Desain logo bisa memilih gaya desain yang menarik dan unik disesuaikan dengan karakter merek dan jenis brand. Jenis logo yang hanya menggunakan teks nama merek saja biasanya tampil sederhana dan memudahkan nama merek diingat. Logo wordmark memiliki kelebihan dalam merepresentasikan nama merek sehingga mudah diingat dan dibaca audiens.
Jenis logo ini mengutamakan pemilihan font yang menarik dan pengaturan tipografi yang unik, sehingga meski sederhana tetapi masih menarik. Logo wordmark meski hanya menggunakan teks bisa tampil menarik dengan mengatur bentuk huruf dan memodifikasi bentuknya. Logo ini sering digunakan pada jenis brand yang ingin tampil sederhana dan berfokus pada nama mereknya saja.
KELEBIHAN LOGO WORDMARK UNTUK IDENTITAS MEREK
Ada banyak variasi jenis logo yang bisa dipilih untuk mencerminkan identitas visual merek. Sebuah merek yang memiliki logo kompleks juga dapat menggunakan logo wordmark sebagai salah satu variasi logonya. Penggunaan logo wordmark dalam desain dipilih dengan mempertimbangkan beberapa kelebihan ini:
Sederhana dan Jelas
Logo ini hanya menggunakan teks tanpa gambar atau elemen grafis yang lainnya, sehingga tampil sederhana dan jelas. Teks yang sederhana membuat nama merek atau bisnis mudah terbaca dengan jelas. Penggunaan logo wordmark memudahkan konsumen mengingat dan mengenali nama bisnis.
Kebanyakan jenis logo ini memiliki gaya tipografi yang sederhana, bersih dan mudah dibaca. Meski terkadang gaya font yang unik, keterbacaan nama merek diutamakan sehingga logo memudahkan dikenali audiens.
Identitas Merek yang Kuat
Logo yang hanya menggunakan teks ini akan memiliki identitas merek yang kuat karena nama merek terbaca dengan baik. Konsumen bisa langsung fokus pada nama merek saja ketika melihat logo karena tidak memiliki ikon gambar atau elemen lainnya. Nama merek dengan tipografi yang relevan akan menjadi identitas yang kuat dan mudah untuk diingat.
Baca juga: 6 Rekomendasi Font untuk Logo Bisnis Makanan
Fleksibilitas Logo
Alasan logo ini kerap dipilih juga karena kelebihan logo wordmark untuk fleksibel dalam berbagai kebutuhan. Jenis logo ini cenderung memiliki desain yang sederhana sehingga mudah untuk fleksibel dalam berbagai media dan ukuran. Nama merek akan mudah dibaca karena menggunakan logo wordmark dengan tipografi sederhana yang menarik.
Logo akan tetap jelas pada ukuran yang kecil karena tipografi wordmark yang sederhana, bahkan untuk media cetak pun logo cukup fleksibel. Jenis logo ini mudah digunakan tanpa kehilangan kualitas atau keterbacaan pada berbagai kebutuhan.
Ekspresi Kreatif dan Elegan
Meski sederhana karena hanya menggunakan teks logo ini bisa menciptakan tampilan visual yang kreatif dan elegan. Logo wordmark yang hanya memiliki teks ini bisa tampil kreatif jika tipografi diatur dengan menarik. Desain logo juga bisa tampil elegan dengan penggunaan tipografi sederhana yang elegan.
Logo wordmark meski hanya menggunakan teks bisa tampil kreatif dengan mengatur tipografi yang menarik. Tipografi bisa diatur agar lebih ekspresif untuk membedakan diri dari pesaing. Gaya huruf bisa ekspresif dengan diubah bentuk, jarak hingga ukuran dan tata letaknya.
Fokus pada Nama Merek
Desain logo wordmark juga memiliki kelebihan dalam menciptakan fokus pada nama merek saja. Jenis logo kombinasi atau karakter akan membuat audiens fokus pada gambar yang menarik, dan bisa kesulitan mengingat nama merek.
Audiens bisa fokus pada nama merek saja, tanpa perlu khawatir teralihkan oleh visual elemen lainnya. Hal ini juga memudahkan nama merek diingat karena tidak ada elemen gambar yang mengganggu keterbacaan teks.
Baca juga: Tips Menggunakan Tipografi pada Desain Minimalis
TIPS MEMILIH TIPOGRAFI LOGO WORDMARK
Desain logo yang menggunakan jenis logo wordmark seringkali menggunakan font sederhana sehingga mudah dibaca. Namun pemilihan font ini juga tidak bisa sembarangan karena perlu merepresentasikan identitas merek. Berikut tips yang perlu diperhatikan ketika memilih tipografi logo wordmark yang menonjolkan kelebihan desain merek:
Sesuai Identitas Merek
Hal utama dan penting dalam memilih tipografi untuk logo wordmark adalah menggunakan yang sesuai identitas merek. Font dalam logo memiliki makna psikologi yang berbeda bergantung gaya fontnya. Untuk itu perhatikan pemilihan jenis font yang mencerminkan identitas merek dengan baik.
Karakter setiap font akan berbeda, meski kadang bentuk huruf dalam logo ini akan dimodifikasi, sebaiknya tetap memilih gaya font sesuai identitas merek. Pilih font yang bisa merepresentasikan karakter merek melalui jenis font yang sesuai. Seperti serif untuk kesan klasik dan sans serif untuk kesan modern dan bersih.
Keterbacaan Font yang Baik
Terkadang pemilihan font yang unik bisa membuat logo wordmark tampil lebih menarik, tetapi tetap utamakan memilih yang mudah dibaca. Pastikan font yang digunakan pada logo wordmark akan mudah terbaca pada berbagai ukuran. Jarak antar huruf, bentuk huruf dan ketebalannya dapat memengaruhi keterbacaan teks. Untuk itu hindari memilih font yang terlalu rumit, nyentrik dan dekorasi yang berlebihan.
Font yang Unik dan Beda
Meski tipografi bisa diatur kembali, ada baiknya menggunakan gaya font yang unik dan beda tetapi mudah terbaca juga. Beberapa gaya font sans serif dapat tampil unik dan beda misalnya font futuristik yang terpotong-potong. Selain itu font yang sederhana juga bisa dimodifikasi sendiri agar tampil unik dan berbeda.
Beberapa tipografi yang unik seringkali dimodifikasi dari font sederhana dengan huruf yang terpotong atau digabungkan. Modifikasi tipografi sederhana agar mencerminkan merek tetapi juga membuat merek tampil beda.
Baca juga: 7 Desain Logo Wordmark Kombinasi Simbol atau Ikon Menarik
Keseimbangan dan Proporsi yang Baik
Ketika memilih dan mengatur tipografi desain logo wordmark perhatikan keseimbangan dan proporsi huruf. Teks logo wordmark akan terlihat proporsional jika memerhatikan jarak antar hurufnya.
Kelebihan logo wordmark termasuk dalam kemampuan tipografinya yang sederhana dan proporsional. Untuk itu atur jarak antar huruf dan bentuk huruf agar memiliki keseimbangan visual. Jarak teks yang proporsional akan membuat teks mudah dibaca dan berkesan profesional.
Tren Desain
Ketika memilih gaya tipografi untuk desain logo, pertimbangkan juga tren tipografi yang populer. Gaya tipografi yang populer akan membantu menciptakan logo yang relevan dan sesuai preferensi audiens. Tren tipografi yang digunakan sebagai desain logo akan efektif menarik perhatian.
Tren tipografi juga perlu disesuaikan dengan identitas brand sehingga tetap relevan. Pilih tren tipografi dengan bijak sehingga tetap relevan dan menarik. Secara umum tren tipografi banyak menggunakan gaya modern, sederhana dan futuristik. Terkadang setiap jenis brand akan memiliki tren tipografi yang berbeda, seperti pada food brand yang populer dengan tipografi fun dan bold.
KESIMPULAN
Desain logo wordmark banyak digunakan untuk berbagai jenis brand termasuk makanan, fashion hingga skincare. Kelebihan logo wordmark dalam membuat nama merek menonjol membuat sering dipilih. Gaya tipografi logo wordmark juga bervariasi menyesuaikan jenis brand dan identitas visual yang ingin dibangun. Pastikan untuk gaya tipografi yang sesuai dengan kebutuhan merek sehingga relevan dan menarik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.