Dalam menciptakan desain yang menarik perhatian penting untuk memilih warna desain yang tepat. Untuk desain logo, warna tidak hanya untuk membuat desain semakin menarik tetapi juga bagian dari identitas merek. Warna monokrom seringkali digunakan untuk logo karena memiliki beberapa kelebihan untuk membangun identitas merek yang kuat.
Warna monokrom sendiri merupakan skema warna yang terdiri dari satu warna dasar, yang variasinya mengambil dari satu warna dasar ini dengan tone berbeda. Perlu dipahami jika warna monokrom tidak sama dengan analog, warna analog bisa menggunakan warna yang berdekatan dalam roda warna, sementara warna ini hanya mengambil satu warna dari roda warna.
Warna monokrom memvariasikan satu warna dalam tone yang berbeda, untuk menciptakan variasi warna yang menarik. Variasi dari satu warna dasar ini dibuat dengan menambahkan atau mengurangi kecerahan warna tersebut. Ini akan menciptakan variasi warna yang harmonis dan cocok digunakan pada desain logo.
Misalnya, jika menggunakan warna dasar biru, maka variasinya akan mencakup berbagai variasi birru dari yang cerah hingga gelap. Penggunaan warna ini pada desain logo bisa menciptakan kontras pada penekanan pada elemen logo, namun juga menjaga keseimbangan visual. Simak pembahasan artikel ini tentang beberapa kelebihan warna monokrom untuk penggunaannya pada desain logo.
KELEBIHAN WARNA MONOKROM UNTUK DESAIN LOGO
Dalam merancang desain logo, memilih warna monokrom bisa dijadikan pertimbangan untuk memperkuat identitas merek, karena dapat memberikan kesan sederhana, elegan dan profesional. Berikut beberapa kelebihan warna monokrom untuk desain logo:
Kesesuaian dan Konsistensi
Dalam membangun desain identitas merek warna berperan penting untuk menciptakan konsistensi visual. Warna monokrom yang terdiri dari satu warna yang divariasikan dengan tone yang berbeda dapat menciptakan konsistensi visual dalam logo. Desain logo yang menggunakan warna monokrom akan menciptakan kesatuan elemen visual.
Penggunaan satu warna dasar yang memiliki intensitas yang berbeda dapat menciptakan kesan kesatuan dan tampilan yang seragam. Warna monokrom juga bisa digunakan dengan konsisten untuk identitas merek lain untuk membangun branding. Penggunaan warna monokrom dengan intensitas yang berbeda dari satu warna dasar dalam desain logo akan memberikan kesan logo yang terorganisir dan seragam.
Baca juga: Tips Memilih Jenis Logo yang Tepat untuk Identitas Merek
Elegan dan Profesional
Ketika menciptakan desain logo, memilih warna yang tepat untuk dikombinasikan dalam satu logo perlu pertimbangan. Warna yang dikombinasikan harus bisa menciptakan keseimbangan sehingga desain terlihat profesional. Penggunaan warna monokrom untuk menciptakan kombinasi dari satu warna dasar dengan intensitas yang berbeda akan menciptakan logo yang terlihat profesional.
Menggunakan warna monokrom dalam desain logo bisa menciptakan desain dengan kesan elegan, karena hanya menggunakan satu warna dasar. Logo yang hanya menggunakkan warna monokrom yang divariasikan akan menciptakan tampilan sederhana yang logo terlihat elegan dan profesional. Desain logo juga akan terlihat lebih rapi karena menggunakan warna yang sama, desain yang rapi dan terorganisir dengan baik akan menarik perhatian audiens. Terutama bagi audiens yang menyukai desain logo yang bersih dan minimalis.
Kemudahan Penggunaan
Warna monokrom seringkali dipilih untuk desain logo karena mudah diterapkan pada elemen logo. Biasanya mengatur kombinasi warna yang berbeda dalam sebuah logo akan cukup sulit dan butuh banyak pertimbangan. Sementara warna monokrom dapat lebih mudah untuk diterapkan karena warnanya berupa satu warna yang sama dengan tingkat kecerahan dan kegelapan yang berbeda.
Desain logo dengan warna monokrom juga lebih mudah untuk digunakan dalam berbagai konteks kebutuhan. Penerapan logo dengan warna ini akan memudahkan dalam media cetak maupun digital. Warna monokrom membuat logo terlihat konsisten dan memberikan kejelasan bentuk logonya.
Dalam penggunaan pada poster misalnya logo bisa terlihat jelas ketika warna latar bisa memberikan kontras yang cukup pada desain logo. Pada desain kemasan, warna logo monokrom juga bisa memberikan logo konsistensi visual. Penggunaan warna monokrom untuk logo juga bisa mempertahankan kejelasan logo dalam skala kecil atau keterbatasan warna.
Baca juga: Kegunaan Skala Warna RGB dan CMYK dalam Desain Grafis
Fleksibilitas dalam Desain
Dalam merancang desain pemilihan warna berperan penting untuk menciptakan logo yang fleksibel. Desain logo dengan warna monokrom dapat memberikan fleksibilitas pada elemen desain seperti warna, teks, simbol dan bentuk. Ini memungkinkan desain logo akan memiliki kejelasan dan mudah untuk dibaca, sehingga efektif untuk dikenali audiens.
Penggunaan warna monokrom pada desain bisa memberikan penekanan pada elemen-elemen desain dalam desain logo. Variasi kecerahan dan kegelapan dapat menciptakan kontras dan penekanan pada elemen, sehingga bisa berguna untuk memberikan dimensi visual pada desain. Variasi warna monokrom dengan intensitas kecerahan yang berbeda ini bisa membantu desainer menyesuaikan penekanan dan kontras untuk menyoroti elemen logo sepert simbol dan teks.
Kesederhanaan dan Fokus
Warna monokrom juga sering dipilih karena dapat memberikan desain logo tampilan yang sederhana. Desain logo yang sederhana akan mudah untuk digunakan dalam berbagai konteks, ini juga memungkinkan untuk logo mudah dikenali. Tampilan logo yang sederhana akan efektif untuk mengenalkan merek pada audiens.
Desain logo yang sederhana tidak hanya dibuat dalam bentuk sederhana tetapi juga menggunakan warna yang sederhana seperti warna monokrom. Penggunaan warna monokrom cenderung memberikan tampilan desain yang bersih dan sederhana, karena hanya fokus memvariasikan satu warna dasar.
Ketika desain logo sederhana, audiens bisa lebih mudah fokus untuk melihat daripada logo yang rumit dan memiliki banyak warna. iNi juga akan memberikan fokus pada pesan yang ingin disampaikan melalui logo.
Baca juga: Penggunaan Warna Analog dalam Desain Grafis
Bersifat Universal dan Mudah untuk Dipahami
Menggunakan warna monokrom dalam desain logo ini memiliki kelebihan untuk logo mudah dipahami secara universal. Penggunaan warna yang divariasikan dari satu warna dasar dengan intensitas berbeda ini akan lebih mudah untuk dipahami audiens. Desain logo akan mudah dipahami maknanya karena hanya fokus untuk melihat makna dari satu warna saja, tidak perlu memadukan makna dari warna lain. Logo dengan warna monokrom memiliki kemungkinan untuk dipahami oleh beragam audiens dari berbagai kalangan dan budaya.
KESIMPULAN
Dalam memilih warna untuk desain logo penting untuk memilih warna yang bisa memberikan kemudahan logo untuk membangun merek dengan kuat. Penggunaan warna monokrom untuk desain logo bisa memiliki kelebihan untuk menciptakan kesederhanaan dan kejelasan. Warna monokrom juga bisa dipilih untuk memberikan logo kesan yang elegan, seragam dan efektif untuk mencerminkan identitas merek dengan baik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.