Informasi Penting yang Harus Ada dalam Desain Poster Komersial

0
(0)

Dalam era modern ini dunia desain berperan penting untuk mendukung berbagai industri dan bisnis termasuk untuk promosi. Desain memiliki berbagai jenis dan macam yang biasanya dimanfaatkan untuk mendukung bisnis salah satunya poster komersial. Poster komersial memiliki beberapa informasi penting yang harus ada dalam desain posternya.

Desain untuk poster komersial disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya baik pribadi merek atau bisnis tertentu. Poster komersial merupakan seni dengan tampilan visual menarik untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Terkadang desainnya dibuat agar bisa merayu audiens untuk membeli produk atau berlangganan dengan layanan tertentu.

Desain poster untuk kebutuhan komersial harus dirancang dengan baik agar bisa efektif. Penting untuk memperhatikan detail dan tujuan dari pemasaran dengan baik agar pesan dari poster tersampaikan pada target audiens. Tidak hanya desainnya penting untuk memperhatikan pula isi dari poster menarik dan memikat perhatian.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Untuk menyusun desain poster komersial dengan baik, perhatikan beberapa informasi penting yang harus ada dalam desain poster ini. Artikel ini akan membahas beberapa informasi penting agar desain poster efektif dan memikat audiens.

Beberapa Informasi Penting Dalam Desain Poster Komersial

Dalam desain untuk poster komersial ada beberapa informasi penting yang harus ada agar desainnya menyampaikan pesan dengan baik. Berikut beberapa informasi penting dalam desain poster untuk kebutuhan komersial:

Judul yang Memikat Audiens

Judul dalam sebuah desain poster adalah elemen utama dan yang paling penting sebelum audiens fokus membaca isi poster keseluruhan. Dalam desain poster, judul kerap kali yang dijadikan pertimbangan pertama apakah audiens akan lanjut membaca informasi dalam poster atau tidak. Untuk itu penting memilih judul desain poster yang memikat, menarik dan mudah untuk diingat.

Perlu diperhatikan jika judul pada desain poster harus disesuaikan dengan isi dan tujuan desain. Terkadang judul desain poster akan disesuaikan dengan nama acara untuk memudahkan audiens mengidentifikasi informasi dalam poster.

Gunakan kata-kata yang menarik dan bisa menarik perhatian audiens dari membaca judulnya saja. Penting untuk membuat judul yang menimbulkan rasa penasaran audiens. Ini akan membantu audiens tertarik membaca poster secara keseluruhan dan kemungkinan untuk berpartisipasi dengan acara atau event dalam poster.

Gambar atau Ilustrasi yang Menonjol

Untuk membuat desain poster komersial semakin menarik dapat dengan menambahkan berbagai gambar dan ilustrasi menarik. Pilih ilustrasi yang bisa mendukung informasi dalam poster. Pastikan warna ilustrasi dan gambar akan sesuai dengan elemen lainnya dalam desain poster.

Gunakan gambar yang interaktif jika dibutuhkan seperti ilustrasi manusia dengan berbagai tindakan. Pilih ilustrasi yang tepat namun tidak berlebihan, pilih dengan bijak agar tidak membuat tampilan terlalu ramai. Model ilustrasi atau gambar yang digunakan juga harus memiliki visual memikat untuk menarik perhatian audiens.

Gunakan Logo dan Identitas Merek Sebagai Penanda

Dalam desain poster komersial penting untuk menggunakan logo dan desain identitas lainnya. Ini akan memudahkan audiens mengidentifikasi merek dari pemilik poster komersial tersebut. Audiens pun dapat semakin mengenal merek tersebut jika desain posternya menarik dan unik.

Pastikan penempatan logo dan identitas merek lainnya ditempatkan dengan efektif sehingga terlihat jelas dan tidak mengganggu tampilan. Biasanya pada desain poster logo akan diletakkan dengan ukuran kecil pada bagian bawah, atas atau sedut. Sementara elemen seperti tipografi dan warna dari identitas merek juga akan digunakan secara konsisten pada poster komersial untuk membangun brand recognition semakin kuat.

Informasi Pokok

Sebuah desain poster komersial pasti memiliki tujuan utama atau pesan yang ingin disampaikan pada audiens. Informasi pokok ini dapat berupa tulisan, gambar dan ilustrasi yang menarik. Sehingga harus disusun dengan menarik agar memudahkan audiens melihatnya dan memahami desainnya.

Biasanya informasi pokok dalam desain poster komersial berupa tanggal, waktu dan lokasi acara untuk poster event tertentu. Untuk poster komersial tentang produk dapat berisi penawaran produk atau layanan.

Penting untuk memastikan penggunaan elemen yang menyampaikan informasi penting cukup menarik. Gunakan tulisan yang sederhana namun memikat, pastikan juga tulisan menggunakan warna dan jenis huruf yang mudah untuk dibaca.

Pesan Kunci dan Keuntungan

Untuk memikat audiens dapat menggunakan pesan kunci yang bisa diunggulkan. Desain poster harus memperhatikan untuk menarik perhatian dengan menunjukkan keunggulan dari produk atau acara dari merek. Penting menjelaskan pada audiens di poster mengapa mereka harus memilih acara atau produk tersebut. Sampaikan pesan kunci dan kelebihan dengan singkat dan jelas agar memudahkan audiens untuk tertarik.

Tagline dan Slogan yang Memikat

Dalam desain poster komersial, penggunaan tagline atau slogan yang memikat akan membuat desain semakin menarik perhatian. Gunakan tagline yang singkat dan memikat agar menarik perhatian audiens. Tagline yang menarik dapat menjadi pemanis dan dapat memebangun citra positif untuk merek.

Informasi Kontak atau Call-to-Action yang Lengkap

Desain komersial memiliki tujuan utama untuk menarik audiens berpartisipasi baik dengan membeli produk atau mengikuti acara yang diselenggarakan. Untuk itu dalam poster komersial biasanya terdapat informasi berupa info kotak seperti nomor telepon, email hingga link URL. Penggunaan informasi ini penting untuk memudahkan audiens atau pelanggan mengikuti acara atau melakukan pembelian.

Tipografi yang Jelas dan Mudah Dibaca

Penting untuk memastikan desain poster komersial untuk mudah dibaca dan dipahami informasinya oleh audiens. Untuk itu penting menggunakan jenis tipografi yang jelas dan konsisten, untuk memastikan informasi penting dalam desain poster komersial mudah dibaca. Pilih jenis tipografi yang sederhana dan mudah dibaca, gunakan secara konsisten pada desain poster.

Terlalu banyak jenis tipografi yang digunakan akan membuat desain terlihat terlalu penuh. Memastikan informasi penting terbaca dengan jelas juga perlu menggunakan ukuran huruf dan warna yang tepat untuk desain poster komersial. Hal ini akan membantu menciptakan hirarki informasi pada desain.

Penggunaan Warna yang Efektif

Penting untuk memastikan pula bahwa warna yang digunakan dalam desain poster efektif untuk menarik perhatian. Warna yang dipilih harus disesuaikan dengan tujuan desain untuk menciptakan suasana dan emosi yang tepat. Pilih warna yang bisa mendukung informasi dalam desain poster dengan baik, gunakan juga warna merek untuk menciptakan konsistensi visual.

Desain yang Bersih dan Terorganisir

Desain poster biasanya harus memiliki tampilan bersih dan terorganisir dengan baik terutama penempatan elemennya. Hal ini akan memudahkan audiens memahami informasi dalam desain dengan lebih mudah. Tampilan bersih akan memudahkan keterbacaan informasi dan membuat audiens fokus pada elemen penting.

Ukuran dan Format yang Sesuai

Perlu dipahami jika desain poster memiliki ukuran yang berbeda sesuai kebutuhan dan penggunaanya. Untuk itu pilih ukuran dan format poster yang tepat agar tampilan poster tetap terlihat jelas dan menarik. Contohnya desain poster untuk acara besar akan dibuat dengan ukuran besar agar bisa menarik perhatian. Sementara untuk kebutuhan digital akan disesuaikan dengan platformnya.

KESIMPULAN

Penting untuk memperhatikan beberapa informasi penting yang harus terdapat dalam sebuah poster komersial. Agar poster komersial bisa menyampaikan pesan dengan efektif dan menjadi alat pemasaran yang kuat. Desain poster komersial juga harus memiliki konsistensi dengan merek melalui penggunaan desain identitas merek. Dalam desain poster ini penting juga untuk selalu mendesain sesuai kebutuhan, target audiens dan tujuan dari pemasaran.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts