Jenis-jenis Pattern dalam Desain Grafis

Dalam dunia memperindah tampilan desain dapat memanfaatkan berbagai elemen termasuk untuk menciptakan pattern. Pattern atau pola ini biasanya dalam desain digunakan untuk dekorasi dan latar, terkadang juga digunakan pada kemasan. Dalam desain grafis ada banyak jenis-jenis pattern yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Umumnya pattern ini banyak digunakan untuk pakaian, hiasan dinding hingga latar belakang desain dalam desain grafis. Pattern juga cocok untuk digunakan untuk kemasan, penggunaan pattern sebagai kemasan akan membuat desain kemasan unik dan berbeda. Pattern juga banyak digunakan untuk memberikan sentuhan estetika dalam desain ruang.

Ketika ingin memilih pattern untuk desain grafis, pastikan jenis pattern sesuai dengan kebutuhan dan tujuan desain. Penting menciptakan dan memilih pattern yang bisa menggambarkan tujuan desain dengan baik. Pattern harus memiliki konsistensi visual dengan keseluruhan tujuan dan visi dari desain grafis.

Read More

Untuk memilih pattern yang tepat untuk kebutuhan desain grafis, simak artikel yang akan membahas beberapa jenis-jenis pattern dalam dunia desain. Ini bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih pattern yang paling sesuai dengan tujuan desain.

Beberapa Jenis-jenis Pattern dalam Desain Grafis

Dalam desain grafis ada banyak sekali jenis pattern, pola pattern sendiri bisa di desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan desainer. Berikut beberapa jenis-jenis pattern:

Pattern Geometri

Pola ini menggunakan bentuk geometri yang dikombinasikan secara berulang untuk menciptakan pola yang menarik. Biasanya pattern ini menggunakan bentuk-bentuk geometri seperti segitiga, kotak, lingkaran hingga segilima. Kombinasi bentuk geometri ini menciptakan kesan modern, rapi dan kaku.

Jenis-jenis Pattern dalam Desain Grafis

Pattern seperti ini banyak digunakan untuk baju, lantai atau hiasan dinding. Untuk memperindah bentuk pattern, kombinasikan beberapa warna dengan pengaturan yang unik. Mengatur tata letak warna dan bayangan pada pattern ini dapat menciptakan ilusi gambar pada desain dengan pattern ini.

Pattern Abstrak

Sesuai dengan namanya pattern ini menggunakan berbagai variasi bentuk dalam satu pattern, terkadang bentuknya tidak beraturan. Model pattern seperti mencerminkan nilai artistik yang tinggi dan memberikan sentuhan modern. Bentuk dan tata letak variasi bentuknya tidak memiliki aturan khusus, hanya berdasar keinginan desainer.

Jenis-jenis Pattern dalam Desain Grafis

Pola abstrak ini mencampurkan berbagai bentuk yang sangat berbeda dengan warna yang berbeda pula. Meskipun memang ciri khas dari pattern ini tidak beraturan tetapi penting mengatur elemen agar seimbang. Pastikan pola seimbang dari segi tampilan masih terlihat estetik sehingga tetap indah dilihat mata. Terkadang jika tidak berhati-hati bisa membuat desain pattern ini menjadi aneh.

Pattern Flora dan Fauna

Pola ini menggunakan gambar hewan dan tumbuhan untuk menciptakan pola yang menarik. Ada banyak sekali jenis flora dan fauna dalam yang memiliki bentuk menarik. Biasanya pattern ini banyak digunakan untuk memberikan kesan alami dan menyegarkan.

Jenis-jenis Pattern dalam Desain Grafis

Pattern tumbuhan dan hewan ini banyak digunakan untuk pakaian yang bertema pantai atau untuk liburan. Hal ini karena pola ini dapat memberikan kesan yang menyangka dan santai. Atur berbagai ikon hewan dan tumbuhan dengan menarik untuk membuat pattern yang terkesan alami.

Pattern Watercolor

Untuk pattern satu ini memiliki pola yang terbuat dari water color atau kuas watercolor. Polanya berbentuk seperti coret-coretan dari watercolor menggunakan berbagai warna. Terkadang ada beberapa jenis brush yang digunakan untuk membentuk pattern ini agar semakin menarik.

pattern watercolor

Penggunaan patter ini dapat memberikan kesan artistik seperti lukisan, pola ini memberikan sentuhan natural dari brush untuk melukis. Ini dapat menghasilkan tampilan visual yang memikat dan indah. Pattern watercolor ini dapat cocok digunakan untuk background desain, motif pakaian, dan lainnya.

Pattern Karakter

Pola ini menggunakan karakter tertentu untuk dijadikan pola yang menarik dan unik. Karakternya dapat berupa tokoh animasi terkenal atau karakter hewan, yang terkadang warna karakternya ada beberapa warna. Pola ini dapat memberikan kesan menyenangkan dan ramah.

pattern karakter

Pattern karakter ini akan banyak disukai dan dicari anak-anak, apalagi jika patternya mengambil inspirasi dari tokoh karakter terkenal. Penggunaan pattern ini akan cocok untuk brand anak-anak, Namun tidak dapat dipungkiri pattern ini juga bisa saja digemari oleh siapa saja.

Pattern sesuai Merek

Terkadang ada beberapa merek yang menciptakan pattern sendiri untuk dijadikan identitas visual merek. Pattern yang dihasilkan bisa digunakan sebagai background website, desain kemasan, hingga merchandise. Ini akan membangun konsistensi visual yang bisa membuat merek membangun kesadaran merek yang kuat.

pattern merek

Biasanya pattern ini menggabungkan beberapa elemen desain baik bentuk, tulisan, dan ikon-ikon yang berkaitan dengan merek atau produk. Misalnya pattern ini bisa menggabungkan nama merek, bentuk botol, bunga, atau garis-garis abstrak. Gunakan gambar dan ikon yang menarik dan atur tata letaknya agar memiliki keseimbangan tampilan visual.

Pattern Duo Tone

Untuk pattern ini biasanya menggunakkan dua warna sajja pada desain patternnya. Pola pada pattern bisa berbentuk apa saja, tetapi yang membedakan adalah penggunaan dua warna. Dua warna ini terletak pada warna latar belakang dan bentuk berbeda warna terkadang kontras.

pattern duo tone

Pola dua tone warna ini dapat menunjukkan bentuk dan latar belakang yang kontras. Ini juga memberikan kejelasan bentuk pola dan membuat desain semakin menarik. Dua warna ini cocok digunakan untuk membangun identitas yang kuat. Misalnya polanya berbentuk logo dan latar belakangnya dapat menggunakan warna yang kontras.

Pattern Gradien

Untuk pattern satu ini biasanya berupa gradien warna yang dari tajam hingga memudar. Pola gradien ini memperlihatkan perubahan warna dari satu ke yang lain. Ini memberikan kesan unik dan dapat digunakan untuk latar belakang desain.

pattern gradien

Pola ini juga identik dengan era retro atau klasik, akhir-akhir ini banyak gradien digunakan bersamaan dengan tren y2k. Penggunaan gradien ini dapat memberikan efek desain yang tajam dan mencolok. Pattern ini akan cocok digunakan untuk latar, tipografi, background dan lainnya.

Pattern Tipografi

pattern tipografi atau teks

Pola satu ini menggunakan teks atau kata tertentu untuk dijadikan pattern yang unik. Jenis pattern ini dapat membantu membangun branding merek yang kuat. Pola dengan teks yang memotivasi dapat memberikan kesan positif. Pilih tipografi menarik namun pastikan mudah untuk dibaca.

Pattern Tradisional

pattern batik

Pada era digital ini berbagai pattern bisa muncul dengan berbagai konsep baik modern, abstrak atau baru Selain itu ada banyak juga pattern dengan pola tradisional. Biasanya pattern tradisional terkait dengan budaya tertentu dan memiliki makna yang mendalam seperti pattern pada batik.

KESIMPULAN

Pattern dalam dunia desain berperan penting dalam memberikan tampilan visual desain dengan menarik dan memikat. Desain pattern sendiri memiliki banyak sekali jenis dan pola seperti geometri, flora fauna, hingga tradisional. Selain yang diatas tersebut masih ada banyak sekali pattern, karena desainer terus menciptakan inovasi desain baru.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts