Dalam mempromosikan produk atau layanan dapat memanfaatkan media cetak yang dibuat dengan desain menarik. Media cetak bisa digunakan untuk mempromosikan sesuatu dalam beragam bentuk dan ukuran. Media cetak juga memiliki banyak jenis-jenis desain yang umum digunakan untuk kebutuhan promosi yang efektif.
Biasanya media cetak akan memiliki bentuk fisik dalam beragam ukuran yang ditempatkan dalam beragam tempat pula. Meskipun saat ini era digital sangat efektif untuk mempromosikan sesuatu, namun bentuk desain fisik masih banyak digunakan untuk menjangkau orang-orang secara langsung atau yang tidak menggunakan media digital. Agar promosi efektif manfaatkan pula desain media cetak untuk promosi sehingga jangkauan audiens semakin luas.
Desain promosi untuk media cetak sering ditempatkan pada papan reklame pinggir jalan, depan gedung, depan toko, papan informasi, hingga yang dibagikan sales di pinggir jalan. Dalam memilih jenis media cetak untuk promosi pastikan untuk menyesuaikan budget dna kebutuhan promosi. Desain media promosi cetak yang menarik akan membantu untuk menjangkau lebih banyak audiens.
JENIS-JENIS DESAIN MEDIA CETAK UNTUK PROMOSI
Desain grafis dapat digunakan untuk menciptakan desain promosi dalam media cetak dengan menarik sehingga efektif untuk mempromosikan produk atau layanan. Berikut ini beberapa jenis-jenis desain media cetak untuk promosi:
Poster
Desain poster adalah satu jenis media cetak yang umum digunakan untuk mempromosikan sesuatu seperti acara, event, film, hingga produk dan layanan. Poster merupakan media yang berisi desain visual menarik untuk mempromosikan sesuatu, mengiklankan , menginformasikan sesuatu. Biasanya desain poster dalam bentuk cetak sering ditemukan di dalam ruangan atau tempat-tempat umum untuk menarik perhatian audiens.
Untuk poster di sekolah atau institusi pendidikan lainnya, poster akan ditempatkan di papan informasi atau mading. Desain poster umumnya memiliki beberapa ukuran, untuk poster yang besar bentuk cetaknya akan berukuran 61 cm x 91 cm, sementara media 46 cm x 61 cm. Untuk ukuran kecil biasanya berukuran 28 x 43 cm dan poster ukuran A4, namun ukuran poster terkadang juga bisa menyesuaikan keinginan pemiliknya.
Baca juga: Prinsip-prinsip Utama dalam Desain Poster yang Efektif
Brochure atau Brosur
Media cetak lain yang digunakan untuk kebutuhan promosi adalah brosur, media cetak ini berbentuk kertas berukuran A5 atau A4 yang berisi beberapa halaman terkadang hampir seperti buku. Brosur biasanya digunakan untuk kebutuhan promosi seperti produk, layanan hingga pendidikan yang isinya cukup mendetail. Desain brosur biasanya dicetak dalam ukuran kertas yang kecil seperti ukuran buku dan berisi banyak halaman.
Biasanya brosur akan dibagikan di toko, pinggir jalan dan tempat-tempat umum lainnya termasuk juga dibagikan dalam seminar dan event-event tertentu.Bentuknya yang kecil akan memudahkan audiens membaca informasi dalam desain. Brosur bisa berisi informasi yang lebih lengkap dan mendetail untuk promosi produk atau layanan daripada poster yang fokus pada penawaran khusus. Brosur seringkali dikaitkan dalam bentuk promosi jangka panjang.
Leaflet atau Flyer
Jika desain brosur berupa kertas yang dilipat kedalam beberapa bagian, maka leaflet ini berupa media promosi berukuran kecil hanya berupa satu lembar saja. Satu lembar leaflet akan dilipat kedalam beberapa bagian sehingga menjadi ukuran yang lebih kecil dan mudah untuk dibawa. Desain leaflet biasanya digunakan untuk promosi yang lebih singkat sehingga informasi dalam desain lebih sederhana dan singkat.
Leaflet yang dibagi kedalam beberapa bagian untuk dilipat ini biasanya kedua sisi akan dibuat desain sehingga bisa memuat lebih banyak informasi. Kedua sisi bagian depan atau belakang bisa menginformasikan tentang acara, produk, layanan dan institusi terkait. Desain leaflet cetak sering dibagikan di tempat umum, sekolah dan pusat perbelanjaan.
Katalog atau Katalog Produk
Untuk promosi dalam bentuk fisik, terdapat juga desain yang berisi katalog dari produk. Katalog produk bisa berbentuk brosur atau leaflet, yang berisi informasi berisi daftar lengkap produk, spesifikasi, harga hingga foto produk. Informasi dalam desain katalog akan membantu audiens dalam mempertimbangkan pembelian.
Katalog dapat ditemui dalam toko-toko, pusat perbelanjaan dan yang dibagikan sales ditempat umum. Penggunaan desain katalog cetak yang menarik bisa meningkatkan daya tarik pada produk. Adanya gambar atau daftar produk akan membantu audiens mendapat referensi dan gambaran tentang produk.
Baca juga: Memikat Perhatian: Pertimbangan Memilih Warna Desain Kemasan
Majalah atau Tabloid
Media promosi dalam bentuk cetak bisa memanfaatkan pula majalah dan tabloid, biasanya dalam majalah terdapat halaman untuk mempromosikan sesuatu. Manfaatkan bagian iklan untuk mempromosikan produk atau layanan ini bisa menarik perhatian bagi pembeli majalah. Media ini bisa digunakan sebagai alat untuk promosi jangka panjang dan bisa menjangkau audiens yang lebih luas.
Koran atau Surat Kabar
Koran juga salah satu media cetak yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan. Masih banyak orang yang membaca koran pada era modern ini, sehingga ini bisa menjadi langkah yang signifikan untuk promosi. Sama halnya dengan majalah, koran biasanya punya halaman khusus untuk iklan yang bisa disewa oleh audiens. Jangkauan audiens dari koran biasanya lokal atau regional.
Kemasan Produk
Kemasan merupakan salah satu media cetak atau fisik yang bisa digunakan sebagai media promosi. Penting untuk menciptakan desain kemasan yang menarik perhatian agar bisa membuat kemasan mencolok ketika ditempatkan dalam rak-rak toko. Desain kemasan biasanya akan dibuat untuk mempresentasikan produk dan merek, dengan melibatkan elemen identitas merek.
Kemasan dari produk tidak hanya untuk melindungi produk fisik tetapi juga berguna untuk memudahkan identifikasi audiens. Desain kemasan ini biasanya mencakup beberapa hal seperti label, kemasan botol, kotak dan packaging pengiriman.
Baca juga: Psikologi Desain Kemasan: Pengaruh Desain pada Konsumen
Banner dan Banner Roll-Up
Banner juga sering digunakan untuk promosi dalam media cetak, banner umumnya berukuran besar digunakan dalam papan reklame pinggir jalan, depan gedung, toko hingga dalam bentuk standing. Desain banner sendiri memiliki banyak jenis dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan promosi. Roll up banner biasanya berukuran lebih kecil dari banner pinggir jalan dan dipasang di dalam gedung atau depan toko.
KESIMPULAN
Dalam menciptakan desain untuk promosi dalam bentuk media cetak, pastikan untuk memilih yang paling sesuai dan efektif untuk merek. Ada banyak jenis-jenis media cetak untuk kebutuhan promosi seperti brosur, leaflet dan poster. Setiap media cetak memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda untuk promosi. Penting untuk mengetahui jenis-jenis media cetak beserta kelebihannya untuk bisa memilih jenis yang tepat. Penting juga untuk mempertimbangkan tujuan, target audiens dan anggaran.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.