dan menarik dalam media cetak.

Pertimbangkan untuk menciptakan desain pemasaran yang bisa fleksibel pada berbagai media dan platform. Terkadang kesalahan terjadi ketika desain tidak disesuaikan lagi ketika digunakan pada media yang berbeda. Pastikan desain pemasaran bisa efektif untuk digunakan pada berbagai media dan platform yang berbeda seperti media cetak, platform digital dan media sosial.

Baca juga: Desain Pemasaran: Perbedaan Brosur, pamflet dan Leaflet  

Kurangnya Keselarasan antara Pesan dan Gambar

Desain pemasaran juga bisa kurang efektif jika antara pesan dan gambar tidak terlihat selaras. Elemen-elemen visual dan gambar yang digunakan harus sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Perlu dipahami jika elemen visual bukan hanya untuk memperindah tampilan desain, tetapi mendukung pesan pemasaran. Jika desain pemasaran bertujuan untuk memasarkan sesuatu seperti produk atau layanan, gambar yang digunakan juga harus relevan. 

Tidak Memiliki CTA dan Informasi Kontak

Kesalahan yang juga cukup krusial bisa yang bisa membuat desain menjadi kurang efektif adalah CTA yang tidak jelas. Adanya panggilan tindakan yang jelas dan menarik akan mendorong audiens melakukan pembelian. Terkadang dalam desain pemasaran juga tidak mencantumkan informasi kontak, media sosial atau website, padahal ini penting sekali. 

KESIMPULAN

Desain pemasaran memiliki beberapa tujuan terutama untuk memasarkan produk, layanan dan acara. Terkadang dalam menciptakan desain pemasaran bisa terjadi kesalahan-kesalahan yang membuat desain menjadi kurang efektif. Hindari beberapa kesalahan tersebut agara desain pemasaran efektif menyampaikan pesan pemasaran pada target audiens yang sesuai. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts