Dunia bisnis pada era globalisasi ini perlu banyak persiapan untuk menghadapinya. Kemajuan teknologi yang semakin pesat juga telah mendorong bisnis untuk mengikutinya.
Jika dimanfaatkan dengan baik maka globalisasi akan bisa membawa keuntungan pada banyak kini bisnis. Kemudahan era ini memudahkan bisnis untuk mencapai taraf internasional.
Perlu banyaknya persiapan serta pemahaman tentang tren ekonomi global serta bagaimana cara memasuki pasar internasional. Dalam artikel ini kita membahas cara-cara berbisnis pada era globalisasi.
BERIKUT LANGKAH-LANGKAH PENTING DALAM BERBISNIS DI ERA GLOBALISASI
Globalisasi bisa menjadi batu pijakan untuk mengembangkan bisnis ke arah pasar yang yang lebih besar. Untuk itu perlu bagi para pebisnis memahami hal ini:
- Penelitian Pasar Global
- Kembangkan produk dan layanan yang sesuai
- Pahami perizinan dan patuhi regulasinya
- Lakukan pemasaran secara global
- Buka akun e-commerce untuk pasar global
- Pahami kurs mata uang dan pembayaran internasional
- Berikan kualitas dan layanan yang terbaik
Penelitian pasar global:
Penting bagi para pebisnis melakukan penelitian tentang banyak hal sebelum memasuki pasar global. Seperti melakukan identifikasi tren global, tren selalu menjadi hal penting untuk terus bisa bersaing di pasar global. Mengidentifikasi tren bisa membantu bisnis relevan dengan banyak orang secara global.
Perlu juga melakukan riset kebutuhan pasar global. Apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang global, apakah fashion atau teknologi atau yang lainnya. Hal ini dapat membantumu menentukan produk apa saja yang bisa kamu tawarkan pada pasar global.
Kamu juga perlu melakukan riset persaingan pasar global. Semakin besar pasar yang kamu tuju maka semakin besar pula persaingannya. Untuk itu perlu menciptakan produk yang berbeda, agar di tengah persaingan yang ketat produk itu bisa mencolok.
Dengan mengidentifikasi tren, kebutuhan global serta memahami persaingannya akan membantumu memasuki pasar global yang luas.
Kembangkan produk dan layanan yang sesuai:
Biasanya tren global dan lokal tidak sama, sehingga kamu perlu melakukan penyesuaian. Buatlah produk dan layanan yang sesuai dengan tren global. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu bagaimana sistem pelayanan yang sesuai dengan standar pasar global.
Cek juga minat orang-orang yang menjadi target pasarmu, sehingga akan lebih mudah menyesuaikan produk milikmu sesuai dengan preferensi mereka.
Pahami perizinan dan patuhi regulasinya:
Setiap tempat akan memiliki perizinan dan proses hukum yang berbeda. Oleh karena itu, selalu cek terlebih dahulu peraturan dan perizinan pasar yang kamu tuju.
Selalu patuhi juga regulasi pasar internasional sesuai dengan hukum yang berlaku. Urus perizinan dan lain-lain sehingga bisnis legal beroperasi di luar negeri.
Lakukan pemasaran secara global:
Untuk memasuki pasar internasional kamu juga perlu melakukan promosi secara global. Sesuaikan promosi mu dengan sistem internasional, kamu bisa memasang iklan online di sosial media dan memasang iklan offline seperti memasang billboard di luar negeri.
Untuk melakukan pemasaran secara global kamu perlu menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Untuk negara tertentu yang masih kental menggunakan bahasa aslinya kamu perlu juga menyesuaikan seperti Perancis, Jepang, Thailand dan lainnya.
Dengan memasang iklan menggunakan bahasa mereka, tentunya akan mudah dipahami dan bisa menjangkau penduduk lokal.
Buka akun e-commerce untuk pasar global:
Melakukan penjualan global adalah salah satu cara menjangkau banyak orang secara global. Dengan menjual produkmu di platform online akan memudahkan menjangkau konsumen di seluruh negara di dunia.
Salah satu platform yang bisa menjual barang secara global adalah amazon. Kamu bisa menjual produk ke pasar internasional di platform ini.
Pahami kurs mata uang dan pembayaran internasional:
Memahami kurs mata uang asing akan membantumu dalam mengelola keuangan dan menentukan harga pasar untuk internasional. Pahami bagaimana hubungan kurs mata uang asing dengan pengelolaan transaksi pembayaran.
Biasanya pembayaran online secara internasional banyak menggunakan paypal. Pahami cara-caranya dan pahami pula tentang kurs mata uang asing untuk mengelola keuangan perusahaan.
Berikan kualitas dan layanan yang terbaik:
Untuk menciptakan reputasi yang baik secara internasional, berikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar pelayanan global.
Pastikan juga perusahaanmu memiliki kualitas produk yang baik dan sangat sesuai untuk dipasarkan secara global. Kedua hal ini penting dalam menjamin keberlanjutan bisnis.
Perlu dipahami memasuki pasar global tentunya tidak mudah dan tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Dibutuhkan persiapan yang matang, perizinan, kualitas produk serta modal yang tidak sedikit. Memasuki pasar global juga berarti menjangkau konsumen di seluruh di Indonesia. Tentunya ini bukan hal mudah dan sepele untuk dilakukan tanpa persiapan yang matang.
Namun kemajuan teknologi telah membawa bisnis menuju pasar global lebih mudah dan efisien. Dengan memanfaatkan teknologi dengan baik, maka siapapun pasti bisa memasuki pasar global. Untuk memasuki pasar global sekarang pun jauh lebih mudah dibanding saat awal pasar internasional mulai dibuka.
Semoga artikel ini membantu mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan bila ingin memasuki pasar global.
Jika kamu membutuhkan jasa desain logo untuk perusahaan, segera hubungi kami jasalogo.id dan dapatkan promo menarik.












