Kelebihan Logomark: Membangun Identitas Merek yang Kuat

Spread the love

Dalam membangun identitas merek yang kuat dapat dipengaruhi oleh banyak hal termasuk jenis logo yang digunakan. Logomark adalah yang menggunakan ikon atau simbol tertentu sebagai desain logo bukan berupa tulisan atau inisal merek. Ada banyak kelebihan yang bisa diperoleh dengan menggunakan logomark sebagai desain logo.

Logomark pada umumnya menggunakan simbol atau ikon yang memiliki visual menatik yang kemudian dimodifikasi atau dikreasikan sesuai kebutuhan. Simbol yang digunakan biasanya memiliki keterkaitan dengan merek, entah dari segi nama atau makna filosofis yang mencerminkan merek.

Simbol yang digunakan dapat dimanfaatkan untuk membangun identitas yang kuat, jika memiliki bentuk yang unik. Desain logo dengan bentuk unik dan memiliki makna filosofis yang kuat dapat digunakan untuk membangun identitas kuat. Tak jarang juga terkadang bentuknya abstrak dan tidak menyerupai bentuk papun dalam dunia nyata.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Semakin unik bentuknya akan semakin mudah untuk diingat dan dibedakan dari merek lain. Meskipun logomark tetap harus fleksibel dalam berbagai skala dan ukuran ketika digunakan, sehingga bentuk logonya tetap terlihat jelas. Sebagai representasi visual logomark harus bisa mencerminkan merek meskipun bentuknya unik.

Simak artikel ini untuk dijadikan pertimbangan dalam memlih jenis logomark untuk desain logo merek. Ada banyak kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan logomark dalam sebuah desain logo untuk membangun identitas merek yang kuat.

Kelebihan Logomark untuk Membangun Identitas Merek yang Kuat

Desain logo memiliki beberapa jenis yang mana setiap jenisnya memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri begitupula dengan logomark. Berikut ini beberapa kelebihan logomark dalam membangun identitas merek yang kuat:

Kekuatan Visual dari Bentuk yang Unik

Desain untuk logomark menggunakan bentuk logo yang unik dan berbeda, terkadang terinspirasi dari simbol atau ikon tertentu yang modifikasi kebentuk unik dan baru. Mengkreasikan bentuk yang sudah ada seperti ikon sepatu contohnya, akan memastikan logo tidak terkena pelanggaran hak cipta. Bentuk logo yang unik akan mudah diingat dan dikenali oleh audiens.

Bentuk yang unik akan mudah juga dibedakan dari bentuk logo lainnya dan bisa membangun kesadaran merek yang kuat. Logomark yang dibuat dengan sederhana, jelas dan unik akan memudahkan dalam penggunaan. Termasuk juga memudahkan untuk diingat dan dipahami maknanya.

Seringkali logo yang memiliki tampilan visual yang kuat berupa logo abstrak yang tidak menyerupai bentk ikon atau simbol apapun. Meskipun bentuk seperti akan sulit dipahami maknanya oleh audiens, namun bentuknya akan mudah diingat karena berbeda.

Fleksibilitas dalam Penerapan

Desain logo biasanya akan digunakan dalam berbagai konteks dan kebutuhan merek terutama sebagai alat untuk membangun identitas yang kuat. Logomark yang menggunakan simbol sederhana dan memiliki bentuk jelas akan mudah diaplikasikan pada berbagai media dan platform.

Ciptakan simbol unik yang sederhana sehingga bisa tetap terlihat jelas bentuknya untuk dicetak ataupun dalam bentuk digital. Desain logo yang minimalis pada bentuk dan warnanya akan tetap jelas pada berbagai warna latar belakang desain. Ini akan membuat logomark mudah diterapkan pada berbagai jenis konten untuk membangun identitas merek.

Jika logo terlihat jelas pada semua penerapannya, tentunya akan meningkatkan kesadaran audiens terhadap audiens. Pastikan logomark terlihat jelas pada berbagai ukuran pula, ini akan menciptakan konsistensi dalam semua aspek termasuk sosial media dan bentuk fisik seperti kemasan.

Mendukung Brand Recognition

Bentuk logomark yag menggunakan simbol unik atau abstrak seiring berjalannya waktu dapat membangun ingatan audiens pada merek. Penggunaan simbol logo yang kuat dan unik akan mudah diingat dalam waktu yang lama. Sehingga ketika orang berusaha mengaitkan merek akan lengsung teringat simbol pada logomark. 

Logomark memungkinkan untuk membantu dalam brand recognation, ini adalah cara mengingat suatu merek tanoa bantuan situmulus seperti teks atau kata-kata tambahan tertentu. Melihat dari simbol pada jenis logomark saja orang bisa mengenali merek tersebut. Logomark memiliki kelebihan dalam membantu brand recognition dalam desain logo yang unik.

Konsistensi dan Keseragaman Merek

Logomark juga memiliki keunggulan dalam menciptakan konsistensi untuk merek dalam penerapannya. Desain logo ini cenderung sederhana dan menyimbolkan sesuatu dengan filosofis mendalam sehingga dapat digunakan untuk menciptakan konsistensi. 

Bentuk logo yang sederhana akan tetap terlihat jelas ketika diterapkan pada berbagai media dan konten, sehingga bisa mengkomunikasikan pesan desain dengan konsisten. Ketika desain logomark dapat menciptakan keseragaman bentuk meski pada media yang berbeda, hal ini akan membantu membangun identitas merek yang kokoh. Desain logo yang konsisten secara visual akan memperkuat ingatan audiens pada merek.

Pembeda dari Pesaing

Dalam era dimana persaingan bisnis semakin ketat dan terus banyak bermunculan merek baru, menggunakan logomark sebagai desain logo bisa menjadi pilihan menarik. Bentuk logomark yang unik dan seringkali tidak memiliki keterkaitan dengan merek, namun dapat mudah diingat. Penggunaan simbol logo yang unik juga memudahkan audiens membedakan merek.

Misalnya pada jenis usaha skincare, banyak merek menggunakan logo berupa inisial dan nama merek, gunakan simbol unik pad merek milikmu. Simbol abstrak yang tidak terkait secara langsung dengan nama merek akan membedakan dari merek lain. 

Kemampuan untuk Beradaptasi dengan Tren

Desain logomark banyak yang dibuat sederhana dan minimalis sehingga memungkinkan untuk mudah beradaptasi dengan perubahan. Gunakan bentuk atau simbol yang tidak terikat dengan tren saat ini agar ketika tren meredup desain logo masi bisa eksis. Lohomark yang unik dan sederhana cenderung akan mudah beradaptasi dengan perubahan tren dan preferensi audiens.

Jika ingin memakukan perubahan untuk rebranding logo baru, pastikan elemen utama masih digunakan dan dikreasikan kebentuk baru. Namun tidak kehilangan identitas merak yang sudah ada. 

Komunikasi Nilai Merek

Meskipun bentuk dari logomark tidak secara langsung bisa mencerminkan nama merek, namun terkadang memiliki makna filosofis yang mendalam. Makna filosofis dari simbol biasanya dapat terkait dengan nilai, tujuan dan visi dari merek. Beberapa simbol yang sudah akrab dikenali masyarakat secara umum dapat menyampaikan pesan merek tanpa perlu dijelaskan. 

KESIMPULAN

Logomark yang cenderung menggunakan simbol atau ikon unik yang tidak terikat dengan nama merek memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan logomark tersebut dapat membangun identitas merek yang kuat sehingga mudah dikenali oleh audiens. Bentuk ikon logo yang unik dan sederhana akan mudah diterapkan pada berbagai media sehingga membangun konsistensi merek.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts