Jenis Papan Reklame Online untuk Branding Merek

Dalam dunia periklanan untuk bisnis, merek ataupun produk, ada banyak sekali jenisnya. Termasuk untuk iklan online di berbagai platform, terdapat beberapa jenis yang bisa digunakan untuk memasarkan merek. Beberapa jenis papan reklame online dapat digunakan untuk mempromosikan banyak hal dengan efektif.

Pada era digital ini media online telah menjadi tempat favorit untuk mengenalkan bisnis, merek dan produk. Banyaknya orang yang menggunakan media sosial dan platform online memungkinkan merek bisa menjangkau lebih banyak audiens dan pelanggan. Dengan memanfaatkan dengan baik semua platform yang menyediakan iklan akan berguna untuk memasarkan berbagai produk atau layanan dari bisnis.

Perlu dipahami bahwa bisnis harus bisa memilih penggunaan papan reklame online dengan efektif untuk meraih keberhasilan. Penting untuk mengetahui apa saja platform online yang tersedia dan paling cocok dengan merek. Untuk itu penting mengetahui beberapa jenis papan reklame online yang bisa digunakan.

Read More

Artikel ini akan menjelaskan beberapa papan reklame online yang umum digunakan untuk bisnis. Biasanya setiap platform memiliki tempat iklan yang sedikit berbeda.

Beberapa Jenis Papan Reklame Online

Jenis papan reklame online di setiap platform akan berbeda, ini juga memungkinkan tingkat efektivitas yang berbeda. Untuk itu penting memilih yang sesuai, berikut beberapa jenis papan reklame online yang umum:

Banner Ads

Dalam dunia periklanan pasti sudah tahu banner yang dalam bentuk fisik banyak dipasang dipinggir jalan. Untuk banner ads sendiri yang digunakan pada berbagai media online. Biasanya banner ada online akan berbentuk persegi panjang.

Sering kali banner ads ini muncul pada bagian atas, tengah atau bawah halaman web atau aplikasi. Kerap ditemui ketika membuka website gratis pada bagian atas, bawah, terkadang juga samping. Banner ads lebih bervariasi karena ada yang berupa gambar, animasi dan ada juga yang video.

Display Ads

Ada juga yang namanya display ads yang kerap ditemui pada berbagai platform online. Bentuk ads ini melibatkan berbagai format visual. Biasanya ditampilkan pada berbagai lokasi dalam suatu situs web dan aplikasi.

Beberapa format visual ini biasanya memiliki kesinambungan satu sama lain. Yang mana bentuk adsnya juga bervariasi seperti gambar, gif animasi dan video. Berbagai ads dalam satu web ini akan membentuk display dari ada tersebut.

Pop-up Ads

Biasanya ads ini bisa cukup mengganggu ketika membuka situs web dan aplikasi. Ads ini akan muncul sebagai jendela terpisah di atas halaman situs. Ads ini membuat pengguna harus menutup ada terlebih dahulu agar bisa menggunakan situs.

Pop-up ada ini akan langsung muncul ketika pengguna membuka suatu situs web dan aplikasi. Bisa dibilang pop-up ini cukup efektif untuk menarik perhatian.

Interstitial Ads

Berbeda dengan pop-up ads yang muncul dengan ukuran kecil di atas halaman. Untuk ads satu ini biasanya muncul sebelum dan sesudah halaman dibuka. Biasanya ukurannya akan menutupi seluruh layar, sehingga perlu untuk ditutup sebelum mengakses situs atau aplikasi.

Iklan ini juga dapat berupa gambar atau video yang muncul pada saat pengguna membuka situs web atau aplikasi. Bentuk ads ini mungkin lebih mengganggu dari pop up meskipun efektif.

Native Ads

Ada banyak sekali jenis iklan dalam berbagai platform, namun hal ini bisa mengganggu pengguna jika tidak memberikan kenyamanan akses. Untuk itu ada yang namanya native ads yang mana berupa iklan yang terlihat menyatu dengan konten web atau aplikasi.

Ads ini dirancang untuk terlihat organik selayaknya postingan atau konten dalam platform tertentu. Biasanya desainnya mengadaptasi dari gaya dan format dari lingkungan sekitar ads atau dalam platform online tersebut. Ini akan memberikan tampilan iklan yang alami dan mungkin tidak disadari oleh pengguna.

In-Feed Ads

Selain ads yang ditempatkan sebagai pop up atau banner, iklan juga bisa diterapkan di antara feeds atau postingan konten. Biasanya iklan akan diterapkan pada tengah konten misalnya pada tengah artikel. Pada situs web in-feeds ads ini diterapkan diantara jarak antar paragraf dan dibuat menyatu.

Sementara pada media sosial, ads dibuat mirip postingan dan diletakkan pada bagian timeline. Hal ini bisa membuat pengguna tidak menyadari adanya iklan karena bentuknya sama dengan postingan lainnya. Ads akan terlihat mengalir pada media sosial, halaman berita hingga situs web.

Interactive Ads

Ads pada era digital ini terus dilakukan perkembangan agar semakin memudahkan pengiklan maupun konsumen. Interactive ads ini memungkinkan pengguna bisa berinteraksi langsung dengan iklan.

Beberapa jenis iklan interaktif ini biasanya ada yang memberikan tombol CTA untuk bisa diarahkan pada situs web iklan. Ads interactive memudahkan pengguna mengakses iklan dengan menyentuh, menggerakkan kursor dan memberikan tindakan langsung.

Rich Media Ads

Untuk iklan satu bukan masalah harga atau yang berhubungan dengan uang tetapi ads ini dibuat kompleks agar semakin menarik. Kaya dalam ads ini merujuk pada banyaknya elemen multimedia yang digunakan seperti video dan animasi.

Ads jenis ini cukup kompleks desainnya namun interaktif dan bisa menarik perhatian. Penggunaan elemen interaktif seperti animasi, ilustrasi dan efek menarik lainnya membuat iklannya cukup menarik.

Dynamic Ads

Untuk membuat iklan efektif dan sesuai dengan kebutuhan dan apa yang dicari pengguna, dynamic sering menjadi pilihan. Ads ini memungkinkan untuk muncul berdasarkan data yang dicari pengguna dalam mesin pencari.

Ini akan memudahkan iklan dijangkau oleh audiens yang sesuai target pasarnya. Dynamic ads ini bisa dimunculkan pada berbagai media online yang diakses pengguna yang berdasarkan lokasi perilaku online dan preferensi pribadi.

Search Ads

Untuk ads satu ini biasanya akan muncul pada bagian atas mesin pencari. Iklan ini akan muncul ketika pengguna mencari suatu kata kunci tertentu, iklan yang muncul akan sesuai dengan kata kunci tersebut. Ads ini biasanya terkait dengan iklan berbayar milik google ads.

Social Media Ads

Untuk lebih efektif dalam memasarkan bisnis atau produk penggunaan iklan pada media sosial bisa dimanfaatkan. Saat ini media sosial sudah menyediakan slot iklan yang bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis. Memasang iklan pada media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram akan sangat berguna. Bentuk media iklannya pun bervariasi bisa gambar atau video.

Email Ads

Ada juga ads yang memanfaatkan email, biasanya ini notifikasi spam tentang layanan atau produk tertentu. Ketika pengguna mendaftar suatu situs atau layanan tertentu mereka akan mendapatkan notifikasi email tentang berbagai produk atau layanan terbaru. Pelanggan akan menerima email yang berisi berbagai informasi seperti banner, gambar hingga tautan untuk promosi.

KESIMPULAN

Berbagai jenis ads atau papan reklame online bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan merek, produk dan layanan dengan efektif. Terutama pada era digital yang mana hampir semua orang aktif di media sosial. Banyaknya jenis ads format dan bentuk pada berbagai platform dapat membantu bisnis mencapai target audiens.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts