Inovasi dalam Bisnis Minuman agar Bersaing

0
(0)

Bisnis minuman terus berkembang pesat dan semakin banyak merek minuman yang muncul. Ini dipengaruhi oleh tingginya minat masyarakat pada minuman cepat saji. Semakin banyak pesaing akan semakin sulit untuk bisnis minuman dapat bersaing, untuk itu penting melakukan inovasi dalam bisnis ini.

Inovasi dalam Bisnis Minuman agar Bersaing
Desain Logo Minuman Fruitara

Kamu pasti melihat ada banyak bisnis minuman terus bermunculan di banding jenis bisnis lain. Ini dipengaruhi oleh banyak hal, bisnis minuman mungkin lebih mudah dikelola, memiliki target pasar yang luas di negara seperti indonesia dengan cuaca panas. Selain itu juga digemari oleh sebagian besar orang.

Inovasi di tengah sengitnya persaingan sangatlah penting agar bisnis minuman bisa bertahan lama. Selain itu inovasi akan membantu pelanggan setia, jika bisnis tidak melakukan perubahan dan inovasi baik dari segi produk, pelayanan atau desain toko, akan membuat pelanggan bosan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

MANFAAT MELAKUKAN INOVASI DALAM BISNIS MINUMAN

Ada banyak sekali manfaat melakukan inovasi dalam bisnis minuman, apalagi bisnis minuman dari skala kecil hingga besar terus bermunculan. Belum lagi mulai banyak influencer yang merambah ke bisnis ini.

Memiliki Produk Baru

Dengan membuat produk baru ini akan berguna menambah variasi menu. Pelanggan bisa bosan jika bisnis minuman memiliki produk yang sama dalam jangka waktu yang lama.

Memiliki produk baru akan membuat banyak pelanggan tertarik untuk mencoba, ini bisa meningkatkan penjualan.

Menjaga Kesetiaan Pelanggan

Inovasi dalam bisnis minuman akan membuat pelanggan tetap setia dan percaya pada merek. Jika bisnis tidak mengikuti perubahan tren pelanggan bisa bosan dan lari ke bisnis minuman lain.

Bisnis harus bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dan unik, yang tidak akan ditemui pada bisnis lain meskipun banyak yang terus bermunculan. Jika pelanggan setia maka keuntungan bisnis minuman akan stabil.

Mempertahankan Kelangsungan Bisnis

Diantara banyaknya pesaing yang bermunculan, melakukan inovasi akan membuat bisnis bertahan dalam waktu yang lama. Dengan terus berinovasi dengan memperhatikan minat dan kebutuhan pelanggan, ini akan membantu pelanggan setia dan bisnis bisa bertahan dalam jangka yang lama.

Bersaing dengan Bisnis Lain

Inovasi dalam bisnis minuman juga bermanfaat untuk tetap menonjol di tengah banyak pesaing. Dari hari ke hari semakin banyak bisnis minuman bermunculan, para pengusaha bisnis minuman harus bisa melakukan inovasi atau menunjukkan keunggulan bisnis daripada yang lain. Misalnya dengan menunjukkan bisnis rendah gula dan sehat.

INOVASI DALAM BISNIS MINUMAN

Merilis Produk Atau Rasa Baru

Bisnis minuman harus terus menciptakan produk baru agar pelanggan tidak bosan. Ini juga bisa membuat menu minuman lebih bervariasi. Adanya menu atau produk baru akan menarik pelanggan untuk datang.

Menu pada bisnis minuman hampir semuanya mirip dari segi rasa, maka untuk bisa menonjol ciptakan menu baru yang berbeda. Pelanggan akan tertarik mencoba bila ada minuman dengan rasa baru yang dirilis, apalagi jika belum pernah ada sebelumnya.

Inovasi Kemasan Unik dan Ramah Lingkungan

Terkadang kemasan sering jadi pertimbangan pembeli, saat akan membeli minuman. Banyak pelanggan terkadang membeli minuman karena kemasannya yang lucu.

Selain desain yang unik perlu juga memperhatikan fungsionalitas dari kemasan. Sekarang sudah semakin banyak bisnis minuman yang menyediakan tumblr, bagi yang ingin membeli menggunakan tumblr asli mereka.

Ini bisa menjadi agenda ramah lingkungan sekaligus meraih keuntungan untuk bisnis, seperti yang dilakukan Starbucks. Namun sebagian besar bisnis minuman masih menggunakan cup plastik, sedikit yang menggunakan cup kertas, biasanya cup kertas lebih sering digunakan untuk minuman yang hangat.

Membuat Merchandise Lucu

Memiliki merchandise sendiri bisa menjadikan bisnis minuman lebih unik. Ada beberapa brand terkenal yang memiliki merchandise berupa cup yang bisa digunakan lagi, gantungan kunci, tas kain, dan lainnya.

Ini bisa memberikan keuntungan tambahan bagi bisnis minuman, sekaligus membantu membangun brand yang kuat. Contohnya seperti Starbucks, Mixue dan Chatime.

Melakukan Kolaborasi dengan Bisnis Lain

Kolaborasi dalam bisnis minuman akan menjangkau lebih banyak orang dan kalangan. Ini juga bisa dijadikan cara untuk mengenalkan produk. Kolaborasi dengan bisnis tertentu akan memberikan nilai tambah sekaligus menambah keuntungan.

Contohnya kolaborasi minuman coffee dengan bisnis kue, biasanya orang minum kopi ditemani kue. Ini akan membuat bisnis minuman lebih bervariasi dan memiliki keunikan dibanding bisnis minuman lainnya.

Mendesain Toko Minuman

Desain toko juga penting untuk dilakukan inovasi karena ini bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan. Jika bisnis minuman berupa cafe desain interior berperan penting meningkatkan jumlah pengunjung.

Banyak orang datang ke cafe tidak hanya minum kopi tapi juga untuk berfoto agar bisa diupload di instagram. Sementara untuk bisnis minuman take away desain tempat jualan juga penting, agar bisa menarik perhatian pelanggan dari kejauhan. Biasanya desain toko bisnis minuman akan merepresentasikan merek dengan baik, dari segi warna, logo dan menu.

Melakukan Pemasaran Efektif

Sebenarnya semua bisnis jika ingin tetap bertahan ditengah persaingan yang ketat, harus bisa memanfaatkan sosial media sebagai kunci utama pemasaran era digital. Mengunggah konten yang berisi menu dan penjelasannya mungkin sudah terlalu biasa.

Jika memungkinkan coba buat konten resep yang bisa audiens coba dirumah dengan memanfaatkan bahan yang mudah ditemukan di rumah. Selain itu mengunggah konten tentang behind the scenes penjualan setiap harinya akan menarik. Kamu pasti pernah melihat konten daily vlog kafe di youtube bukan, itu bisa dijadikan strategi menarik untuk pemasaran.

KESIMPULAN

Inovasi dalam bisnis minuman penting untuk menjaga kelangsungan bisnis minuman dalam jangka panjang. Ada banyak aspek yang bisa dikembangkan, mulai dari inovasi menu atau produk, membuat pemasaran sosial media yang unik, melakukan kolaborasi, dan membuat inovasi kemasan baru.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts