Desain logo sebagai identitas merek, bisa menggunakan beragam jenis logo, mulai dari logotype, logomark, hingga logo abstrak. Logo abstrak ini merupakan jenis logo yang menggunakan bentuk, pola, dan elemen grafis yang tidak secara langsung mewakili merek. Dalam memilih jenis logo ini, pertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan logo abstrak ini.
Bentuk ikon logo abstrak ini biasanya tidak mengambil inspirasi dari bentuk apapun, sehingga tidak terkait dengan apapun. Hal ini membuat logo ini unik dan bisa membekas di ingatan audiens. Berbeda dengan logomark yang ikonnya terkait dengan produk dan elemen, logo abstrak tidak terkait apapun. Beberapa contoh desain logo adidas, pepsi, dan pertamina.
Logo abstrak ini dibuat dengan mengkombinasikan bentuk, garis, warna hingga tekstur untuk menciptakan identitas visual yang menarik. Makna dari logonya lun diciptakan sesuai keinginan pemilik merek. Simak pembahasan artikel ini untuk memahami lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan logo abstrak.
KELEBIHAN
![Kelebihan dan Kekurangan dari Logo Abstrak untuk Merek](https://jasalogo.id/wp-content/uploads/2024/02/1000003717.jpg)
Dalam desain identitas merek, logo harus dirancang dengan mempertimbangkan efektivitasnya dalam membangun merek. Berikut beberapa kelebihan dari logo abstrak:
Fleksibilitas Interpretasi
Dalam memilih identitas merek yang kuat dan mudah untuk dikenal, penting memilih jenis logo yang bisa fleksibel. Logo abstrak ini cukup fleksibel karena meskipun bentuknya abstrak tidak terkait tertentu, justru bentuknya sederhana. Biasanya bentuk ikon dari logo abstrak ini akan dibuat sederhana agar mudah digunakan dan diingat oleh audiens.
Selain fleksibel dalam bentuk logo abstrak ini juga fleksibel dalam makna dan interpretasi. Hal ini karena bentuk tidak terkait apapun termasuk produk atau layanan merek. Logo abstrak juga tidak mengambil inspirasi dari bentuk tertentu. Sehingga audiens bisa mengartikan makna dari logo abstrak dengan lebih bebas. Logo bisa memiliki daya tarik universal dan mudah beradaptasi pada berbagai konteks.
Baca juga: Kelebihan Jenis Logo Kombinasi untuk Membangun Merek
Kreativitas dan Inovasi
Logo abstrak yang dibuat tidak berdasarkan bentuk atau elemen apapun ini akan menciptakan kreativitas yang baru. Dalam logo abstrak ini, ikon logo akan dirancang dengan unik dan baru. Memilih logo ini akan memberikan kesempatan untuk menciptakan inovasi dan kreativitas yang baru.
Penggunaan logo dapat menciptakan kreativitas logo baru yang unik dan berbeda dari pesaing. Bentuk logo abstrak yang tidak terkait apapun, akan memungkinkan menciptakan logo dengan desain identitas visual yang unik. Pemilihan bisa menunjukkan kreativitas dan inovasi merek pada audiens.
Kesesuaian dengan Era Digital
Dalam membangun identitas merek pada era digital ini, penting untuk memilih jenis logo yang efektif seperti logo abstrak. Desain logo abstrak cenderung dibuat dengan bentuk sederhana yang mencerminkan era modern. Sehingga logo ini bisa menciptakan kesesuaian dengan era digital karena bentuknya yang sederhana.
Logo sederhana akan dengan mudah beradaptasi dalam berbagai platform digital dan ukuran layar. Bentuk yang sederhana akan tetap memberikan kejelasan pada desain logo. Logo akan tetap terlihat jelas bentuknya, sehingga akan mudah dikenali dan diingat oleh audiens. Pada lingkungan digital seperti situs web, media sosial dan aplikasi, logo abstrak akan mudah untuk digunakan.
Baca juga: Desain Konten Media Sosial yang Memiliki Daya Bagikan Tinggi
Kemampuan untuk Berkembang
Logo abstrak juga memiliki kemampuan untuk terus berkembang seiring waktu berjalan. Desain yang sederhana cenderung lebih fleksibel dengan perubahan karena bentuknya sederhana bisa terus relevan. Desainnya akan lebih mudah beradaptasi, meski tren dan pasar terus berubah.
KEKURANGAN
![Kelebihan dan Kekurangan dari Logo Abstrak untuk Merek](https://jasalogo.id/wp-content/uploads/2024/02/1000003716.jpg)
Meski logo abstrak ini memiliki kelebihan untuk berbeda dengan pesaing namun logo abstrak juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan logo abstrak yang bisa dijadikan pertimbangan:
Kesulitan dalam Komunikasi Makna
Desain logo abstrak yang bentuk logonya tidak terkait dengan bentuk tertentu ini memang unik dan berbeda, namun menjadi kurang jelas maknanya. Ikon logo yang tidak terkait apapun ini mungkin akan sulit untuk audiens memahami makna dan menginterpretasikan makna dari desain logo. Desain logo jenis ini akan kurang efektif dalam mengkomunikasikan makna atau nilai pada audiens.
Makna dari ikon logo biasanya dibuat oleh pemilik merek sehingga ketika tidak disosialisasikan audiens atau konsumen tidak akan paham. Logo ini seringkali kesulitan menyampaikan nilai, karakter dan pesan kepada audiensnya. Penggunaan logo ini bisa menyebabkan kebingungan dan kesulitan dalam memahami pesan dari identitas merek.
Baca juga: Tips Memilih Ikon atau Simbol Logo yang Mencerminkan Merek
Kurangnya Identifikasi Jelas
Logo abstrak ini juga tidak digunakan untuk mengidentifikasi jenis bisnis atau layanan dari merek, karena bentuk logo tidak terkait keduanya. Audiens mungkin tidak akan bisa mengenali bidang usaha dari logo, ini bisa menghambat proses pengenalan merek. Dalam logo abstrak ini bentuk logo tidak dibuat berdasarkan objek tertentu terkait produk atau layanan.
Penggunaan logo yang tidak mencerminkan sesuatu terakait merek, mungkin akan menjadi tantangan tersendiri untuk mengenalkan merek. Logo abstrak ini memiliki kemungkinan akan lebih sulit dalam membangun kesadaran merek yang kuat.
Tingkat Abstraksi yang Berlebihan
Dalam logo abstrak ini terkadang bentuk logo memiliki tingkat keabstrakan yang tinggi, yang mana orang akan sulit untuk melihat pesan atau makna dari logo. Desain logo memiliki kemungkinan untuk kehilangan keterkaitannya dengan merek. Jika bentuk logo terlalu abstrak dan tidak terkait dengan merek ini bisa mengurangi efektivitas logo dalam menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen.
Resiko Penafsiran yang Salah
Logo abstrak ini memiliki sifat terbuka dalam interpretasi makna dari merek, sehingga memungkinkan audiens bisa salah mengartikan makna dari logo. Desain logo mungkin akan salah ditafsirkan oleh audiens dan bisa menyebabkan kesalahpahaman. Terkadang bentuk logo abstrak seringkali disalah pahami dengan maknanya, karena setiap orang memungkinkan untuk memilih makna yang berbeda.
KESIMPULAN
Dalam membangun desain logo penting untuk memperimbangkan kekurangan dan kelebihan dari logo termasuk logo abstrak. Hal ini agar desain logo bisa membangun identitas merek dengan efektif. Logo abstrak yang sederhana mungkin akan mudah beradaptasi dan mudah untuk dikenali, namun juga bisa menyebabkan kesalahpahaman terkait maknanya. Perhatikan beberapa faktor seperti tujuan, target audiens, jenis usaha dan nilai merek dalam memilih jenis logo yang tepat untuk merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.