Huruf Berkait: Definisi dan Contoh Penggunaan dalam Desain

0
(0)

Untuk menciptakan variasi huruf atau teks yang menarik dalam desain bisa menggunakan berbagai cara dan teknik. Ligature atau huruf berkait merupakan kombinasi dua atau lebih huruf untuk digabungkan dalam bentuk satu karakter yang menarik. Dalam menciptakan tipografi menarik dengan menggabungkan dua huruf ini akan menciptakan tampilan yang huruf berkait untuk berbagai penggunaan dalam desain.

Huruf Berkait: Definisi dan Contoh Penggunaan dalam Desain

Teknik dalam menggabungkan dua huruf ini akan berguna untuk berbagai kebutuhan dalam menciptakan tipografi yang unik. Ketika dua huruf atau lebih ini digabungkan dapat menciptakan tampilan yang estetika dan menciptakan keberagaman desain. Memodifikasi huruf dalam desain akan meningkatkan keterbacaan, tampilan estetika, dan kehalusan teks.

PENGGUNAAN HURUF BERKAIT

Huruf berkait ini  untuk menciptakan estetika pada desain grafis contohnya pada desain logo, poster atau konten menarik lainnya. Dua huruf yang digabung ini akan banyak ditemui dalam jenis font tradisional atau klasik seperti serif tradisional. Yang mana dalam penggunaanya font berkait dapat menjaga keterbacaan dan estetika teks.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Namun font modern juga bisa menggabungkan huruf akan terlihat menarik dan memiliki tampilan yang unik. Penggabungan dua huruf yang cocok ini pada desain grafis harus disesuaikan kebutuhan. Untuk mengetahui beberapa situasi dimana huruf berkait biasanya digunakan, simak pembahasan dalam artikel ini.

KEPERLUAN DAN SITUASI HURUF BERKAIT DIGUNAKAN DALAM DESAIN

Dalam penggunaan huruf yang digabungkan ini biasanya mengikuti kebutuhan dan situasi penggunaanya, terutama untuk meningkatkan keterbacaan dan estetika desain teks. berikut beberapa penggunaan dari huruf berkait dalam desain: 

Tipografi Klasik

Dalam desain grafis yang menggunakan daya tipografi klasik, seringkali banyak ditemui dua huruf atau lebih yang saling dikaitkan, Biasanya tipografi klasik akan memiliki gaya huruf yang memiliki ekor atau dekorasi yang panjang. Untuk itu dengan menggabungkan dua huruf atau lebih seperti “fl”, “ae”, atau “oe” akan terlihat cocok dan mendukung tampilan yang indah.

Huruf Berkait: Definisi dan Contoh Penggunaan dalam Desain

Dengan menggabungkan dua huruf atau lebih ada jenis tipografi klasik akan mendukung tampilan huruf atau teks pada desain lebih menarik. Estetika akan lebih tercipta ketika huruf dibuat menyatu termasuk juga pada tipografi serif dan script. Penggunaan huruf yang digabungkan dalam desain dapat menciptakan desain dengan kesan elegan dan menarik.

Tipografi klasik yang menggunakan huruf berkait akan cocok digunakan dalam desain grafis seperti logo fashion atau skincare, Sementara untuk desain poster ini akan menciptakan variasi menarik pada desain. Penggunaan huruf berkait akan membantu untuk menghindari adanya gangguan visual dalam membaca desain, terutama dalam desain yang membutuhkan teks yang panjang.

Baca juga: Prinsip-prinsip Utama Tipografi Dalam Desain Grafis

Desain Elegan atau Artistik

Penggunaan tipografi dengan huruf yang berkait ini akan menciptakan tampilan desain dengan kesan elegan dan terlihat artistik. Biasanya desain yang ingin memberikan kesan elegan sering menggunakan jenis tipografi dengan huruf berkait. Ada banyak jenis desain grafis yang sering memanfaatkan huruf berkait seperti logo, poster, kemasan dan materi promosi.

Huruf Berkait: Definisi dan Contoh Penggunaan dalam Desain

Pemilihan jenis tipografi yang menggunakan huruf berkait ini akan memberikan tampilan desain lebih menarik dan memberikan kesan elegan. Jenis huruf ini dapat memberikan kesan halus dan eksklusif pada teks. 

Jenis tipografi ini akan memberikan tampilan desain yang lebih menarik dan berkelas pada desain grafis. Tampilan desain yang elegan akan cocok untuk desain logo, poster atau konten visual lain yang ingin menggunakan tipografi yang elegan. 

Desain Editorial

Untuk desain majalah, buku, atau publikasi editorial yang membutuhkan teks yang panjang, penggunaan huruf berkait akan menjaga keterbacaan teks yang panjang. Huruf berkait akan memudahkan teks yang panjang untuk dibaca dan dipahami oleh pembaca. Penggunaan tipografi dengan huruf berkait akan membantu dalam menciptakan kesan formal dan profesional dalam teks atau desain.

Desain publikasi yang memuat banyak teks, harus mudah untuk dibaca agar pesan tersampaikan dengan baik. Tipografi dengan model huruf berkait akan menciptakan tampilan desain yang konsisten dan mudah dibaca. Manfaatkan penggunaan tipografi ini untuk desain yang menggunakan banyak teks agar desain editorial mudah untuk dipahami. 

Baca juga: Menggali Kelebihan Font Sans Serif dalam Desain Grafis

Tipografi Khusus

Huruf Berkait: Definisi dan Contoh Penggunaan dalam Desain

Dalam menggunakan huruf berkait biasanya dimanfaatkan untuk berbagai konteks termasuk untuk kebutuhan khusus. Dua huruf atau lebih yang digabungkan dapat memberikan efek yang unik dan tampilan yang menarik perhatian. Pada penggunaan khusus huruf berkait akan meningkatkan daya tarik visual desain. 

Elemen huruf berait dalam penggunaan untuk tipografi khusus biasanya untuk kebutuhan desain identitas merek yang unik. Gaya huruf berkait tidak hanya memberikan kesan elegan tetapi juga memberikan tampilan unik yang berbeda dari yang lain. Dalam penggunaan khusus tipografi ini bisa membedakan desain atau identitas merek dengan pesaing. Gaya huruf yang digabungkan ini dapat mengekspresikan gaya atau karakter tertentu dalam desain. 

Desain Tradisional atau Klasik

Desain yang menggunakan gaya huruf berkait dalam teks atau tulisan akan menciptakan tampilan klasik atau tradisional. Namun bukan berarti dalam desain futuristik tidak bisa menggunakan gaya huruf berkait. Desain dengan tema tradisional dan klasik yang menggunakan tipografi huruf berkait akan mendukung tampilan yang menarik.

Misalnya untuk logo perusahaan yang sudah berdiri lama atau menjual produk klasik seperti sepatu, akan cocok dengan huruf berkait untuk desain logonya. Penggunaan huruf berkait sebagai identitas merek dapat menciptakan tampilan yang elegan dan mencerminkan merek dengan baik. Huruf berkait akan cocok juga untuk digunakan pada desain yang mengusung tema tradisional atau klasik. 

Baca juga: Teknik Menata Huruf dan Pengaturannya dalam Desain Grafis

Konten Eksklusif

Seringkali huruf berkait digunakan untuk desain konten yang premium atau eksklusi karena tampilan teks yang terlihat elegan dan mewah. Misalnya pada desain kartu nama atau identitas merek yang berkesan elegan dan eksklusif. Sering juga digunakan untuk menandai konten penting atau tajuk dalam sebuah desain karena dapat membuat desain terlihat menonjol. 

KESIMPULAN 

Dalam menciptakan desain grafis yang menarik ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat teks mendukung tampilan desain yang menarik perhatian. Modifikasi teks atau penataan huruf-huruf dalam tipografi akan menciptakan tampilan yang unik seperti huruf berkait. Tampilan huruf berkait dapat digunakan untuk menciptakan kesan elegan, eklusif dan menarik perhatian. Huruf berkait sering ditemui pada gaya tipografi klasik seperti serif dan script. Penggunaan huruf ini dapat menciptakan estetika desain dan mempertahankan keterbacaan teks. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts